KJRI: Trade Expo Indonesia hasilkan MoU dengan pengusaha Penang

KJRI: Trade Expo Indonesia hasilkan MoU dengan pengusaha Penang

harian-nasional.com/ – Pameran dagangTrade Expo Indonesia (TEI) ke-37 diICE Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, menghasilkan sebuah nota kesepahaman (MoU) dan penjajakan bisnis di antara pengusaha Indonesia dan Penang, Malaysia.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Fungsi Ekonomi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Pulau PenangKiki Tjahjo Kusprabowo, Jumat.

Dia mengatakan sebuah MoU kerja sama telah ditandatangani oleh Hijrah Water Sdn Bhd dan Gelora Wakaf Foundation, dan penjajakan bisnis telah dilakukan olehFairtrade Sdn Bhduntuk mengimporbubuk coklat sebanyak 300 metrik ton dari Indonesia.

Fairtrade, kata Kiki, akan mengikuti program kunjungan lapangan ke Banyuwangi, Jawa Timur, untuk meninjau perkebunan dan pengelolaan kopi.

“Program ini ditujukan bagi ‘serious buyer’ bagi komoditi kopi,” ujar Kiki.

Pertemuan bisnis pengusaha Penang juga digelar dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Aceh, KADIN Daerah Istimewa Yogyakarta dan PT Danoracocoa.

KJRI Penangtelah melakukan penggalangan, memberikan pelayanan registrasi hingga pendampingan peserta dari Penang selama gelaranTEI ke-37 pada 17-23 Oktober 2022.

Para peserta dari Penang terdiri dari delegasi Persatuan Pedagang dan Pengusaha Melayu Malaysia (PERDASAMA), Penang Halal International (PHI), Fairtrade Sdn Bhd dan Suiwah Sdn Bhd atau Sunshine Wholesale Mart Sdn Bhd.

Pertemuan di luar TEI, kata Kiki, juga dilakukan oleh PHI dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Mereka bertukar informasi tentang tugas dan fungsi masing-masing dan telah membahas peluang kerja sama, di antaranya di sektor wisata kesehatan dan promosi industri halal.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”