Melihat Langsung Mobil Balap F2 Milik Sean Gelael di IIMS 2023

Melihat Langsung Mobil Balap F2 Milik Sean Gelael di IIMS 2023

harian-nasional.com/ – Indonesia International Motor Show ( IIMS ) 2023 di JIExpo Kemayoran , Jakarta, menampilkan beragam mobil baru dan modifikasi. Termasuk di antaranya juga mejeng mobil balap .

Mobil balap yang dipamerkan ada di booth Pertamina. Mobil tersebut adalah milik Sean Gelael yang digunakan pada ajang balap FIA Formula 2 ( F2 ) Championship.

Dikutip dari Motorsport.com, Rabu (22/2/2023), mobil balap tersebut didesain oleh pabrikan asal Italia, yakni Dallara Automobili. Sasis tersebut harganya bisa mencapai 500.000 euro atau sekitar Rp 8,5 miliar.

Harga tersebut sudah termasuk ban, sayap-sayap, setir, dan komponen lainnya. Tapi, belum termasuk dengan setir. Sasis mobil ini dibuat dari campuran karbon-aluminium dan Aramid berstruktur sarang lebah yang dikomninasi panel-panel penahan benturan berbahan Zylon.

Untuk dapur pacunya, mobil balap FIA F2 menggunakan mesin V634 Turbo. Mesin ini memiliki kapasitas 3.400 cV6 Turbocharged, direct-injection.

Sistem injeksi tersebut menggunakan sistem gerap piston Otto Cycle, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 620 tk dan dikembangkan oleh Mecachrome.

Sistem turbo yang digunakan mesin tersebut dipasok oleh Van Der Lee Turbo System. Harganya bisa mencapai 67.000 euro atau sekitar Rp 1,14 miliar.

Bagian ban dipasok oleh Pirelli dengan tipe P Zero. Mulai 2020, F2 sudah menggunakan pelek berukuran 18 inci.

Tak sedikit pengunjung IIMS 2023 yang penasaran dan ingin melihat langsung mobil balap ini. Bahkan, berfoto dengan mobil ini sebagai latar belakangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.