Tekno  

Kesan Pertama Menggenggam Oppo Reno8 T 4G, Ponsel Mewah di Kelas Menengah

Kesan Pertama Menggenggam Oppo Reno8 T 4G, Ponsel Mewah di Kelas Menengah

harian-nasional.com/ – Oppo baru saja memperkenalkan Reno8 T 4G di pasar Indonesia. Ponsel ini memiliki sejumlah peningkatan dari anggota keluarga Reno8 Series lainnya, terutama pada aspek desain.

Desain bagian punggung atau cangkang Oppo Reno8 T 4G merupakan salah satu nilai jual ponsel ini yang membuat ponsel tampak mewah meski masuk kategori kelas menengah.

Nah, KompasTekno berkesempatan untuk menggenggam Oppo Reno 8T 4G untuk mengetahui bagaimana desain dan tampilan ponsel ini dari berbagai sisi.

Selain itu, kami juga bakal mengulas bagaimana pengalaman memandang layar ponsel ini, sekaligus merasakan sensasi menggenggamnya dalam waktu yang cukup lama.

Lantas, bagaimana pengalaman dan kesan pertama menggunakan ponsel terbaru dari OPpo ini?

Layar lega dan terang

Oppo Reno8 T 4G memiliki layar AMOLED 6,43 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layar ini terasa lega karena memiliki bezel yang bisa dibilang cukup tipis di kelasnya. Di atas kertas, rasio layar ke bodi ponsel ini diklaim mencapai 90,8 persen.

Karena cukup lega, layar ini terbilang nyaman digunakan untuk menikmati aneka konten hiburan seperti di YouTube, Netflix, dkk.

Selain luas, layar Reno8 T 4G juga terasa cukup mulus lantaran sudah mengadopsi refresh rate dengan angka 90 Hz. Layar juga cukup responsif karena sudah memiliki touch sampling rate maksimal hingga 180 Hz.

Pengalaman layar lega dan mulus ini dipadukan dengan tingkat kecerahan (brightness) mumpuni yang diusung Reno8 T 4G. Brightness ponsel ini bisa mencapai angka maksimal 800 nits.

Dengan angka brightness tersebut, konten yang ada di dalam layar masih bisa dilihat dengan cukup baik, meski ponsel dipakai di bawah sinar matahari terik.

Layar Oppo Reno 8T 4G memiliki lubang kamera (punch hole) di bagian kiri atasnya yang menampung kamera selfie 32 MP. Layar ini juga sudah dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Artinya, layar mungkin akan cukup kokoh untuk menahan beberapa benturan atau goresan kecil.

Desain mewah mengilap

Desain bagian punggung atau cangkang Oppo Reno8 T 4G merupakan salah satu nilai jual ponsel ini. Di Indonesia, Oppo Reno8 T 4G hadir dengan dua varian warna, yaitu Sunset Orange dan Midnight Black.

Varian Sunset Orange bisa dibilang paling menarik. Sebab, varian ini mengadopsi desain Fiberglass-Leather Design yang memberikan kesan tekstur kulit pada punggung perangkat.

Sementara unit yang KompasTekno pegang merupakan Reno8 T 4G varian Midnight Black, bukan Sunset Orange.

Namun, varian warna Midnight Black ternyata tak kalah ciamik lantaran mengadopsi desain mengilap khas Oppo, yaitu Oppo Glow.

Dengan desain ini, punggung perangkat masih terlihat cantik dan mewah. Ketika dipegang, permukaan punggung memiliki kesan tidak begitu licin, juga tidak begitu kesat.

Ponsel ini juga tetap nyaman digenggam lama-lama. Sebab, desain Oppo Glow memungkinkan perangkat bersih dan “ramah” dengan bekas sidik jari, serta keringat di tangan yang dihasilkan dari memegang perangkat dalam durasi yang cukup lama.

Masih soal desain, punggung perangkat ini juga dihiasi dengan dua buah modul kamera berbentuk lingkaran yang disusun secara vertikal.

Kedua modul ini memiliki “benjolan” yang cukup besar, sehingga pengguna harus berhati-hati apabila meletakkan perangkat dengan bagian punggung diletakkan di bagian bawah.

Adapun modul kamera di bagian atas memuat kamera utama 100 MP, sedangkan modul kamera bawah memuat kamera mikrolens 2 MP, kamera depth sensor 2 MP, dan LED flash untuk membantu fotografi di tempat gelap.

Nyaman digenggam dan ringan

Seperti disebutkan di atas, desain Oppo Glow membuat ponsel nyaman digenggam berlama-lama. Namun ada hal lain yang berkontribusi pada kenyamanan ini, yaitu dimensi ponsel yang cukup tipis.

Oppo Reno8 T 4G memiliki ketebalan 7,8 mm, tidak jauh berbeda dengan model lainnya di Reno8 Series. Dengan dimensi ketebalan di bawah 8 mm ini, ponsel bisa dibilang dapat kami operasikan dengan satu tangan dengan mudah.

Selain tipis, Oppo Reno8 T 4G juga cukup ringan dan terbilang enak dan tidak ribet dibawa kemana-mana. Pasalnya, bobot ponsel ini berkisar di angka 180 gram, lebih enteng dibanding model lain di Reno8 Series.

Masih soal tampilan, desain bingkai Oppo Reno8 T 4G yang membulat (rounded) juga menambahkan kenyamanan dalam menggenggam perangkat. Selain itu, bingkai ponsel ini juga dihiasi dengan berbagai lubang dan konektor yang cukup lengkap.

Pada bagian bawah perangkat, terdapat lubang audio jack 3.5 mm, lubang mikrofon, konektor USB-C, dan lubang speaker. Sementara di bagian bingkai atas hanya terdapat satu lubang mikrofon saja.

Lalu pada bingkai bagian kanan Oppo Reno8 T 4G terdapat tombol power, sedangkan pada bingkai bagian kiri perangkat ada tombol volume dan laci kartu SIM berjenis triple slot.

Dengan kata lain, laci kartu ini bisa memuat dua kartu SIM dan satu kartu memori berjenis microSD.

Isi kotak penjualan

Di Indonesia, ponsel dengan layar yang lega dan terang, desain yang mewah dan bersih, serta nyaman digenggam ini bisa didapatkan dengan harga Rp 4,9 juta.

Dengan merogoh kocek sebesar itu, pembeli Reno8 T 4G akan mendapatkan beberapa kelengkapan yang ada di dalam isi kotak penjualan, tentunya selain unit ponsel itu sendiri.

Beberapa di antaranya seperti adapter atau “kepala” charger berdaya 33W, kabel pengisi daya USB-A ke USB-C, SIM ejector, buku panduan, dan pembungkus (case) ponsel untuk melindungi perangkat dari berbagai benturan.

Artinya, pengguna tidak akan mendapatkan aksesori earphone, meski Oppo Reno8 T 4G sejatinya menyediakan lubang audio jack 3.5 mm.

Adapun desain kotak penjualan Oppo Reno8 T 4G sendiri kini berbeda dari model Reno8 Series lainnya.

Jika Oppo Reno8 Series yang sudah dipasarkan di Indonesia memiliki kotak penjualan yang dihiasi dengan warna hijau toska, kotak penjualan Oppo Reno8 T 4G kini didominasi dengan warna putih yang memiliki aksen warna abu-abu.

Nah, ingin meminang ponsel ini? Peminat bisa langsung mengunjungi situs web Oppo.com. Namun sebelum membeli, ada baiknya melihat desain Oppo Reno8 T 4G versi Indonesia dari berbagai sisi di galeri foto di tautan .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.