Kejadian Tak Biasa di SEA Games 2023 Menimpa Indonesia, Mana yang Paling Konyol?

Kejadian Tak Biasa di SEA Games 2023 Menimpa Indonesia, Mana yang Paling Konyol?

harian-nasional.com/ – Kejadian tak biasa selama penyelenggaraan SEA Games 2023 Kamboja. Atlet Indonesia bahkan ada yang sampai mengalaminya langsung.

SEA Games ke-32 Kamboja diselenggarakan pada 5 Mei hingga 17 Mei 2023. Kejuaraan ini diikuti oleh 11 negara ASEAN dan mempertandingkan 37 cabang olahraga.

Kendati turnamen baru berlangsung beberapa hari, SEA Games 2023 Kamboja sudah menyugukan kejadian tidak biasa. Warganet sempat dihebohkan penampakan podium juara hanya diterangi oleh lampu mobil.

Berikut kejadian-kejadian tak biasa di SEA Games 2023

Bendera Indonesia terbalik

Pra opening ceremony SEA Games 2023 Kamboja pada Jumat, 5 Mei 2023 menuai sorotan publik. Keriuhan di media sosial terjadi karena bendera Indonesia yang dibawa penari lokal Kamboja, tampak terbalik.

Penari mengibarkan bendera putih-merah yang malah merujuk pada negara Polandia. Pihak Kamboja meminta maaf atas kejadian tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara mengatakan tuan rumah telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas kejadian bendera Merah Putih yang terbalik.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujar Harry dalam keterangan tertulis di Phnom Penh, dikutip dari Antara.

Podium diterangi oleh lampu mobil

Podium pengalungan medali untuk cabang olahraga jalan cepat 20 km SEA Games 2023 yang dimenangi atlet Indonesia , Hendro Yap, hanya diterangi oleh lampu mobil.

Kejadian tersebut viral di media sosial dan menjadi perbincangan warganet.

Hendro Yap mencatatkan torehan waktu 1 jam 40 menit 42 detik. Catatan tersebut mengungguli Nguyen Thanh, atlet Vietnam yang finis satu peringkat di bawah Hendro.

Podium yang dipersiapkan untuk pengalungan medali, tidak cukup dipersiapkan dengan baik. Saat Hendro dan dua atlet lainnya naik ke atas podium, penerangan hanya bersumber dari sorot lampu mobil.

Dalam Instagram Story, Hendro Yap mengungkapkan perasaannya disorot lampu mobil saat pengalungan medali emas.

“@hendro_lung bro, gmn rasanya emas disorot lampu mobil wkwkkww btw congrats kawan,” tutur akun Instagram @reinmartm.

“Seperti ikan di Aquarium Hahahahah,” ucap Hendro Yap menjawab pertanyaan tersebut.

Atap kamar atlet bulu tangkis Indonesia bocor

Atap kamar atlet bulu tangkis Indonesia mengalami kebocoran akibat hujan deras di Kamboja pada Senin, 8 Mei 2023. Air pun menggenangi sebagian ruangan.

Kejadian ini dibagikan Amallia Cahaya Pratiwi, salah satu pebulu tangkis Indonesia yang mentas di SEA Games Kamboja. Dia membagikannya lewat unggahan instastory dan viral setelah diunggah kembali oleh sejumlah akun medsos.

PBSI melalui Manajer Tim Eddy Prayitno mengonfirmasi insiden bocornya atap kamar atlet di SEA Games 2023 . PBSI sudah melaporkannya ke Cluster Manager agar atap yang bocor dapat diperbaiki.

PBSI menjelaskan bahwa kejadian ini adalah force majeure alias ketidaksengajaan.

Kursi dan hanger plastik di ruang ganti Timnas U-22 Indonesia

Timnas U-22 Indonesia bersiap melawan Timor Leste pada laga lanjutan babak penyisihan Grup A, pada Minggu, 7 Mei 2023. Sebelum pertandingan, PSSI membagikan foto ruang ganti di Stadion Olimpiade Phnom Penh.

Warganet keheranan melihat kursi di ruang ganti Timnas U-22 Indonesia . Kursi yang digunakan terlihat menggunakan kursi sederhana. Selain itu, jersey pemain hanya digantung dengan hanger tanpa ada lemari di sekitar ruang ganti.

Dalam laga itu, Timnas Indonesia mengalahkan Timor Leste dengan skor akhir 3-0 sekaligus mengantarkan tim asuhan Indra Sjafri ke partai semifinal. Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak Ramadhan Sananta (45′) dan dwigol Fajar Fathur Rahman (62′) dan 75′).***