Ketum NPC Indonesia Senny Marbun terima penghargaan MURI

Ketum NPC Indonesia Senny Marbun terima penghargaan MURI

harian-nasional.com/ – Ketua Umum (Ketum) National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbunmenerima piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) 2023 sebagai Pelapor Pembibitan dan Pembinaan Prestasi Olahraga Disabilitas.

Penghargaan diserahkan oleh perwakilanMURI, Sri Widayati di hadapanGubernur Jateng Ganjar Pranowo, Deputi Bidang 3 Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnantadan Bupati Karanganyar Yuliyatmonodi sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NPC 2023, di Hotel Grand Mercure Solo Baru Sukoharjo, Jateng, Senin malam.

Sri Widayati mengatakan,MURI hingga saat ini sudah mencatat lebih dari 10.000 rekor dan terus memberikan inspirasi menggugah semangat juang putra-putri Indonesia untuk menunjukkan karsa dan karya terbaik di bidang masing-masing demi menggelorakan semangat kebanggaan Nasional dan segenap komponen masyarakat Indonesia.

“MURI bersyukur dan bangga di tengah-tengah Rakornas NPC Indonesia mengukuhkan catatan rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia, yakni Senny Marbun sebagai Pelapor Pembibitan dan Pembinaan Prestasi Olahraga Disabilitas,” kata Sri Widayati.

Senny Marbundinilai berjasa dalam mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas di Indonesia terutama di bidang olahraga. Senny Marbun juga berhasil memajukan olahraga disabilitas setara dengan non disabilitas dan bahkan melebihi.

Selain itu, lanjut dia, Senny juga berhasil melahirkan olahragawan disabilitas pada tingkat dunia, berhasil menjadi sorotan dunia karena prestasi yang begitu pesat dicapai, berhasil menyamakan hak antara yang difabel dan non difabel serta bisa mengubah yangtadinya hanya menjadi beban keluarga berubah menjadi tulang punggung keluarga.

NPCIndonesia di bawah kepemimpinan SennyMarbunbanyak menelurkan prestasi yang diantaranya juara umum ASEAN Para Games (APG) Myanmar 2014, juara umum APG Malaysia 2017 dan kembali sebagai juara umum APG Indonesia 2022. Selain itu, prestasi Indonesia di Asia Para Games 2018 melonjak ke peringkat 5.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowomengapresiasi prestasi NPC Indonesia di tingkat internasional. Gubernur juga menyambut baik kedatangan perwakilan dari 32 provinsi di Indonesia dalam kegiatan Rakernas NPC Indonesia 2023.

Menurut Ganjar,Rakernas NPC Indonesia di Solo, untuk mempersiapkan kejuaraan besar pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) Medan dan Aceh, kemudian APG Kamboja dan APG Hangzhou China.

“Bapak Presiden Joko Widodo sudah memberikan kesetaraan NPC dengan yang lainnya. Jadi semua setara dan dihormati prestasi masing-masing. Kami bangga, terharu, dan senang mendengar sambutan NPC merasa eksis dan bisa menunjukkan prestasi luar biasa,” katanya.