Menjadi Ibu Baru, Ini 5 Tips Mengatasi Baby Blues Usai Melahirkan

Menjadi Ibu Baru, Ini 5 Tips Mengatasi Baby Blues Usai Melahirkan

harian-nasional.com/ – Jakarta Setiap perempuan membayangkan bahwa hari-hari dan minggu-minggu pertama dengan anak mereka akan menjadi saat yang bahagia, tenteram, dan sangat menggembirakan. Kenyataannya bisa sangat berbeda.

Ibu baru mungkin bersukacita dalam mencium bau rambut dan jari tangan dan kaki mereka yang mungil, tetapi Mom juga mungkin mendapati diri menangis dan kewalahan. Kurang tidur, isolasi, dan stres karena menjaga manusia kecil tetap hidup dapat bertabrakan dengan perubahan hormon yang tiba-tiba setelah melahirkan. Kombinasi tersebut dapat membuat Mom merasa seperti berada di roller coaster emosional.

Gejala-gejala ini dikenal sebagai postpartum blues, atau baby blues, dan dapat bertahan hingga dua minggu setelah melahirkan. Diperkirakan tiga dari empat ibu baru akan mengalami beberapa gejala postpartum blues, dengan beberapa perkiraan menunjukkan jumlahnya hingga 80%.

Namun ada beberapa cara yang bisa Mom lakukan untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Ketahui apa yang kamu harapkan

Saat Mom hamil, bicarakan dengan ibu atau teman yang telah memiliki anak tentang pengalaman mereka setelah melahirkan. Ajukan pertanyaan kepada dokter. Pengetahuan adalah kekuatan, dan kesiapan dapat membantu. Buatlah daftar hal-hal yang menenangkan atau membuat Mom bahagia, seperti mandi air panas atau berjalan-jalan. Dengan begitu, ketika Mom merasa kewalahan atau sedih, Mom dapat merujuk kembali ke daftar itu.

2. Tidur yang cukup

Mom tidak dapat menghentikan bayi untuk bangun sepanjang malam, tetapi Mom dapat membatasi jumlah kafein yang dikonsumsi, mematikan perangkat elektronik satu jam sebelum tidur, dan membiarkan pasangan ikut membantu menjaga si kecil di malam.

3. Keluar dari rumah

Memiliki bayi baru bisa terasa terisolasi. Bertemu dengan teman-teman untuk minum kopi. Bicaralah dengan mereka tentang apa yang kamu rasakan. Terhubung dengan ibu baru lainnya. Mungkin ada kekuatan Mom dapatkan saat berkumpul dengan teman. Dan jangan lupa untuk menikmati udara segar.

4. Jangan berharap terlalu banyak

Mom mungkin merasa tergoda untuk membandingkan diri dengan semua ibu lainnya yang terlihat “sempurna” yang Mom lihat di media sosial. Jangan menyerah pada tekanan itu. Beri diri waktu untuk pulih dari persalinan dan sesuaikan dengan peran pengasuhan baru.

5. Minta bantuan

Beri tahu pasangan, keluarga, atau teman apa yang dapat mereka lakukan untukmu. Ini bisa menjadi merawat si kecil saat Mom mandi atau pergi ke toko, atau membuat beberapa makanan sehingga Mom dapat menikmati waktu tanpa gangguan dengan buah hati.

Well, jangan ragu ya Mom untuk meminta bantuan orang terdekat untuk mengurus si kecil. Karena sebagai ibu baru tentu, Mom perlu untuk menyesauikan diri.

#WomenforWomen

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website fimela.com. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”