MediaTek: Inilah Delapan Fitur Utama MediaTek Dimensity 8100 dan 8000

MediaTek: Inilah Delapan Fitur Utama MediaTek Dimensity 8100 dan 8000

harian-nasional.com/ – Penulis: CH Chen (Deputy General Manager of Wireless Communication Products, Wireless Business Group, MediaTek)

Mengusung “premium” ke dimensi baru, cip smartphone 5G baru kami — Dimensity 8100 & 8000 — dirancang menggunakan proses produksi TSMC N5 (kelas 5 nm) yang begitu canggih dan memanfaatkan banyak teknologi terobosan dari Dimensity 9000 yang pertama di dunia dalam desainnya. Berikut ini rangkuman fitur utama menurut kami yang Anda dapatkan saat smartphone Anda memiliki cip MediaTek seri 8000.

1. Daya Tahan Baterai Lebih Baik dengan Desain Cip Kelas 5 nm

MediaTek Dimensity 8100 & 8000 dibuat dengan menggunakan proses produksi cip TSMC N5 (kelas 5 nm) yang sangat canggih, sehingga memberikan Anda efisiensi daya luar biasa dan masa pakai baterai tahan lama. Contohnya, teknologi ini memberikan efisiensi daya CPU lebih dari 25 persen lebih baik ketimbang cip Dimensity kelas 6 nm.

2. Pengalaman Bermain Gim HFR Terbaik di Kelasnya

Empat core super Arm Cortex-A78 pada CPU octa-core-nya menawarkan kecepatan sampai 2,85 GHz pada Dimensity 8100 dan sampai 2,75 GHz pada Dimensity 8000. Dikombinasikan dengan core grafis bertenaga Arm Mali-G610 MC6 dan ditambah teknologi untuk gim MediaTek HyperEngine 5.0 teranyar yang mengoptimalkan smartphone saat dipakai bermain gim, membuat keduanya menawarkan pengalaman bermain gim HFR (high frame rate) terbaik di kelasnya.

3. MediaTek Imagiq 780

Meminjam dari teknologi Dimensity 9000, Imagiq ISP memiliki clock 5 Gpixel/s untuk memberikan pengambilan foto dan video HDR paling mengesankan di kelasnya. Teknologi ini mampu mendukung perekaman dua kamera secara simultan atau bersamaan, dengan pengambilan HDR yang mengambil tiga eksposur per frame untuk hasil yang begitu akurat. Kemampuan merekam dua kamera sekaligus membuat Anda dapat merekam dari kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan maupun dua tampilan berbeda secara bersamaan seperti standar dan lebar.

4 MediaTek APU 580

Dengan desain yang memaksimalkan efisiensi di setiap tahapan pekerjaan (pipeline step), prosesor AI generasi ke-5 kami menawarkan kinerja hemat daya terdepan di kelasnya dalam berbagai macam tugas AI, seperti pengalaman AI-multimedia, AI-camera, dan video sosial. Peningkatan ini cukup besar, karena Dimensity 8100 dan 8000 masing-masing memberikan peningkatan kecepatan 2,75X and 2,5X yang begitu mengesankan ketimbang cip Dimensity generasi sebelumnya dengan APU 3.0.

5. MediaTek MiraVision 780

MiraVision 780 MediaTek menyediakan standar multimedia terbaru, meliputi sertifikasi CUVA HDR-vivid untuk pasar Cina, dukungan konten Adaptive HDR10+ teranyar, ditambah decoding video AV1 berbasis perangkat keras dari media streaming sampai resolusi 4K guna efisiensi daya yang lebih baik.

MediaTek Intelligent Display Sync 2.0 juga tersedia dan memberikan refresh rate tampilan tercepat pada saat benar-benar dibutuhkan, serta mengurangi refresh rate guna menghemat daya saat konten tidak aktif.

5. Tampilan dengan Refresh Rate Tinggi

Baik Dimensity 8100 maupun 8000 mendukung tampilan Full HD+ dengan refresh rate tinggi sampai 168 Hz, sehingga menjadikan keduanya pasangan ideal bagi para pemain gim yang memerlukan perangkat paling responsif. Bagi para produsen yang ingin membedakan lebih jauh, Dimensity 8100 juga menawarkan dukungan layar WHQD+ beresolusi lebih tinggi sampai refresh rate 120 Hz.

7. Modem 5G 3GPP Release-16

Baik Dimensity 8100 maupun 8000 menawarkan teknologi 5G yang tak tertandingi dengan modem dalam cip yang dibuat untuk memenuhi standar 3GPP Release-16. Hal ini mencakup kinerja downlink sampai 4,7 Gbps (sub-6 GHz), 5G+5G Dual SIM Dual Standby, dan peningkatan hemat daya 5G dari UltraSave 2.0 terbaru kami, yang berarti Anda dapat membiarkan 5G menyala sepanjang hari tanpa khawatir dengan baterainya.

8. Konektivitas, Lokasi, dan Audio Nirkabel Terbaru

Selain 5G, Dimensity 8100 dan 8000 menyuguhkan konektivitas Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3 teranyar plus teknologi lokasi GNSS. Koneksi Wi-Fi diperbaiki dan ditingkatkan dengan teknologi MediaTek Wi-Fi Fast Path, sedangkan desain koeksistensi hibrida Wi-Fi/Bluetooth memastikan konektivitas yang andal untuk periferal serta internet. Teknologi Bluetooth LE Audio terbaru dengan standar Dual-Link True Wireless Stereo Audio siap memberikan koneksi earbud paling andal dan berlatensi rendah.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”