Melihat Keunggulan Oppo A77s Versi Indonesia

harian-nasional.com/ – JAKARTA, Oppo resmi merilis ponsel terbarunya yakni Oppo A77s di Indonesia, Kamis (13/10/2022). Oppo A77s hadir di Tanah Air sepekan setelah peluncuran global di Thailand pada 6 Oktober lalu dan memiliki spesifikasi yang identik dengan versi global.

Selain itu, Oppo A77s ini merupakan ponsel yang serupa dengan Oppo A77 versi India yang dirilis Agustus lalu. Hal ini dikonfirmasi oleh PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

Aryo mengatakan, penamaan “s” di bagian belakang untuk membedakan produk di dalam pasar India dan di luar pasar India.

“Sebenarnya Oppo A77s sama persis dengan Oppo A77. Hanya saja, penamaan di Indonesia sedikit berbeda. (Tujuannya) untuk membedakan ponsel di pasar India dan di luar India,” ujar Aryo kepada KompasTekno dalam acara peluncuran Oppo A77s di Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, Kamis (13/10/2022).

Meski disebut serupa, Oppo A77s sebenarnya memiliki sejumlah keunggulan dibanding Oppo A77, apa saja?

Chipset

Oppo A77s di Indonesia diotaki oleh chipset bikinan Qualcomm, Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6nm yang dipadukan dengan dengan 8GB RAM dan media penyimpanan (UFS 2.2) 128 GB.

Sedangkan, Oppo A77 di India mengandalkan chipset besutan MediaTek, Helio G35 yang dipadankan dengan RAM dan media penyimpanan yang lebih kecil, yaitu RAM 4GB dan 64 GB.

Fitur RAM Expansion

Kedua perangkat sama-sama dibekali fitur Expansion RAM. Hanya saja, Oppo A77 di India menawarkan perluasan RAM yang mentok di 5 GB. Sehingga memungkinkan perangkat memiliki RAM sebesar 9 GB.

Berbeda dengan Oppo A77s di Indonesia, menurut Aryo, Oppo A77s menawarkan ekspansi RAM hingga 8 GB. Artinya, Oppo A77s di Indonesia dapat memiliki RAM maksimal sebesar 16 GB.

Namun, menurut Aryo, Oppo A77 versi India juga bisa mendapatkan fitur serupa. Hanya saja, perangkat di India harus menunggu pembaruan firmware terlebih dahulu. Makanya, untuk saat ini, kemampuan perluasan RAM sebesar 8 GB baru pertama kali hadir di Indonesia.

Refresh rate

Kedua perangkat sama-sama dibekali layar IPS LCD dengan bentang seluas 6.56 inci, tingkat kecerahan maksimal 600 nits, aspect ratio 20:9, dan menawarkan resolusi 1.620×720 piksel.

Namun, Oppo A77s memiliki refresh rate yang lebih tinggi, yaitu sebesar 90 Hz, sedangkan Oppo A77 60 Hz.

Varian warna

Penampilan Oppo A77s di Indonesia dan Oppo A77 versi India memang serupa. Keduanya juga sama-sama hadir dengan dua varian warna. Namun, terdapat perbedaan jenis warna yang dihadirkan.

Oppo A77s hadir dengan warna Sunset Orange (Oranye) dan Starry Black (Hitam). Sedangkan, Oppo A77 terdiri dari warna Sunset Orange (Oranye) dan SKy Blue (Biru).

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”