Lock-Up Segera Dibuka, Bursa Batasi Bobot GOTO terhadap IHSG

harian-nasional.com/ – Jakarta – Periode penguncian atau lock up saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan segera berakhir pada 30 November 2022.

Sebelumnya, manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk bersama pemegang saham pra-IPO tengah jajaki penawaran sekunder atau secondary offering terkoordinasi atas saham perseroan yang dimiliki oleh pemegang saham pra-IPO. Artinya, akan ada penambahan jumlah saham beredar yang diperjualbelikan di pasar.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Irvan Susandy menjelaskan, meski jumlah saham yang bisa diperdagangkan nantinya akan bertambah, tapi bobot GOTO terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tetap dibatasi.

Mengacu pada data fact sheet hasil minor review per September 2022, bobot GOTO tercatat sebesar 5,78 persen. Bobot GOTO ada di posisi ke lima setelah BBCA dengan bobot 10,17 persen, BBRI 9,27 persen, TLKM 7,66 persen, dan BMRI 6,29 persen.

Irvan menambahkan, kontribusi satu saham terhadap indeks dibatasi (capping) sehingga bobot saham pada indeks tetap dibatasi. Dengan demikian, seluruh free float saham GOTO yang beredar tidak akan diambil seluruhnya. Adapun pada fact sheet yang sama, bobot konstituen dibatasi dengan angka tertinggi dalam indeks adalah tidak lebih dari 9 persen.

“Saat ini bobot GOTO di indeks sekitar 6 persen, bukan paling besar, tapi nomor lima setelah BBCA dan lainnya. Jadi pengaruh GOTO terhadap IHSG jika saham turun signifikan, rumusnya sederhana saja. Pengaruhnya maksimal 6 persen kali 7 persen (ARB), sama dengan lebih kurang 0,4 persen,” terang Irvan kepada awak media, dikutip Rabu (26/10/2022).

Irvan berpesan agar investor bijak dalam mengambil keputusan investasi terkait saham GOTO usai lock up dibuka. Sehingga investasi tetap sejalan dengan tujuan semula dan didasarkan pada perhitungan yang seksama.

“Kami berharap investor cukup bijak untuk melakukan transaksi GOTO dengan memperhatikan semua informasi yang ada sehingga para investor dapat melakukan investasinya sesuai dengan keinginannya dan berdasarkan analisis yang memadai,” kata Irvan sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Minta Restu Private Placement

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada 28 Juni 2022. RUPST akan membahas rencana penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu atau private placement.

Corporate Secretary GoTo, R.A Koesoemohadiani menyampaikan, rencana penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu merupakan salah satu bagian dari rencana perusahaan yang yang dijabarkan di dalam prospektus pada saat penawaran perdana saham GOTO Maret lalu. Persetujuan pemegang saham atas rencana tersebut telah diperoleh sejak Desember 2021.

“Namun demikian sebagai suatu perusahaan terbuka, kami ingin memastikan standar praktik tata kelola perusahaan yang baik secara optimal. Sehingga kami melakukan pembaharuan terhadap persetujuan pemegang saham yang telah diberikan sebelumnya tersebut,” kata Diani dalam paparan publik, Jumat (19/6/2022).

Adapun permintaan persetujuan pemegang saham terhadap rencana tersebut, tidak dimaksudkan bahwa perseroan akan melakukan opsi penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu segera setelah mendapat persetujuan. Sesuai ketentuan OJK, perseroan memiliki waktu satu tahun untuk merealisasikan rencana tersebut.

“Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu ketentuan yang dikeluarkan oleh OJK kami memiliki waktu 1 tahun untuk dapat melaksanakan penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu tersebut,” kata Diani.

Selanjutnya

Dalam aksi tersebut, perseroan berencana mengeluarkan sebanyak-banyaknya 118.436.392.950 saham seri A dengan nilai nominal Rp 1 per saham. Jumlah itu maksimal 10 persen dari jumlah seluruh modal ditempatkan dan disetor dalam perseroan.

Dalam prospektusnya, perseroan menyebutkan pelaksanaan private placement sebagai alternatif sumber pendanaan untuk kepentingan perseroan anak perusahaan.

Dana yang diperoleh akan digunakan oleh perseroan untuk mendukung kebutuhan modal kerja perseroan, PT Tokopedia, PT Dompet Anak Bangsa, dan PT Multifinance Anak Bangsa.

Private placement juga akan meningkatkan jumlah saham yang dikeluarkan perseroan sehingga diharapkan dapat meningkatkan likuiditas perdagangan saham perseroan.

Selain itu, aksi ini juga akan memberikan dana tambahan bagi GoTo Gojek Tokopediauntuk mendukung pengembangan kegiatan usaha perseroan dan anak perusahaan serta memperkuat modal perseroan.

Jurus GOTO Jaga Kinerja Saham Usai Stabilisasi Berakhir

Sebelumnya, saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) terpantau menguat sepanjang pekan ini. Selama sepekan, saham GOTO telah naik 42 poin atau 11,93 persen.

Pada penutupan perdagangan sesi pertama, Jumat, 10 Juni 2022, saham GOTO menguat 2,6 persen ke posisi Rp 394 per saham.

Saham GOTO berada di level tertinggi Rp 398 dan terendah Rp 370 per saham. Total frekuensi perdagangan 46.868 kali dengan volume perdagangan 36,11 juta saham. Nilai transaksi Rp 1,4 triliun.

Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Andre Soelistyo mengatakan, kinerja saham sepenuhnya merupakan mekanisme pasar. Namun perseroan juga berupaya memberikan kinerja terbaiknya untuk meyakinkan investor mengenai prospek perusahaan ke depan.

“Harga saham tentunya ditentukan oleh kondisi pasar serta keputusan masing-masing investor. Tetapi fokus kami adalah mencapai pertumbuhan berkelanjutan untuk mempercepat langkah kami menuju profitabilitas,” kata Andre dalam paparan publik perseroan, Jumat, 10 Juni 2022.

Perseroan akan senantiasa memberikan solusi teknologi terbaik bagi masyarakat dengan fokus pada empat area sinergi. Adapun empat sinergi itu antara lain; penawaran silang (cross selling), hyperlocal logistik dan pemenuhan, teknologi finansial, dan value added services lainnya.

“Kami percaya dengan sinergi tersebut, kami bisa meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan, driver dan merchant. Sehingga akan tercipta flywheel effect yang mendorong pertumbuhan ekosistem,” imbuh Andre.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Patrick Cao mengatakan perseroan telah memiliki peta jalan menuju profitabilitas yang sangat jelas.

“Kami telah melaksanakan berbagai strategi termasuk meningkatkan upaya monetisasi melalui berbagai cara. Seperti dari teknologi, kami akan terus mengefisienkan pengeluaran operasional, kami juga melakukan lebih banyak merchant funded promotion dan membangun sinergi ekosistem yang lebih erat melalui program reward untuk konsumen,” ujar dia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website liputan6.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”