“Kemenangan Lula da Silva di Pilpres Brasil adalah Kemenangan untuk Demokrasi dan Iklim”

harian-nasional.com/ – Jerman pada Senin (31/10/2022) menyambut kemenangan Luiz Inacio Lula da Silva dalam Pilpres Brasil .

Jerman menyebut kemenangan Lula sebagai kemenangan bagi demokrasi dan perlindungan iklim.

“Kemenangan terbesar adalah demokrasi Brasil karena pemilihan yang berlangsung sangat ketat, transparan, dan adil,” kata Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock kepada wartawan saat berkunjung ke Astana, Ibu Kota Kazakhstan.

“Kemenangan besar lainnya adalah iklim dunia,” tambah Baerbock, sebagaimana dikutip dari AFP.

Dia menyampaikan harapan lebih banyak upaya pelestarian hutan hujan setelah terpilihnya Lula da Silva.

Dia menyebut keputusan oleh pemilih Brasil ini memberikan harapan bahwa deforestasi hutan hujan yang tidak terkendali di Brasil akan segera berakhir.

“Selain itu, Brasil akan sekali lagi menjadi pendorong dalam perjuangan kita bersama melawan krisis iklim,” ucapnya.

Kanselir Jerman Olaf Scholz sendiri turut memberikan ucapan selamat atas kemenangan Lula da Silva dalam Pilpres Brasil.

Dalam twit yang ditujukan kepada Lula, dia menyampaikan penantian kerja sama yang erat dan saling percaya dengan Brasil, terutama di bidang perdagangan dan perlindungan iklim.

Beberapa institusi negara atau pemimpin dunia lain juga menyampaikan selamat kepada Lula da Silva atas kemenangannya dalam Pilpres Brasil.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Ini termasuk PM Inggris Rishi Sunak, PM India Narendra Modi, hingga Pemerintah China.

Kementerian luar negeri China pada Senin mengucapkan selamat kepada Lula da Silva atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Brasil dan berharap negara itu meraih kesuksesan baru.

“Kami bersedia bekerja dengan pemerintah Brasil baru yang dipimpin oleh Lula untuk membawa kemitraan strategis komprehensif China-Brasil ke tingkat yang baru, dan lebih menguntungkan kedua negara dan dua bangsa,” kata juru bicara Kementerian luar negeri China Zhao Lijian pada konferensi pers reguler.

Tak jauh beda, Rishi Sunak juga mengharapkan kerja sama yang lebih baik antara Inggris dan Brasil setelah terpilihnya Lula da Silva,

“Selamat kepada @LulaOficial atas kemenangannya dalam pemilihan Brasil,” cuit Sunak.

“Saya berharap dapat bekerja sama dalam masalah-masalah yang penting bagi Inggris dan Brasil, mulai dari menumbuhkan ekonomi global hingga melindungi sumber daya alam planet ini dan mempromosikan nilai-nilai demokrasi,” tuturnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”