Crypto  

Mengenal Nostr, Sosial Media Terdesentralisasi Andalan Jack Dorsey

Mengenal Nostr, Sosial Media Terdesentralisasi Andalan Jack Dorsey

harian-nasional.com/ – — Eks bos Twitter, Jack Dorsey, mengumumkan peluncuran protokol sosial media terdesentralisasi Nostr, Rabu, 1 Februari 2023. ‘Twitter killer’ ini resmi diluncurkan dalam aplikasi mobile Damus di iOS dan dalam aplikasi Amethyst di Android.

Saat melakukan sign in ke Nostr, pengguna tidak perlu memberikan nomor telepon atau email. Pengguna cukup mengisi username, nama, dan bio, yang kemudian Nostr akan memberikan satu public key dan satu private key.

Public key berisi kode ID yang bisa dibagikan ke pengguna lain untuk bisa saling follow di Nostr. Sementara private key berisi password yang harus disimpan untuk diri sendiri.

Cara Kerja Nostr

Nostr merupakan akronim dari ‘Notes and Other Stuff Transmitted by Relays’. Kata itu juga diambil dari kata ‘nuestro’ dalam bahasa Spanyol yang artinya ‘milik kami’.

Meski memiliki tampilan yang hampir mirip dengan Twitter, Nostr memiliki cara kerja yang berbeda karena tidak bergantung pada server pusat. Pengguna bisa mengirim pesan pribadi ke pengguna lain dengan cara mengenkripsi pesan ke public key tujuan, yang nantinya dideskripsi oleh penerima.

Ada juga fitur bernama relay untuk mengirim pesan broadcast ke seluruh partisipan dalam relay tersebut. Pengguna dapat memilih untuk berpartisipasi di relay mana dan bahkan membuat relay mereka sendiri.

Pengguna yang ingin mempublikasikan event di relay dilaporkan harus membayar, meski belum diketahui jelas bagaimana mekanismenya. Dengan demikian, relay di Nostr tidak akan dipenuhi dengan akun spam seperti yang terjadi di channel-channel gratis.

Protokol Nostr yang dilengkapi dengan identifikasi terdesentralisasi, memungkinkan situs dan aplikasi lain untuk mengakses data atas permintaan pengguna. Dengan demikian pengguna bisa membawa follower mereka di aplikasi lain ke dalam Nostr.

Dilengkapi Fitur Pembayaran Bitcoin

Nostr tidak dibuat dalam blockchain Bitcoin, tetapi platform ini memiliki fitur pembayaran Bitcoin melalui layanan Lightning Network. Pengguna bisa memberikan tip dalam bentuk Bitcoin ke pengguna lain. Mereka juga bisa menggunakan Lightning Network untuk mengganti username.

Pengembang tertarik menggunakan Bitcoin dan Lightning Network untuk membantu mencegah serangan spam seperti Distributed Denial-of-Service (DDoS) di relay Nostr.

Keistimewaan yang melibatkan Bitcoin ini yang kemudian menarik perhatian Jack Dorsey, sebagai seorang Bitcoin Maximalist.

Dorsey telah merekomendasikan Nostr sejak Desember 2022 lalu. Saat itu, CEO Block tersebut bahkan menyumbangkan 14 BTC senilai Rp3 miliar Fiatjaf, dari perusahaan game Bitcoin Zebedee.

Donasi dari Dorsey diberikan kepada Fiatjaf Nostr Foundation (FNF) dan Damus Foundation for Nostr Development (DFND) yang sama-sama mengembangkan Nostr.

Selain Dorsey, ada banyak tokoh kripto lainnya yang ikut bergabung dengan Nostr, seperti Vitalik Buterin dan Edward Snowden. Sementara CEO Twitter Elon Musk yang sedang mengembangkan platform media sosial raksasanya sendiri, tampaknya tidak tertarik.

Snowden bahkan ikut mempromosikan Nostr. Ia mengatakan, sosial media terdesentralisasi sangat dibutuhkan karena bebas dari penyensoran dan tekanan pemerintah. Tak seperti Twitter, Nostr juga tidak membatasi tulisan hanya 280 karakter.

Komunitas Bitcoin bahkan berencana menyelenggarakan konferensi Nostr pada 19-21 Maret mendatang. Ribuan orang telah mengkonfirmasi keikutsertaan.

Nostr saat ini masih menjadi proyek awal, mengingat protokolnya masih sangat baru. Namun, teknologinya dinilai menjanjikan mengingat Nostr bersifat terbuka, tahan sensor, dan tanpa izin.

Berambisi Menaklukan Web3, Jack Dorsey Kembangkan Web5

In “Bitcoin”

Bitcoin Maximalis Menentang Konsep Web3, Apa Dasarnya?

In “Bitcoin”

Gara-gara Typo Jack Dorsey, Solana Ganti Nama Akun Twitter jadi Solano dan Sqlana

In “Altcoin”