Kisah Orang Terkaya: Harry Stine, Anak Petani yang Autis Hari Ini Jadi Miliarder!

harian-nasional.com/ – Anak petani yang menjadi ahli genetika benih Harry Stine telah menghasilkan banyak uang dengan melisensikan genetika jagung dan kedelai ke perusahaan multinasional. Hari ini, anak petani itu menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Ialah pendiri dan pemilik Stine Seed.

Stine merupakan putra dari pasangan Bill dan Roselba Stine. Pada tahun 1871, kakek buyutnya, William dan Sarah Stine tiba di Adel, Iowa, dari Pennsylvania, dan mendirikan pertanian seluas 160 hektar di sana.

Pada tahun 1894, kakeknya Ira Cloyd Stine menikah dengan Lydia Sheaffer dan mereka memiliki empat anak, di mana semuanya putra. Semua orang bekerja untuk I.C Stine and Sons sampai setelah Perang Dunia II. Pada tahun 1934, Bill dan Roselba Stine pindah ke pertanian seluas 200 acre yang akan menjadi Stine Seed Farm yang didirikan pada 1950-an.

Stine mulai bertani pada usia lima tahun, mengendarai traktor untuk mengambil jerami. Stine menderita disleksia dan sedikit autis, yang juga ahli matematika dan data serta negosiator yang tangguh.

Pada 1990-an ia membuat kesepakatan lisensi yang sangat menguntungkan dengan perusahaan multinasional besar di seluruh dunia, yang merupakan tulang punggung kerajaannya. Dia disumbangkan ke berbagai lembaga Iowa, termasuk McPherson College, Universitas Drake dan Spurgeon Manor, fasilitas keperawatan terampil untuk manula.

Kemudian, Stine membuat kekayaannya dengan lisensi genetika kedelai dan jagung ke Syngenta, Monsanto, dan raksasa agribisnis lainnya. Dia adalah orang terkaya di Iowa dan pada 2020, satu-satunya miliarder di negara bagian itu.

Stine memiliki hampir 15.000 hektar tanah di Iowa melalui kepemilikan pribadinya atas Stine Seed, Ia pemilik tanah terbesar di Iowa. Forbes mencatat kekayaan bersihnya pada Oktober 2022 mencapai USD8 miliar (Rp124 triliun).

Obsesinya saat ini adalah mengutak-atik genetika benih yang memungkinkan hasil yang lebih baik atau ketahanan terhadap pestisida. Stine terpesona dengan benih ketika dia masih kecil di Iowa.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website wartaekonomi.co.id. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”