Karir  

Mau Karier Maju? Simak 5 Tips Berikut Ini

Mau Karier Maju? Simak 5 Tips Berikut Ini

harian-nasional.com/ – Siapa yang tidak ingin sukses dalam berkarier? Punya pekerjaan mapan, jabatan tinggi, gaji besar, koneksi banyak, dan keberhasilan lainnya di kantor.

Setiap orang, mungkin termasuk kamu pasti tidak mau karier begitu-begitu saja. Istilahnya mandek di satu tempat. Tidak ada perkembangan atau kemajuan sama sekali.

Kesuksesan berkarier bisa kamu dapatkan jika mengikuti beberapa langkah berikut ini:

• Bekerja sesuai minat

Apapun bidangnya, kalau kamu memiliki minat atau passion di situ, menjalankan pekerjaan akan terasa menyenangkan. Bekerja dengan antusias karena kamu suka melakukannya.

Meski diberi target banyak dan deadline mepet, tidak menjadi beban. Justru kamu enjoy mengerjakannya. Itu karena kamu menikmati pekerjaan tersebut.

Kamu selalu siap menghadapi tantangan yang ada di depan. Menikmati setiap proses pekerjaan, mulai dari yang mudah sampai berat.

Bekerja sesuai minat akan memudahkanmu dalam mencapai kesuksesan berkarier. Sebab, kamu melakukannya dengan cinta.

• Terus belajar dan mengembangkan potensi diri

Kebanyakan orang sukses adalah mereka yang tidak pernah berpuas diri atas ilmu maupun pencapaian saat ini. Mereka terus belajar dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri.

Bukan semata-mata supaya gaji naik, tetapi lebih dari itu. Belajar dan terus mengasah kemampuan untuk bekal di masa depan.

Selain membaca, kamu dapat mengembangkan potensi dalam diri secara maksimal melalui seminar, workshop, pelatihan, atau kelas motivasi yang berkaitan dengan hal tersebut.

Kamu bisa bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru. Pilihlah kegiatan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan dirimu.

Jika kamu gampang berpuas diri dan berhenti belajar, yang ada kariermu malah mandek.
Luangkanlah waktu sebanyak mungkin untuk menggali potensi dalam diri. Selanjutnya bisa diaplikasikan dalam bekerja.

• Bangun koneksi yang baik

Jaringan atau koneksi (networking) bisa menjadi jembatan kesuksesanmu. Inilah investasi berharga yang sesungguhnya.

Maka dari itu, berkawan atau berteman jangan pilah pilih orang. Jangan hanya maunya yang selevel atau sederajat saja. Misalnya kamu fresh graduate, bangun koneksi dengan orang berpengalaman, bukan sesama fresh graduate.

Kamu dapat membangun koneksi ini di kantor, dengan klien, ikut komunitas, gabung di forum diskusi, jaringan LinkedIn, bahkan situs profesional yang bisa mempertemukanmu dengan orang-orang hebat.

Sukses itu seperti virus menular. Jika berkumpul dan bergaul dengan mereka, maka sangat besar peluangnya kamu mengikuti jejak mereka.

Tidak hanya sekadar ngobrol minat yang sama, tetapi juga berbagi ide, membangun rasa percaya diri, belajar dari kesuksesan seseorang dan menjadikannya mentor, serta manfaat lainnya.

Ciptakan hubungan yang baik. Karena jika suatu saat salah satu teman membutuhkan karyawan atau pemimpin di perusahaannya, dia bisa merekrutmu. Sebab dia melihatmu termasuk orang yang gigih, punya kompetensi dan keahlian, serta motivasi yang kuat untuk maju.

• Kerja keras dan optimistis

Tak ada sukses yang dapat direngkuh tanpa perjuangan dan kerja keras. Orang yang berjaya dalam bisnis maupun kariernya dibangun dengan tetes keringat, bahkan air mata.

Ini juga yang harus ada dalam dirimu jika ingin karier maju. Kerja keras di sini bukan hanya soal waktu, tetapi juga menyangkut tanggung jawab, loyalitas, profesionalitas yang mesti kamu bangun.

Paling penting juga untuk selalu semangat dan optimistis dalam bekerja. Hal itu akan memancarkan energi positif sehingga memperoleh hasil yang baik dan maksimal.

Pantang menyerah kalau kamu menghadapi masalah bertubi-tubi di kantor. Atau mengalami kegagalan dalam bekerja.

• Komitmen dalam bekerja

Komitmen akan membuatmu lebih kuat dan selalu antusias untuk melakukan yang terbaik, meski itu sulit. Kamu akan selalu fokus untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Dengan komitmen yang tinggi, kamu dapat melalui segala tantangan dalam bekerja.