Lewat ITH Benelux, Kadin Bantu UMKM Perluas Akses Pasar

harian-nasional.com/ – JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Benelux Indonesia Association (BIA) belum lama ini menandatangani perjanjian kerja sama sebagai langkah awal peresmian Indonesia Trading House (ITH) Benelux di Indonesia.

Dengan adanya ITH, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) diharapkan dapat memperluas pasarnya khususnya ke negara Benelux yang meliputi Belanda, Belgia, Luksemburg.

Menurut Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi dan Luar Negeri Kadin Shinta W Kamdani, ITH merupakan sebuah komitmen untuk mengekspansi produk-produk lokal ke kancah global.

“ITH adalah sebuah kesempatan bagi para UMKM untuk memperluas pasarnya,” ungkap Shinta, sebagaimana dikutip dari siaran pers Kadin di Jakarta, Jumat (28/10).

“Hal ini sejalan dengan salah satu program B-20, yaitu membantu membuka pasar bagi UMKM agar naik kelas. Diharapkan penandatanganan perjanjian kerja sama ITH ini dapat diimplementasikan dengan baik,” tambah Shinta.

Sementara itu, Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambertus Grijns mengatakan terdapat ketidakseimbangan dalam perdagangan dan investasi, baik dari Indonesia maupun negara-negara Benelux.

“Dengan menandatangani perjanjian kerja sama ini, diharapkan dapat menguatkan afiliasi antara Indonesia dengan negara-negara Benelux, terutama untuk menyeimbangkan hubungan perdagangan dan investasi,” jelas Lambert.

Sebagai informasi, penandatanganan MoU terkait pembukaan ITH ini dilakukan di kediaman Duta Besar Belanda di Jakarta, Jumat (28/10/2022). MoU ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Bernardino M Vega sebagai pihak yang mewakili KADIN Indonesia serta Advisory Board Members BIA Fahad Attamimi dan Founding Board Members BIA Johan Lubbe Bakker.

Adapun peresmian ITH Benelux yang dilakukan dengan menandatangani perjanjian kerjasama ini merupakan langkah lanjutan setelah dilakukannya peresmian BIA di kantor KBRI Belgia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website investor.id. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”