Kuliah Sambil Bisnis, Siapa Bilang Gak bisa?

harian-nasional.com/ – Sebagai seorang mahasiswa selain untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan dimasa yang akan mendatang, kita juga dituntut untuk melatih diri menjadi pribadi yang mandiri, termasuk mandiri dalam bidang finansial.

Banyak mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan namun ingin sambil menjalankan bisnis. Namun sering kali ragu dan berpikir ini merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan? jangan nyerah dulu! Ternyata ada banyak ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa dijalankan sambil kuliah dan bisa kamu coba, yaitu

    Online shop,

Sekarang ini belanja secara online sangat diminati banyak kalangan dari kalangan bawah, menengah sampai atas, bahkan mahasiswa pun sering kali menggunakan e-commerce ini untuk berbelanja. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk dijadikan bisnis, dengan menjual barang-barang, seperti kebutuhan kuliah, pakaian, hingga accessories.

Tapi kalau gak punya modal banyak gimana? Tenang! Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper. Lalu untuk menjual barangnya seperti apa? Nah, kamu bisa menjual barang dengan memanfaatkan situs media sosial yang kamu miliki.

    Preloved (barang bekas)

Bagi sebagian orang kata “preloved” udah gak asing lagi, tapi buat kamu yang belum tau, preloved itu merupakan bisnis jual beli barang bekas yang sedang tren beberapa waktu lalu. Banyak orang yang memilih membeli barang bekas karena harganya yang lebih terjangkau. Barang bekas yang banyak diminati biasanya berupa pakaian, buku, dan juga barang elektronik atau perabotan.

Kamu bisa menjalankan bisnis ini melalui media sosial, marketplace ataupun e-commerce yang tersedia dengan mulai menjual barang-barang bekas yang ada di sekitar kamu.

    Bisnis Jasa Desain

Ide ini bisa dilakukan mahasiswa ditengah-tengah kesibukan waktu kuliah. Desain saat ini banyak dibutuhkan untuk usaha maupun event, sehingga bisa dijadikan peluang bisnis sebagai uang saku tambahan.

Bisnis ini bisa dijalankan secara online dan dapat menghasilkan banyak uang tergantung besar kecilnya skala desain yang kamu kerjakan. Tapi jangan lupa, kalau kamu berminat untuk menjalankan bisnis ini, kamu harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengoperasikan software untuk desain seperti photoshop ya!

    Jasa Fotografi dan Vidiografi

Kamu punya hobi fotografi? Ternyata kamu bisa mendapatkan keuntungan tinggi dari hobi kamu ini lho, fotografer dan vidiografer bisa menjadi kerjaan sampingan mahasiswa yang cukup menjanjikan.

Kamu bisa mulai mempelajari teknik-teknik dasar fotografi ataupun mengikuti kursus online, setelah itu kamu bisa bergabung dengan komunitas-komunitas fotografer yang ada di sekitar kamu, dan mereka bisa menjadi tempat untuk mengeksplor kemampuan yang kamu miliki.

Dari situ, kamu bisa mulai memawarkan jasa usaha mu kepada rekan-rekan terdekat ataupun keluarga. Dengan begitu, secara perlahan kamu bisa membangun portofolio untuk bisnis mahasiswa yang kamu jalani.

    Freelance Event Organizer

Kamu termasuk mahasiswa yang aktif bergabung dengan organisasi-oraganisasi di kampus? Bisnis event Organizer (EO) ini bisa jadi peluang yang menarik buat kamu. Ada banyak sekali peluang yang kamu dapat dari bisnis ini, mulai dari mengurus acara ulang tahun, pernikahan, baby show, bridal shower, konser musik, dan lain-lain.

Jika bisnis ini masih terasa berat untuk dijalankan sendiri, kau bisa mencoba untuk jadi freelance di sebuah agensi EO. Pada kesempatan ini, kamu juga bisa mendapatkan cukup banyak pengalaman dan juga ilmu, sehingga saat kamu sudah dirasa cukup mental & modal, kamu bisa menjalankan serta membentuk agensi sendiri.

Jadi, mana bisnis mahasiswa yang mau kamu coba? Dari sekian banyak rekomendasi, hampir seluruhnya bisa kamu terapkan sambil berkuliah. Dengan bantuan media online, baik dari platform media sosial hingga website.