Wisata  

Kampung Atas Air Margasari, Menikmati Panorama Alam & Sunset di Balikpapan

harian-nasional.com/ – Berlibur di wilayah gunung maupun pantai tentunya pasti sudah biasa Anda lakukan. Namun disini kita akan membahasa mengenai liburan anti-mainstream yang bisa Anda lakukan. Salah satunya yaitu Kampung Atas Air Margasari.

Anda bisa menemukan objek wisata ini jika berlibur ke Kalimantan khususnya kota Balikpapan. Disini Anda bisa sekedar menjelajahi kampung tersebut maupun untuk liburan. Kampung ini dulunya mempunyai ciri-ciri khas yang kurang enak, seperti bau, kotor dan gersang.

Setelah terjadi kebakaran tahun 1992, kampung ini diperbaiki dan ditata rapi hingga sedemikian rupa indahnya. Hingga memperoleh beberapa penghargaan yang cukup membanggakan.

Harga Tiket Masuk Kampung Margasari

Bagi Anda para pengunjung baik dari luar daerah maupun luar negeri yang ingin berkunjung ke Kampung Atas Air Margasari ini tidak perlu khawatir karena untuk masuknya tidak perlu membeli tiket atau mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis.

Jadi Anda bisa menghemat pengeluaran, serta pemandangan yang disajikan juga sangat menarik sehingga Anda tidak akan menyesal untuk datang kesini. Selain itu banyak juga warga setempat yang mengunjungi tempat ini hanya sekedar melihat sunrise maupun sunset saja.

Selain itu Anda juga akan dikenakan biaya untuk parkir kendaraan baik motor maupun mobil yang dibawa. Untuk kendaraan seperti motor akan dikenai tarif sebesar 2.000 rupiah, sedangkan untuk mobil biasanya kenai biaya sebesar 5.000 rupiah.

Daya Tarik Kampung Atas Air Margasari

1. Berada Diatas Air

Sesuai dengan namanya Kampung Atas Air Margasari ini juga terletak di atas air loh. Menariknya lagi dari kampung ini yaitu seluruh rumah dibangun di atas air dengan luas sekitar 6,7 hektare. Serta menghadap langsung ke air laut yang berada di daerah tersebut.

2. Hutan Mangrove

Di objek wisata ini juga terdapat kawasan hutan mangrove serta obor yang tidak pernah padam. Sehingga bisa menambah keindahan juga pada objek wisata tersebut. Karena kita juga jarang bisa melihat hutan mangrove sebab hutan ini bisa kita temukan pada wilayah-wilayah tertentu saja.

3. Kampungnya Terlihat Bersih

Kampung ini bisa terbilang cukup bersih karena semenjak di perbaiki akibat dari kebakaran. Warga di kampung tersebut juga mengadakan kerja bakti pada hari-hari tertentu saja. Dengan tujuan agar tetap menjaga kebersihan dari kampung ini serta menarik pengunjung agar minat berkunjung ke pemukiman tersebut.

4. Mempunyai Pemandangan Hijau

Kampung ini masih mempunyai pemandangan hijau walaupun letaknya berada diatas air. Sehingga mampu menambah keindahan pemandangan serta kesejukan mata ketika Anda mengunjungi tempat ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Menikmati Sunrise

Saat menjelang pagi hari banyak warga setempat maupun wisatawan menikmati sunrise di objek wisata ini. Karena sunrise di Kampung Atas Air Margasari terlihat cukup indah.

2. Melihat Lalu Lalang Kapal Penduduk

Penduduk di daerah pemukiman kampung ini mayoritas mempunyai pekerjaan sebagai nelayan karena dipengaruhi letak geografisnya yang dekat sekali dengan laut. Oleh sebab itu banyak sekali dijumpai penduduk yang sedang menangkap ikan baik menggunakan jala ataupun memancing saja. Dalam mencari ikan para penduduk biasanya menggunakan kapalnya tersebut.

Sehingga pasti Anda sering menjumpai kapal yang sedang berlalu lalang di pinggiran laut atau bahkan di tengah laut karena sedang digunakan untuk mencari ikan tersebut. Beruntungnya lagi apabila sore hari kita menjumpai nelayan yang baru saja pulang dari mencari ikan, maka Anda juga bisa membeli ikan tersebut sehingga keadaan ikan masih segar.

3. Berduduk Santai

Wisata ini juga menyediakan jembatan dari kayu ulin yang biasanya digunakan untuk berduduk-duduk santai oleh sejumlah kumpulan anak muda yang sedang berkunjung sambil menikmati sunrisenya.

4. Melihat Sunset

Saat menjelang sore hari banyak pengunjung dari penduduk sekitar mendatangi objek wisata ini baik dari kalangan muda maupun dewasa saling berdatangan untuk berbincang-bincang sambil menikmati pemandangan sunset yang disuguhkan.

5. Mandi di Laut

Objek wisata Kampung Atas Air Margasari ini di kawasan perairannya yang tenang bisa juga digunakan untuk mandi. Pada saat sore hari tempat tersebut sangat ramai karena dibuat mandi oleh anak-anak juga. Apalagi jika ditemani dengan seumuran anak-anak tersebut pasti akan lebih menarik dan seru lagi.

