Jokowi Titip Pesan ke Presiden RI Pemilu 2024: Jangan Kembali Lagi Ekspor Bahan Mentah

harian-nasional.com/ – Presiden Indonesia terpilih pada Pemilu 2024 nanti diharapkan tidak kembali lagi mengekspor bahan mentah . Melainkan harus meningkatkan produksi bahan mentah .

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) saat berbicara dalam pembukaan Kongres XII Legiun Veteran RI di Jakarta, Selasa, 11 Oktober 2022.

Jokowi mengatakan bahwa saat ini WTO atau Organisasi Perdagangan Dunia menggugat Indonesia akibat pelarangan ekspor nikel mentah.

“Siapapun nanti pemimpin, presiden konsitensi itu harus kita jaga dan terus kita tingkatkan, jangan kembali lagi ke ekspor mentah lagi. Hati-hati kita semua harus mengingatkan,” kata Jokowi , dikutip dari PMJ News, Selasa, 11 Oktober 2022.

Jokowi mengatakan, gugatan yang dilayangkan WTO itu harus dihadapi dan bukan ditakuti. Hal itu, katanya agar Indonesia bisa menikmati kekayaan alam yang dimiliki.

“Kalau kita digugat dan kita mundur lagi, kapan lagi kita bisa menikmati komoditas-komoditas dan kekayaan yang dimiliki oleh kita,” ujarnya.

Di samping itu, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia kini sudah memiliki mayoritas saham PT Freeport.

Dari aksi kepemilikan saham mayoritas di PT Freeport itu, para pekerja yang bekerja di perusahaan tersebut merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dengan persentase sebanyak 98 persen.

Jokowi mengatakan situasi itu memberikan kebahagiaan. Karena di sisi lain sebanyak 40 persen pekerja di PT Freeport tadi adalah masyarakat Papua.

“Sekarang 98 persen (karyawan PT Freeport) itu adalah Indonesia. Dan yang saya senang lagi, 40 persen itu adalah Papua, masyarakat Papua,” ujar Jokowi .

Pemerintah Indonesia telah menyetop ekspor nikel mentah sejak 2019. Indonesia lantas digugat ke WTO atau Organisasi Perdagangan Dunia.

Pada awal September 2022, Presiden Jokowi pernah mengatkan bahwa melalui penyetopan nikel pendapatan negara bisa naik menjadi 19 kali lipat dari pendapatan sebelumnya yang masih melakukan ekspor nikel mentah.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”