Mengenal Istilah Tune Up Mobil

Mengenal Istilah Tune Up Mobil

harian-nasional.com/ – Istilah tune up sering terdengar di kalangan pencinta otomotif. Bila mobil mengalami penurunan performa maka salah satu saran yang kerap muncul, yaitu melakukan tune up.

Ternyata makna tune up ini telah mengalami berbagai pergeseran makna. Dari awalnya berarti menyetel ulang mobil agar mendapatkan performa seperti baru, hingga kini diartikan sebagai salah satu wujud perawatan mesin saja.

Lantas, apa yang dimaksud tune up mobil ini?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan tune up awalnya merupakan perawatan mobil yang meliputi banyak aspek, yakni dari mesin, transmisi, kaki-kaki dan lainnya dengan tujuan mengembalikan performa mobil seperti baru.

“Kalau sekarang ini, tune up lebih sering diartikan sebagai perawatan mesin saja, padalah untuk bisa mencapai performa mobil yang optimal mesin saja tidak cukup,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (14/2/2023).

Bahkan menurut Ibrohim tidak sedikit bengkel yang memaknai tune up sebagai perawatan ringan di sela-sela melakukan penggantian oli mesin.

“Tune up bisa saja diartikan hanya melakukan pembersihan filter udara, throttle body, dan melakukan scanning menggunakan alat khusus, hal itu tentu sudah melenceng dari tujuan awalnya,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan fenomena pergeseran makna tune up tersebut memang menjadi kebutuhan masyarakat karena bila tune up secara keseluruhan dilakukan rata kepada setiap mobil, maka mobil-mobil yang tidak memerlukan akan terbebani biaya yang besar.

“Padahal dengan menyederhanakan proses tune up, maka pemilik mobil akan mendapatkan keuntungan berupa biaya servis yang ringan,” ucap Ibrohim.

Oleh karena itu, Ibrohim mengatakan dalam proses tune up mobil bisa saja biayanya bervariasi, tergantung kebutuhan setiap mobil.

“Ada yang mobil masuk bengkel kondisinya sehat, jadi tidak perlu melakukan pembersihan ruang bakar, ada juga yang kondisinya parah sehingga pembersihan ruang bakar juga diperlukan, itu akan menentukan biaya perawatan,” ucap Ibrohim.

Jadi, maksud dari tune yang sebenarnya adalah mengembalikan performa mobil seperti kondisi barunya. Pekerjaan yang dilakukan bisa berbagai aspek mulai dari mesin, transmisi, hingga kaki-kaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.