Menuju KTT G20 Bali, Sederet Kendaraan Elektrifikasi Ini Hadir dengan Komitmen Energi Hijau

harian-nasional.com/ – Sederet carmaker di Tanah Air yang memiliki produk elektrifikasi ikut berperan serta lewat serah terima mobil listrik untuk digunakan dalam KTT G20 Bali. Mulai mobil untuk para delegasi sampai pihak berwajib untuk pengawalan dan pengamanan acara menggunakan versi elektrifikasi.

Demikian pula di sektor roda dua, sederet sepeda motor tenaga listrik diserahkan atau dipinjamkan untuk mengawal acara skala internasional ini.

Berikut adalah daftar sederet mobil serta sepeda motor bertenaga listrik yang turut berpartisipasi dalam KTT G20 Bali dan dirangkum dari kanal otomotif Suara.com, lengkap dengan pernak-pernik pengadaan unit hingga latihan khusus bagi para operator atau petugas yang diberi tanggung-jawab. Selamat membaca.

1. Jadi Mobil Resmi KTT G20 2022, Ini Spesifikasi Genesis G80 Versi 2021

Saat menghadiri pameran bertajuk “The Future EV Ecosystem for Indonesia”, di JIExpo, Jakarta (26/10/2021), Presiden RI Joko Widodo menyampaikan Genesis G80 atau Electrified G80 ditunjuk sebagai mobil resmi di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022.

Dikutip dari kantor berita Antara, konferensi akan berlangsung di Bali, mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Genesis G80 akan menjadi sarana transportasi darat yang membawa para petinggi negara sebagai partisipan dalam acara global itu.

2. Genesis G80 Menjadi Official Car Kepala Delegasi KTT G20 2022

Electric Vehicle (EV) Genesis G80, produk mewah di bawah payung Hyundai terpilih sebagai kendaraan resmi kepala delegasi atau para petinggi negara yang berpartisipasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada 2022.

Dikutip dari kantor berita Antara, pengumuman ini diberikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam pameran The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia yang digelar Hyundai secara luring. Serta dipantau dari saluran YouTube Kemenko Kemaritiman dan Investasi di Jakarta, Senin (25/10/2021).

3. Taklukkan Sembilan Kompetitor, Hyundai IONIQ 5 Raih Gelar Best Car 2022 di Britania Raya

Panel juri UK Car of the Year 2022 yang terdiri dari 29 jurnalis otomotif dari seantero Britania Raya dan Irlandia Utara memberikan gelar mobil terbaik kepada Hyundai IONIQ 5.

Dikutip kantor berita Antara dari kantor berita Korea Selatan Yonhap, Hyundai IONIQ 5 dinobatkan sebagai UK Car of the Year 2022. Model ini mengalahkan sembilan kompetitor di babak final.

4. PT TAM Gelar Hand Over Ceremony, Serahkan 143 Unit Mobil Elektrifikasi Dukung KTT G20 Bali

PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi menyerahkan 141 unit Toyota bZ4X dan Lexus UX 300e kepada kantor Kementerian Sekretaris Negara atau Kemensetneg. Peruntukannya adalah kendaraan resmi atau official car pendukung mobilitas delegasi Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali.

Adapun perinciannya, 141 unit mobil elektrifikasi berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV) dari PT TAM itu terdiri dari 41 unit Toyota BZ4X dan 102 unit Lexus UX 300e.

5. Jadi Official Car Partner KTT G20, PT TAM Angkut Lexus UX-300e via Udara dari Jepang ke Jakarta

Lexus UX 300e seharga Rp 1,4 miliar adalah mobil bebas emisi yang yang menjadi kendaraan operasional delegasi dan partisipan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Secara total, Toyota memasok 143 unit Lexus UX 300e sebagai sarana mobilitas delegasi negara anggota G20 dalam acara penting itu.

