Wisata  

Masjid Agung Cianjur, Sisi Religius Dibalik Icon Kota

harian-nasional.com/ – Lokasi: Jalan Siti Jenah No. 14, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kode Pos 43211.HTM: GratisJam Buka/tutup: 24 JamMap: KlikDisini

Jawa Barat dikenal sebagai provinsi yang memiliki keunikan karena sebagian besar nama-nama wilayahnya menggunakan kata “ci” pada suku pertama seperti Cipanas, Cihampelas, Cirebon hingga cianjur.

Kata tersebut berasal dari bahasa sunda yang berarti “sungai”. Dari beberapa wilayah tersebut, salah satu tempat yang cukup direkomendasikan untuk Anda kunjungi adalah Masjid Agung di Cianjur yang menyimpan banyak sejarah. Berikut penjelasan lengkapnya.

Lokasi Masjid Agung Cianjur

Masjid Agung Cianjur alamat secara administratifnya terletak di Jalan Siti Jenah No. 14, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kode Pos 43211. Lokasinya berada di pusat kota yang tidak jauh dari alun-alun kota Cianjur.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Akses menuju lokasi juga sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi sehingga wisatawan lokal dan asing tidak perlu kebingungan mencari alamatnya. Anda juga bisa menggunakan google maps agar lebih mudah dalam menjangkaunya.

Sejarah Masjid Agung Cianjur

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari Wikipedia, masjid Agung Cianjur merupakan bangunan yang menghadap timur barat dengan pintu utamanya yang berada di sebelah timur.

Pintu utama bagi para jamaah dibagi menjadi 3 yakni Babul Marhamah di bagian timur, Babussakinah di bagian utara, dan Babussalam di bagian selatan.

Keunikan pada masjid ini adalah arsitektur unik gabungan dari Belanda dan Tionghoa yang membawa Anda menikmati suasana layaknya kearifan tempo dulu. Masjid ini memang ada sejak Belanda menjajah bangsa Indonesia dan menjadi masjid utama bagi penduduk muslim pribumi.

Pada tahun 1879, masjid ini terkena letusan gunung Gede yang mengakibatkan bangunannya menjadi hancur lebur. Kejadian tersebut juga memakan korban jiwa cukup banyak salah satunya ulama besar bernama R.H Idris bin R.H Muhyi.

Kemudian satu tahun setelahnya, RH Soelaeman beserta warga sekitar mulai merenovasi bangunan masjid. Renovasi dan perluasan masjid tersebut dilakukan sekitar 7 kali hingga sekarang dengan tetap mempertahankan bentuk bangunan dan atap berbentuk persegi. Menarik bukan?

Keistimewaan Masjid Agung Cianjur

Masjid Agung yang syarat akan sejarah ini memiliki beberapa keistimewaan diantaranya selain memiliki sisi artistik yang unik, bangunan ini sangat megah dan menjadi tempat wisata religius. Masjid ini memiliki 2 menara tinggi dan bagian atap berbentuk prisma.

Usia masjid Agung ini sudah mencapai 200 tahun namun masih berdiri kokoh meskipun dilakukan beberapa kali renovasi dengan total biaya mencapai 7.5 miliar rupiah.

Selain itu daya tamping jamaahnya juga cukup banyak yakni kurang lebih 4000 orang karena luas areanya mencapai 2.500 meter persegi.

Masjid Agung Cianjur juga dikenal memiliki muadzin bernama R. Duduh dan R. Muslihat yang mampu mengumandangkan adzan dengan gaya Yogyakarta, Surabaya dan Mekah.

Merdunya suara muadzin ini belum ada yang mampu menandinginya hingga sekarang.

Dari beberapa keistimewaan tersebut sudah sepantasnya masjid ini selalu ramai pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menuntaskan rasa penasarannya terhadap eksotisme dan nilai sejarah yang disuguhkan.

Tempat Favorit untuk Berswafoto

Memiliki arsitektur yang unik membuat bangunan masjid ini menjadi sasaran para wisatawan yang tidak hanya menjalankan kewajiban sholat melainkan mengambil foto epic untuk mengisi feeds media sosial mereka. Swafoto yang dapat Anda lakukan bisa berupa selfie maupun grufie.

Hasil foto arsitektur yang Anda ambil mencerminkan gambar sejarah kecanggihan teknologi dan kecerdasan para manusia di masa lampau.

Fasilitas

Obyek wisata sejarah yang religius ini tentunya sudah dilengkapi fasilitas yang memadai sepert::

1. Kamar Mandi dan Tempat Wudhlu2. Area Parkir yang luas3. Dekat Penginapan atau Hotel4. Dekat dengan tempat umum seperti Gedung Pemerintahan dan Alun-alun

Tips Saat Berkunjung

Saat Anda akan berkunjung ke Masjid Agung Cianjur sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut agar perjalanan Anda semakin menyenangkan, diantaranya yakni:

1. Kenakan pakaian yang sopan dan rapi karena tempat ini merupakan tempat suci atau tempat ibadah bagi umat Islam.

2. Tempat yang bisa dikatakan instagrammable ini akan mendorong Anda untuk membawa kamera atau smartphone agar bisa mengabadikan momen unik saat berkunjung. Pastikan untuk mengisi daya baterai kamera atau smartphone Anda secara penuh.

3. Bawalah keperluan pribadi seperti sabun, tissue basah, sampo dan perlengkapan kesehatan seperti antiseptik agar lebih mudah saat membutuhkannya.

4. Pastikan untuk menyiapkan kondisi fisik tubuh yang prima dan kondisi kendaraan yang baik agar perjalanan wisata Anda tetap lancar sampai tujuan.

5. Selalu tetap waspada saat di perjalanan. Istirahatlah sejenak saat mulai merasa mengantuk dan lelah.