6. Menikmati Pemandangan

Objek wisata kampung ini mempunyai pemandangan yang sangat indah sehingga bisa memanjakan mata para wisatawan. Sebab lingkungan di kampung ini terlihat bersih serta airnya juga jernih sehingga dapat menambah daya tarik pengunjung untuk mendatanginya.

Para warga setempat juga sangat antusias sekali untuk melakukan gotong royong dalam rangka membersihkan kampung ini, serta bersih-bersih tersebut dilakukan pada hari-hari tertentu saja tidak setiap hari. Sehingga tidak mengganggu aktivitas warga setempatnya dan warga setempat juga mampu meluangkan waktunya untuk ikut serta dalam kerja bakti tersebut.

7. Bersantai di Gazebo

Objek wisata Kampung Atas Air Margasari juga menyediakan gazebo di pinggiran jembatan betonnya. Anda bisa memanfaatkannya untuk bersantai sambil menikmati makanan yang dijual di area tersebut. Banyak sekali jenis menu makanan yang tersedia di wilayah tersebut yang bisa Anda cicipi dan rasanya sangat enak.

8. Berfoto di Spot-spot yang Menarik

Objek wisata kampung ini mempunyai berbagai tempat yang menarik sehingga bisa Anda gunakan untuk berfoto.

Seperti di gazebo, jembatan kayu ulin, di dekat pantai sambil menunggu sunrise juga dapat dijadikan spot berfoto serta masih banyak lagi tempat lainnya yang bisa Anda gunakan. Karena kampung ini mempunyai pemandangan yang estetik sehingga bisa menghasilkan gambar yang menarik.

9. Melihat Jembatan Kayu yang Indah Serta Memanjang

Kampung ini mempunyai jembatan kayu yang panjang dan terbuat dari kayu ulin. Jembatan ini sangat luas dan kuat hingga dapat memuat sepeda motor. Bentuknya yang memanjang juga terlihat sangat indah sehingga kita juga bisa menikmati pemandangan laut secara langsung. Area jembatan ini dibangun di pinggiran laut tersebut.

Tidak hanya itu saja di kampung ini juga terdapat keling minyak dengan obor yang menyala setiap hari. Hal tersebut juga dapat menjadi pelengkap dari objek wisata ini. Walaupun obor keling minyak tersebut tampak indah namun sangat mengganggu kesehatan dari masyarakatnya. Ditambah lagi pernah terjadi kebocoran pada waktu lalu.

10. Menikmati Pemandangan dari Hutan Mangrove

Di sekitaran jembatan beton tersebut terdapat hutan mangrove. Disini Anda juga dapat melihat-lihat hutan tersebut sambil menikmati hidangan yang dibeli di sekitarnya.

Fasilitas di Kampung Atas Air Margasari

Wisata Kampung Margasari ini menyediakan fasilitas yang menarik loh salah satunya ada gazebo yang biasanya ketika malam apalagi di hari libur ramai sekali dengan pengunjung.

Selain itu masih ada lagi yaitu jembatan beton dari sini Anda dapat melihat indahnya kampung tersebut.Disediakan juga tempat parkir yang bisa digunakan untuk memarkirkan kendaraan. Selain itu masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang tersedia di kampung ini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Untuk lokasi dari objek wisata Kampung Atas Air Margasari ini bisa Anda temukan di Provinsi Kalimantan Timur tepatnya di kota Balikpapan untuk lebih jelasnya berada di kecamatan Balikpapan Barat, desa baru serta jalan Sepaku. Tepatnya di belakang pasar Pandansari. jika Anda masih bingung bisa menggunakan bantuan alat penunjuk arah seperti Google maps.

Rute yang bisa ditempuh jika berasal dari kota Balikpapan, yang pertama Anda bisa melewati jalan DI. Panjaitan ikuti terus hingga sampai di pertigaan jalan Soekarno Hatta kemudian pilih jalur kiri hingga sampai di bundaran dan pilihlah Jl Ahmad Yani. Setelah itu belok kanan atau menuju arah utara ke jalan Letjen Suprapto ikuti terus sampai ada pertigaan belok kiri menuju Jl. Pandan Arum.

Setelah mengikuti jalan Pandan Arum pilih belok kiri menuju jalan Sepaku Laut ikuti terus hingga sampai di lokasi tujuan. Jarak yang harus Anda tempuh untuk sampai di lokasi tujuan yaitu sekitar 4,6 kilometer dengan waktu tempuh 17 menit saja, cukup dekat dengan pusat kota bukan.

Alat transportasi yang bisa Anda gunakan untuk sampai di lokasi tujuan yaitu menggunakan kendaraan pribadi seperi mobil maupun motor dan kendaraan umum seperti angkot nomor 5 atau 6 jika Anda berasal dari terminal BP, kemudian turun di pasar pandansari dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojeg atau bahkan bisa jalan kaki.

Waktu yang cocok untuk mengunjungi tempat ini yaitu pada pagi hari ataupun sore hari untuk melihat sunset dan juga sunrise.

Demikianlah ulasan mengenai Kampung Atas Air Margasari yang bisa Anda ketahui. Jadi apabila Anda datang kesini tidak perlu khawatir lagi dengan biaya yang harus dikeluarkan. Serta bawalah teman maupun keluarga untuk mengunjunginya agar liburan Anda semakin seru.