6. Siap Amankan Lalu Lintas KTT G20, Polda Bali Gunakan Motor Listrik dari Smoot Elektrik dan Grab Indonesia

Bertepatan dengan Hari Lalu Lintas ke-67 Bhayangkara, Polda Bali akan menggunakan motor listrik dan mobil listrik dari Smoot Elektrik, SWAP Energi Indonesia, dan Grab Indonesia.

Adapun unitnya terdiri dari 200 unit kendaraan listrik roda dua dan satu unit roda empat. Dan acara penandatanganan kesepakatan serta serah terimanya dilanjutkan safety riding bersama anggota Korps Lalu Lintas Polda Bali dan perwakilan mitra pengemudi GrabElectric.

7. Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra Coba Mobil Listrik untuk KTT G20

Kepala Kepolisian (Kapolda) Bali Inspektur Jenderal Pol. Putu Jayan Danu Putra menerima kunjungan dari Manajemen Wuling Indonesia di ruang Rupatama Polda Bali, Denpasar, pada Selasa (27/9/2022).

Dikutip dari kantor berita Antara, Kapolda Bali menyatakan kendaraan untuk kebutuhan akomodasi para utusan tingkat menteri dan kepala negara yang menghadiri puncak perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Pulau Bali bakal menggunakan mobil listrik.

8. Korlantas Polri Berikan Pelatihan Adaptasi Kendaraan Listrik Bagi Pengawal VVIP KTT G20 Bali

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara disebutkan bahwa Polri telah menyiapkan 176 kendaraan listrik untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi alias KTT G20.

Dikutip dari kantor berita Antara, satuan pengamanan KTT G20 ini terdiri dari 88 mobil listrik dan 88 motor listrik. Dan Polri akan memberikan pelatihan kepada 264 personal pengawal tamu sangat penting atau VVIP KTT G20 untuk akselerasi dan adaptasi penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

9. Persiapan KTT G20, PT HMID Berikan Training Mobil Listrik Kepada Tim Gabungan Paspampres

Dalam rangka Presidensi G20 Indonesia serta G20 Summit yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyelenggarakan sesi pelatihan G20 Driver Training.

Latihan ini didedikasikan bagi para personel yang akan bertugas mengemudikan lini produk mobil listrik Hyundai. Yaitu Tim Paspampres yang diperbantukan. Personel datang dari gabungan Paspampres, Sekretariat Negara dan TNI.

10. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo: Korlantas Gladi Rekayasa Lalu Lintas KTT G20 untuk Sektor Walrolakir

Dalam Launching ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) Tahap III yang bertepatan Hari Lalu Lintas ke-67 Bhayangkara di Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan arahan kepada Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Yaitu untuk melakukan gladi rekayasa atau uji coba lalu lintas saat Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

11. Pengawal VVIP KTT G20 Bali Dapatkan Pelatihan Adaptasi Kendaraan Listrik, Ini Sekilas Materinya

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali, Kepolisian Republik Indonesia atau Polri menurunkan 264 personel pengawal VVIP G20.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kasi Pengawalan Subdit Wal PJR Ditgakkum Korlantas Polri AKBP Pramono Jati di Jakarta, Selasa (27/9/2022) menyatakan pengawalan untuk pengamanan KTT G20 dengan kendaraan listrik dipandang perlu diberikan pelatihan mengemudi. Baik mobil listrik maupun motor listrik.

12. BMW 330e M Sport, Mobil Listrik PHEV Jadi Kendaraan Resmi Pengawalan Presidensi G20 Indonesia

BMW Indonesia dan Korlantas Polri melalui Satlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta Polda Metro Jaya meresmikan kerja sama Sustainable Mobility Partner. Berupa pengadaan kendaraan resmi pengawalan Presidensi G20 selama Oktober hingga November 2022.

Ariefin Makaminan, Vice President of Customer Support BMW Group Indonesia menyerahkan satu unit kendaraan listrik BMW 330e M Sport kepada Kapolresta Bandar Udara Soekarno-Hatta Kombes Pol Sigit Dany Setiyono.