Menurut Penelitian, Mendengarkan Musik Rock Selama Berkendara Bisa Berpotensi Kecelakaan

harian-nasional.com/

Sebuah temuan unik yang berupa hasil penelitian dari South China University of Technology and Guangdong University of Technology yang mengungkapkan bahwa mendengarkan musik rock selama berkendara berpontesi mengundang celaka. Penelitian ini telah dilakukan oleh beberapa sukarelawan yang dinilai perilakunya ketika mengemudi dengan mendengarkan musik rock. Hasilnya? Cukup mengejutkan lantaran banyak ditemui perilaku ceroboh selama berkendara dengan mendengarkan musik rock, baik saat di jalan raya maupun di simulator.

Hindari mengemudi dengan volume musik terlalu keras karena bisa memecah konsentrasi mengemudi

Seperti dikutip dari situs Autoevolution.com, penelitian ini melibatkan beberapa sukarelawan dengan berbagai karakter dan personaliti yang berkendara dengan beberapa pilihan genre musik. Uniknya, ketika mendengarkan musik rock, para pengemudi sukarelawan tersebut mulai menunjukkan kecerobohan saat berkendara, seperti tidak memperhatikan lingkungan sekitar dan cenderung berkendara dengan kecepatan lebih tinggi sekitar 16 km/jam. Selain itu, pengemudi tersebut juga melakukan pindah jalur sebanyak 140 kali dalam satu jam, atau dua kali lebih banyak ketimbang berkendara dengan musik dari genre lainnya.

Namun penelitian kedua juga mengungkapkan bahwa mengemudi sambil mendengarkan musik rock lebih berpotensi mengundang bahaya pada pengemudi pemula atau yang belum berpengalaman. Namun untuk pengemudi dengan jam terbang mengemudi lebih dari lima tahun terlihat jauh lebih tenang dan mampu mengendalikan emosinya saat mendengarkan musik rock di belakang kemudi. Dalam penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa sifat bawah alam sadar manusia yang sangat mudah terpengaruh musik dengan kecepatan di atas 120 beat per minutes, seperti musik rock, metal atau punk.

Terlalu terbawa suasana saat mendengarkan musik, bisa membuat insting kewaspadaan Anda menurun

Sebagai solusinya, menurut kedua pihak universitas di China tersebut adalah jika memang penggemar musik rock, disarankan untuk mendengarkan musik rock dengan volume yang moderat atau tidak terlalu keras, sehingga tak mengganggu konsenstrasi mengemudi. Selain itu untuk pengemudi pemula agar lebih memperhatikan kondisi jalan dan lalu lintas dengan atau tanpa kehadiran musik selama berkendara, sehingga kemungkinan terburuk seperti kecelakaan dapat dihindarkan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”