Lima Kemampuan Unik VPN Ini Perlu Diperhatikan di Era Digital

Lima Kemampuan Unik VPN Ini Perlu Diperhatikan di Era Digital

harian-nasional.com/ – Popularitas VPN meningkat saat pandemi COVID-19 merebak, sehingga pasarnya pun ikut terdongkrak. Apa saja kemampuan yang dihadirkan lewat layanan Virtual Private Network (VPN) ini?

VPN disebut Kaspersky sebagai alat serbaguna yang dimanfaatkan banyak orang sebagai “asisten” yang melindungi data pribadi saat melakukan tugas sehari-hari secara online. Namun, menurut Kaspersky, selain tugas standar yang terkenal seperti menjelajahi internet, ada beberapa kegunaan unik lain yang dimiliki VPN.

Survei Riset dan Pasar tentang VPN memprediksi nilai pasar VPN mencapai US$35,4 miliar pada tahun 2020. Sementara popularitas VPN juga terus meningkat tidak hanya karena banyak orang bekerja di rumah akibat pandemi.

Peningkatan ini juga karena kesadaran digital pengguna selama beberapa tahun terakhir juga tumbuh. Pengguna ingin mengetahui lebih banyak mengenai transparansi akan bagaimana dan di mana data mereka disimpan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, para peneliti memperkirakan bahwa pasar VPN akan bernilai $107,6 Miliar pada tahun 2027.

Melihat semakin banyak orang di seluruh dunia mulai menggunakan layanan VPN untuk tugas sehari-hari, terutama dengan meningkatnya aktivitas jarak jauh di musim liburan, Kaspersky memaparkan lima kapabilitas unik dari VPN yang perlu diperhatikan di era digital saat ini.

1. Penggunaan layanan kencan online secara aman

Seiring peningkatan jumlah pengguna aplikasi kencan online atau situs jejaring sosial untuk menemukan pasangan, para scammer pun mengincar platform layanan kencan, karena mereka tahu bahwa orang-orang di platform ini mencari koneksi pribadi dan dapat dimanfaatkan.

Menurut studi Kaspersky “Love in an algorithmic age”, 5% responden menjadi sasaran penjahat dunia maya, dan 31% telah dihubungi oleh penipu tetapi berhasil menghindari serangan. Oleh karena itu, privasi data tetap menjadi salah satu perhatian utama bagi pengguna aplikasi kencan.

Menurut studi Kaspersky dan Survei Risiko Keamanan TI Konsumen Kaspersky 2021, 29% pengguna layanan kencan menggunakan VPN di ponsel cerdasnya. Namun Kaspersky menggarisbawahi bahwa VPN tidak dapat melindungi dari semua jenis penipuan kencan, tetapi bisa sangat efisien untuk beberapa skenario.

Misalnya, salah satu manfaat VPN terkait privasi adalah menyembunyikan informasi lokasi sesungguhnya dari seseorang yang baru dikenal. Namun, pengguna tetap harus berhati-hati untuk memastikan aplikasi tidak menggunakan lokasi GPS pada perangkat pengguna.

VPN juga dapat berfungsi sebagai lapisan perlindungan tambahan untuk teks, obrolan, dan data pribadi dari akses yang tidak sah. Ini penting bagi pengguna yang mungkin ingin berbagi pesan atau informasi dengan match mereka.

2. Melindungi data bisnis dari mana saja di dunia

Bekerja dari rumah menjadi hal sangat umum sejak dimulainya pandemi dua tahun lalu. Menurut survei Owl Labs tentang kerja jarak jauh, hampir 70% karyawan full-time bekerja dari rumah selama pandemi, dengan 81% dari mereka yang disurvei percaya bahwa manajerial mereka akan terus mendukung sistem kerja jarak jauh ketika COVID-19 berakhir.

Meskipun pekerjaan jarak jauh menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bagi bisnis dan karyawan, Kaspersky mengingatkan bahwa ada beberapa risiko keamanan siber pada sistem ini. Semakin banyak karyawan yang bekerja di server perusahaan atau dengan informasi sensitif di jaringan rumah mereka, kebutuhan untuk melindungi data perusahaan juga meningkat.

Saat bekerja dari rumah, VPN adalah alat penting untuk membantu melindungi privasi dan keamanan online bisnis pengguna. VPN mengamankan lalu lintas data dan endpoint pengguna dengan enkripsi AES-256. Hal ini membuat pengguna dapat memastikan data online, termasuk catatan pelanggan dan data keuangan, tidak terlacak dan tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berwenang.

3. Akses super cepat di mana saja pengguna berada

Penyedia jasa internet terkadang dapat membatasi akses ke berbagai layanan, situs web, game, dan portal lainnya. Hal ini menyebabkan situs yang sama dimuat dengan kecepatan berbeda di negara yang berbeda.

VPN dapat dimanfaatkan untuk menghindari masalah ini dengan cara mengubah geografi server. Menurut Kaspersky, langkah ini memungkinkan pengguna menghapus batasan pada situs pemuatan dan menghindari pengaturan kecepatan lalu lintas, sehingga pengguna dapat menggunakan layanan ini tanpa kehilangan kecepatan.

Kaspersky mengungkapkan, hal ini bisa sangat berguna bagi para gamer yang perlu mengakses game dari berbagai negara tanpa kehilangan kecepatan lalu lintas. VPN mengurangi latensi dan waktu ping dengan beralih ke server yang cocok dengan lokasi layanan game.

4. Memperoleh hasil lokal saat melakukan permintaan penelusuran

Mesin pencari menyaring dan menyusun query berdasarkan lokasi, yang berarti situs dan portal lokal yang berisi informasi tentang permintaan pengguna akan ditempatkan di bagian atas daftar.

Oleh karena itu, jika pengguna mengunjungi negara asing dan ingin menemukan rekomendasi terbaik untuk tempat-tempat menarik dan atraksi sebelum bepergian, ada baiknya menggunakan VPN untuk terhubung ke server di wilayah pilihan pengguna. Dengan demikian, pengguna akan menjelajahi pencarian berdasarkan peringkat lokal, serta mendapatkan rekomendasi yang lebih sesuai.

5. Streaming konten dari seluruh dunia

Selain mengatasi masalah kecepatan akses ke layanan yang berbeda, VPN juga memungkinkan pengguna untuk memperluas geografi konten yang tersedia di platform streaming. Beberapa layanan streaming melakukan lokalisasi berdasarkan wilayah, sehingga pengguna dari berbagai negara (yaitu Jepang dan Amerika Serikat) akan melihat berbagai koleksi dan serial yang berbeda.

VPN memungkinkan pengguna mengakses konten dari lokasi geografis yang berbeda. Pengguna kemudian dapat menonton serial yang tersedia di negara lain di rumah atau konten dari negara sendiri saat pengguna dalam perjalanan bisnis ke luar negeri.

Misalnya, dengan menghubungkan ke server di seluruh dunia, Kaspersky VPN Secure Connection memungkinkan pengguna mengakses konten regional di platform Netflix, Amazon Prime, BBC iPlayer, Hulu, HBO Max, dan Disney+ di mana saja mereka berada.

“Ini hanyalah beberapa kapabilitas menarik yang dapat ditawarkan VPN, bersamaan dengan standar keamanan dan privasi yang dimiliki. Dalam beberapa tahun terakhir, dengan semakin banyak layanan yang tersedia secara online dan semakin populernya ruang digital, VPN telah menjadi asisten yang andal untuk penggunaan sehari-hari, membantu melindungi dan menjaga keamanan data Anda,” ujar Sandra Lee, Managing Director untuk Asia Pasifik, Kaspersky.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”