Crypto  

McDonald’s dan Sejumlah Bisnis Lain di Swiss Bakal Terima Pembayaran Bitcoin

harian-nasional.com/ – Plan B Foundation, inisiatif bersama antara kota Lugano dan penerbit stablecoin Tether, pada hari Selasa (4/10) mengumumkan kolaborasi dengan GoCrypto. Melalui kolaborasi itu, mereka berniat untuk secara resmi membawa layanan pembayaran Bitcoin (BTC) serta stablecoin Tether USD (USDT) dan payment token LVGA ke kota yang berada di negara Swiss itu.

Yayasan ini didirikan dengan tujuan meningkatkan adopsi Bitcoin dan stablecoin di kota Lugano untuk memberikan dampak positif dalam semua aspek kehidupan sehari-hari masyarakat. Hal ini akan mempercepat penggunaan dan memanfaatkan teknologi Bitcoin sebagai dasar untuk mengubah infrastruktur keuangan kota tersebut.

Menyambut hal ini, Chief Technology Officer (CTO) Tether, Paolo Ardoino, mengatakan bahwa awal tahun ini, Lugano dan Tether menandatangani nota kesepahaman untuk meluncurkan kolaborasi strategis melalui beberapa inisiatif, termasuk untuk membantu bisnis lokal mengintegrasikan layanan pembayaran mereka dengan Bitcoin serta stablecoin yang diizinkan.

“Kami telah bekerja sama untuk memastikan infrastruktur teknologi tersedia demi mendukung hal ini. Kini, kami menyaksikan semua kerja keras itu membuahkan hasil,” jelas Paolo Ardoino.

Pembayaran Bitcoin Akan Tersedia di McDonald’s dan Sejumlah Bisnis Lain

Sekarang, layanan pembayaran Bitcoin dan USDT yang ditawarkan GoCrypto akan tersedia di hampir selusin merchant di kota Lugano, termasuk McDonald’s, galeri seni, dan banyak lagi. Masyarakat dapat dengan mudah melakukan pembayaran dalam Bitcoin Lightning, USDT dan LVGA lewat wallet mereka.

Selama 25 hari ke depan, kota Lugano berusaha memungkinkan lebih banyak bisnis untuk menerima pembayaran kripto. Mereka memperkirakan akan melayani lebih dari 2.000 orang dalam konferensi Bitcoin Plan B Forum yang berlangsung di kota Lugano pada 28 hingga 29 Oktober mendatang.

Pada akhir tahun 2023, Plan B Foundation bertujuan untuk memungkinkan lebih dari 2.500 merchant menerima pembayaran menggunakan Bitcoin, USDT, dan LVGA.

Mendorong Adopsi Blockchain di Lugano

Sebelumnya, pada 3 Maret 2022, Tether dan kota Lugano mengumumkan kerja sama untuk meningkatkan adopsi blockchain di Eropa dengan mendemonstrasikan penggunaan teknologi baru ini di dunia nyata dan menerapkannya pada masyarakat sekitar.

Waktu itu, Walikota Lugano, Michele Foletti, mengatakan bahwa kota Lugano berinvestasi pada masa depan.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kota ini telah menerapkan solusi berbasis blockchain, termasuk aplikasi MyLugano, token pembayaran (payment token) LVGA Points, franc digital Lugano, dan infrastruktur blockchain 3Achain. Kami sangat percaya pada teknologi ini, potensi untuk meningkatkan skala teknologi serta kolaborasi terintegrasi kami dengan Tether, akan membangun kota yang lebih baik dan lebih terbuka, transparan, dan cerdas,” jelas Michele Foletti.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Kota Lugano disebut bertujuan meningkatkan upayanya untuk memungkinkan masyarakat dan perusahaan membayar penuh pajak tahunan mereka serta semua barang dan jasa dalam kripto. Persetujuan formal diperoleh hanya untuk Bitcoin, Tether dan stablecoin berbasis franc Swiss (CHF) tertentu yang akan diterima untuk pembayaran tersebut yang nantinya akan dikonversi dalam mata uang fiat lokal melalui penyedia layanan yang berbeda.

Dalam kesempatan itu, Lightning Network juga disebut akan menjadi salah satu solusi yang akan diintegrasikan di kota Lugano dengan dukungan Tether.

Sekelompok perusahaan terkemuka di industri kripto yang dipimpin Tether akan menciptakan dana jutaan dolar AS untuk membantu membiayai berbagai startup yang berfokus pada pembangunan layanan blockchain di kota Lugano. Ada informasi bahwa Tether telah menciptakan dua dana investasi yang bernilai US$106 juta bagi para startup dan US$3 juta untuk mendorong adopsi kripto bagi berbagai toko dan bisnis di kota Lugano.

Selain itu, Tether akan menyumbangkan keahlian, pengetahuan, dan dukungannya kepada kota Lugano yang berfokus pada pendidikan generasi baru melalui kolaborasi dengan sejumlah universitas dan lembaga penelitian setempat. Konon, ada 500 beasiswa yang disediakan.

Bagaimana pendapat Anda tentang kerja sama pemerintah Lugano dan GoCrypto yang memungkinkan McDonald’s dan bisnis-bisnis lain di sana bisa menerima pembayaran dalam Bitcoin ataupun USDT? Sampaikan pendapat Anda kepada kami. Jangan lupa follow akun Instagram BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!