Literasi Keuangan bagi Karyawan, Apa Pentingnya?

Literasi Keuangan bagi Karyawan, Apa Pentingnya?

harian-nasional.com/ – Masalah keuangan menjadi salah satu alasan karyawan mengalami stres di tempat kerja. Itulah mengapa pemahaman mengenai literasi keuangan bagi karyawan penting untuk dipelajari.

Lebih lanjut, hasil riset Employee Financial Wellness 2022 yang dilakukan PWC juga menunjukkan bahwa 56% pekerja mengalami stres di tempat kerja akibat masalah finansial.

Nah, khusus buat kamu KoinWorks telah merangkum informasi tentang pentingnya literasi keuangan bagi karyawan.

Eitss…. Sebelum itu, ketahui tingkat literasi keuangan di Indonesia dulu, yuk!

    1. Mengurangi Stres di Tempat Kerja

    2. Meningkatkan Produktivitas

    3. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

    4. Perencanaan Keuangan Menjadi Optimal

Tingkat Literasi Keuangan Indonesia

Literasi keuangan adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan menggunakan berbagai keterampilan keuangan, termasuk perencanaan keuangan, penganggaran, tabungan, dan investasi secara efektif.

Literasi keuangan berperan penting guna membuat keputusan keuangan yang bijak, memahami bagaimana uang bekerja, dan bertanggung jawab dengan uang yang dimiliki.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 38,03% pada tahun 2019. Artinya, dari setiap 100 jiwa penduduk, hanya sekitar 38 orang yang paham akan literasi keuangan.

Lebih lanjut, laporan literasi keuangan Asia oleh University of Rhode Island mengungkapkan bahwa masalah utama rendahnya tingkat literasi keuangan di Indonesia adalah kebiasaan membaca masyarakat yang masih rendah dan kesenjangan pendidikan di Indonesia.

Lantas, apa pentingnya literasi keuangan bagi karyawan? Cari tahu, yuk!

    Literasi Keuangan bagi Karyawan, Apa Pentingnya?

    Pentingnya Literasi Keuangan Untuk Wujudkan Inklusi Keuangan

Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Karyawan

Literasi keuangan memiliki banyak manfaat bagi individu, mulai dari mencapai tujuan jangka panjang seperti rencana pensiun hingga membuat keputusan keuangan.

Nah, bagi kamu individu yang juga merupakan seorang karyawan, terdapat sebuah studi yang dilakukan Global Financial Literacy Excellence Center (GFLEC) pada tahun 2020 yang mengungkapkan bahwa karyawan dengan literasi keuangan yang buruk dapat menghabiskan enam jam dalam hari kerja setiap minggunya untuk memikirkan masalah keuangan pribadi.

Setidaknya, terdapat empat peran penting literasi keuangan bagi karyawan, di antaranya:

1. Mengurangi Stres di Tempat Kerja

Stres dan rasa cemas tentu akan meningkat ketika seorang karyawan merasa gagal dalam merencanakan masa depan keuangannya.

Untuk itu, perusahaan perlu memberi karyawan apa yang mereka butuhkan, seperti pemahaman finansial.

Harapannya, stres yang dialami karyawan bisa berkurang dan produktivitasnya dalam bekerja pun tak terganggu. Selain itu, mereka juga tak akan lagi memikirkan kapan gajian berikutnya karena orientasi kerja yang tak lagi demi mendapatkan gaji, tetapi lebih memikirkan tujuan karier mereka dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

2. Meningkatkan Produktivitas

Masalah keuangan pribadi ternyata berdampak pada produktivitas karyawan, lho.

Bayangkan saja, masalah keuangan pribadi yang menjadi beban pikirannya sehari-hari sehingga membuatnya stres. Kemudian akibat stres yang dialaminya menimbulkan masalah kesehatan seperti sakit kepala berkepanjangan, kelelahan, dan depresi yang membuat mereka terpaksa mengajukan izin sakit.

Nah, di sinilah peran perusahaan untuk menyediakan kesempatan belajar literasi keuangan bagi karyawan bisa menjadi salah satu solusi meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan untuk lebih berdaya secara finansial dan tentunya lebih produktif dalam bekerja.

3. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Perusahaan tempatmu bekerja memberikan program pembelajaran di tempat kerja?

Kalau iya, itu menunjukkan bahwa karyawan merupakan aset berharga bagi perusahaan kamu.

Mungkin kamu sebagai karyawan kerap merasa tidak puas dengan gaji yang diberikan, tetapi dengan memberikan literasi keuangan secara tidak langsung perusahaan sedang membantu kamu mengelola pendapatan secara benar, lho.

Barangkali ternyata bukan gaji kurang melainkan pengelolaan gajimu yang belum bijak.

Adanya layanan literasi keuangan tentu akan membuat karyawan merasa lebih aman secara finansial dan berpikir untuk bertahan lama di perusahaannya sekarang.

Jangan salah, loyalitas karyawan juga sangat membantu perusahaan untuk menekan biaya perekrutan, lho.

4. Perencanaan Keuangan Menjadi Optimal

Perusahaan bisa berkembang bila memiliki perencanaan, baik perencanaan dari segi sistem operasional hingga keuangan.

Dari segi keuangan, perencanaan yang dibutuhkan bukan hanya soal pencatatan uang masuk dan keluar, tetapi juga pilihan untuk transaksi. Oleh sebab itu, literasi keuangan akan sangat membantu perusahaan lebih optimal dalam melakukan transaksi.

    5 Kebiasaan Baik Mengatur Keuangan Bisnis ala Pebisnis Sukses di Amerika

    Cara Jitu Mengelola Keuangan dalam Bisnis Sepatu Agar Semakin Untung

Itulah beberapa alasan pentingnya literasi keuangan bagi karyawan.

Setelah mengetahui pentingnya literasi keuangan, saatnya kamu untuk menyisihkan gaji kamu untuk pendanaan, misalnya pada produk KoinP2P dari KoinWorks.

Cukup dengan Rp100 ribu kamu sudah bisa mulai melakukan pendanaan dengan imbal hasil hingga 18% per tahun!

Jadi, tunggu apalagi?

Yuk, investasi di KoinP2P!

    1

    2

    3

    4