Kisah Orang Terkaya: Mark Walter, Miliarder Investor Kawakan yang Jadi Salah Satu Pemilik Chelsea

Kisah Orang Terkaya: Mark Walter, Miliarder Investor Kawakan yang Jadi Salah Satu Pemilik Chelsea

harian-nasional.com/ – Salah satu orang terkaya dunia, Mark Walter adalah seorang pengusaha Amerika dan kepala eksekutif Guggenheim Partners, sebuah perusahaan jasa keuangan global swasta dengan aset lebih dari USD325 miliar (Rp4.890 triliun).

Walter membantu mendirikan firma tersebut pada akhir 1990-an setelah dia melipatgandakan perusahaannya yang berbasis di Chicago, Liberty Hampshire, ke dalam kantor keluarga Guggenheim.

Walter juga pemilik sebagian dan ketua waralaba Major League Baseball Los Angeles Dodgers dan salah satu pemilik klub Liga Premier Chelsea F.C.

Walter adalah lulusan Cedar Rapids Jefferson High School. Dia kuliah di Creighton University sebelum mendapatkan gelar Juris Doctor di Northwestern University. Pada tahun 1996, dia ikut mendirikan Liberty Hampshire Company, LLC bersama Steven E. Johnson, di Chicago.

Pada tahun 2000, ia membantu mendirikan Guggenheim Partners, LLC. Saat ini, dia adalah chief executive officer Guggenheim Partners, yang telah berkembang pesat menjadi perusahaan jasa keuangan global yang terdiversifikasi, memiliki 2.300 karyawan, dan 25 kantor di enam negara di seluruh dunia.

Pada tanggal 1 Mei 2012, Walter membantu memimpin Guggenheim Baseball Management, LLC, dalam pembelian waralaba bisbol bertingkat yang berhasil seharga USD2,15 miliar untuk mengakuisisi Los Angeles Dodgers. Mitranya di Guggenheim Baseball Management termasuk Peter Guber, Earvin “Magic” Johnson, Stan Kasten, Todd Boehly, dan Bobby Patton.

Pada 10 Desember 2012, dalam survei tahunannya tentang “50 Orang Paling Berpengaruh dalam Bisnis Olahraga”, Jurnal SportsBusiness menyebut Walter sebagai orang paling berpengaruh ke-8 dalam bisnis olahraga karena pembelian Dodgers yang bersejarah.

Walter dan beberapa rekannya juga membeli tim bola basket Los Angeles Sparks pada tahun 2014. Dia kemudian bergabung dengan tawaran yang dipimpin oleh rekannya Boehly untuk membeli klub sepak bola Inggris Chelsea pada April 2022.

Investasi pribadi Walter mencakup saham di pembuat makanan nabati Beyond Meat dan penjual mobil online Carvana. Forbes memproyeksikan kekayaannya mencapai USD5,4 miliar (Rp81,2 triliun).