Mika Lampu Mobil Buram Ketika Musim Hujan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

harian-nasional.com/

Saat memasuki musim penghujan, ada beberapa komponen pada kendaraan yang membutuhkan perhatian ekstra. Satu diantaranya adalah mika lampu yang bisa berubah kusam atau warnanya cenderung menguning.

Jika mika lampu mobil buram, maka akan berpenaruh pada cahaya yang dipancarkan lampu mobil tersebut. Cahaya lampu sedikit meredup karena tertutup kotoran pada mika. Nah mau tau penyebab dan cara mengatasi masalah ini? Tim Cintamobil.com akan jelaskan secara rinci khusus buat Anda.

Penyebab Mika Lampu Mobil Buram

Mika lampu jadi buram karena ada jamur yang menempel

Ketika turun hujan, maka air akan membasahi seluruh permukaan mobil, tak terkecuali area lampu-lampu. Jika air hujan dibairkan menempel di lampu mobil terlalu lama dan mengering, maka bekas-bekas air hujan itu akan berubah menjadi jamur. Bercak jamur ini akan semakin mudah muncul apabila lampu dinyalakan sehingga menimbulkan panas dari bagain dalam mika lampu.

Kalau bercak-bercak sisa air hujan itu dibairkan terus menerus menempel di mika lampu, maka lama kelamaan akan semakin bertambah banyak. Akibatnya mika lampu mobil terlihat kusam dan terlihat menguning.

Cara Menghilangkannya

Cara menghilangkannya cukup mudah, cuma pakai pasta gigi

Ada beragam teknik yang bisa digunakan demi membuat mika lampu mobil kembali bening. Anda tinggal menunjuk bengkel-bengkel yang menyediakan jasa untuk membersihkan komponen penerangan tersebut.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Tetapi jika ingin membersihkannya sendiri, tentu biaya yang dikeluarkan untuk mengatasi mika lampu mobil buram jauh lebih murah. Pertama-tama Anda bisa melepaskan dahulu mika lampu dari bodi mobil. Hal ini untuk menghindari air mengenai bagian dalam kelistrikan lampu tersebut.

Kemudian gunakan pasta gigi. Gosok perlahan area mika yang buram dengan pasta gigi, kemudian lap dengan kain lembut yang bersih. Ulangi sampai noda di mika lampu benar-benar hilang. Setelah itu beri lapisan compound atau wax mobil di permukaan mika. Tujuannya menghindari air menempel di permukaan mika lampu.

Simaklah tips mengatasi lampu mobil buram di bawah ini

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”