Kisah Orang Terkaya: Henry Samueli, Profesor Miliarder Pendiri Chip Broadcom

Kisah Orang Terkaya: Henry Samueli, Profesor Miliarder Pendiri Chip Broadcom

harian-nasional.com/ – Insinyur asal Amerika Serikat (AS), Henry Samueli adalah salah satu orang terkaya di dunia. Pria kelahiran 20 September 1954 ini adalah salah satu pendiri chip Broadcom Corporation, pemilik Anaheim Ducks dari National Hockey League, dan seorang dermawan terkemuka di komunitas Orange County, California.

Samueli menjabat sebagai ketua Board of Broadcom Inc. Dia juga seorang Profesor di Departemen Teknik Elektro dan Komputer di UCLA, dan Ajun Profesor Terhormat di Departemen Teknik Elektro dan Ilmu Komputer di UC Irvine. Ia meraih gelar doktor kehormatan dari Institut Teknologi Technion-Israel dan Universitas Nasional Chiao Tung di Taiwan.

Samueli adalah sosok penemu bernama di 75 paten AS. Dia adalah Anggota Institut Insinyur Listrik dan Elektronik (IEEE) dan Anggota Akademi Seni dan Sains Amerika (AAAS). Dia juga terpilih sebagai anggota National Academy of Engineering (NAE) pada tahun 2003 untuk kontribusi perintis untuk penelitian akademis dan kewirausahaan teknologi dalam industri sistem-on-a-chip komunikasi broadband.

Pada tahun 2012, Samueli memenangkan Marconi Prize and Fellowship untuk mempelopori kemajuan dalam pengembangan dan komersialisasi rangkaian sinyal analog dan campuran untuk sistem komunikasi modern, khususnya modem kabel.

Orang tua Samueli, Sala dan Aron adalah imigran Polandia-Yahudi yang selamat dari pendudukan Nazi Jerman di Eropa dan tiba di Amerika Serikat hampir tanpa membawa apa-apa. Samueli tertarik pada elektronik saat membuat radio AM/FM selama kelas toko di Bancroft.

Samueli kuliah di UCLA, di mana ia menerima gelar sarjana (1975), gelar master (1976), dan Ph.D (1980), semuanya di bidang teknik elektro. Ph.D. penasihatnya adalah Alan N. Willson Jr. dan gelar Ph.D. disertasi berjudul “Osilasi luapan paksa nonperiodik dalam filter digital.”