Tekno  

Microsoft Mudahkan Mendengarkan Audio CD di Windows 11

harian-nasional.com/ – NESABAMEDIA.COM – Microsoft baru saja merilis Windows 11 Build 22579 ke Windows Insider di saluran Pengembang. Build baru ini difokuskan pada peningkatan fitur yang sudah ada, seperti folder yang ada di Start Menu dan navigasi sentuhan. Selain itu, Windows 11 Build 22579 tersebut juga membawa sebuah versi Media Player baru dengan perubahan yang tidak disangka, yakni dukungan audio CD.

CD atau Compact Disk bukan lagi menjadi sebuah cara favorit untuk memainkan musik di zaman sekarang ini. Namun masih saja ada beberapa pengguna old school yang terus membeli alat musik semacam ini. Bahkan pada tahun 2021, dilaporkan telah terjadi peningkatan pertama kalinya selama dua dekade, penjualan CD meningkat dari 31.6 menjadi 46.6 juta.

Jika anda merupakan salah satu orang yang masih gemar atau hobi mendengarkan musik di CD, maka anda akan senang mendengar kabar tersebut, di mana kini anda bisa menggunakan aplikasi Media Player yang baru di Windows 11 untuk memainkan audio CD.

Microsoft menambahkan dukungan audio CD di aplikasi Media Player Windows 11 di versi 11.2202.42.0. Nantinya program pemutar musik tersebut akan menampilkan sebuah masukan atau entry Audio CD di menu yang ada, yang memungkinkan anda untuk memainkan musik dari disk yang dimasukkan favorit anda. Perubahan lainnya dari versi terbaru itu adalah peningkatan pada penggantian tema dan pengalaman drag and drop untuk konten media.

Perlu dicatat bahwa Media Player bukanlah satu-satunya aplikasi untuk audio CD di Windows 11. Anda juga bisa menggunakan Windows Media Player klasik yang lama, yang masih tersedia di build teranyar Windows 11 itu. Dengan pembaruan anyar untuk aplikasi Media Player yang baru ini, pengguna memiliki lebih banyak lagi pilihan aplikasi untuk memainkan musik dari disk optik.

Untuk sekarang ini, dukungan audio CD di aplikasi Media Player masih hanya tersedia untuk pengguna Windows Insider, namun ini akan segera hadir untuk saluran stabil dalam waktu dekat.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.