Kisah Orang Terkaya: Wenbo Xiang, CEO Produsen Alat Berat China yang Pabriknya Ada di Indonesia

Kisah Orang Terkaya: Wenbo Xiang, CEO Produsen Alat Berat China yang Pabriknya Ada di Indonesia

harian-nasional.com/ – Salah satu orang terkaya di dunia, Wenbo Xiang adalah wakil ketua Sany Group, produsen alat berat yang berbasis di China.

Xiang adalah salah satu dari tiga miliarder dari Sany Group, bersama dengan Liang Wengen dan Mao Zhongwu. Xiang lulus dari Dalian University of Technology dengan gelar master dalam moulding.

Lahir pada tahun 1962 di Hunan, China. Xiang Wenbo telah dianugerahi berbagai penghargaan, salah satunya “Forbes 2010 CEO Terbaik China”.

Forbes memperkirakan Xiang Wenbo memiliki kekayaan bersih sebesar USD1,3 miliar (Rp19,7 triliun). Xiang Wenbo dikenal sebagai suara publik Sany. Perusahaan mengalami kemunduran ketika Amerika Serikat menolak permohonan mereka untuk membangun win farm di dekat pangkalan militer di Oregon. Sany memindahkan kantor pusatnya dari Changsha ke Beijing untuk membantu memfasilitasi pertumbuhan internasionalnya.

Xiang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di industri permesinan. Mr. Xiang bergabung dengan Sany Group pada tahun 1991 dan menjabat sebagai wakil general manager dan general manager departemen pemasaran dan presiden eksekutif Sany Group.

Sany Heavy Industry Co., Ltd. adalah sebuah perusahaan multinasional asal China yang fokus pada produksi alat berat, dan berkantor pusat di Changsha, Provinsi Hunan. Sany merupakan produsen alat terbesar keenam di dunia, dan merupakan perusahaan pertama asal China di industrinya yang dapat masuk ke dalam daftar FT Global 500 dan Forbes Global 2000. Pendiri dan pemegang saham mayoritas Sany adalah Liang Wengen.

Sany memiliki selusin kawasan industri di China, serta pabrik di Brazil, Jerman, India, Indonesia, dan Amerika Serikat. Sany memiliki sekitar 90.000 karyawan di seluruh dunia.