Jokowi Hapal Kasus Asuransi Bermasalah, dari Asabri sampai Wanaartha

Jokowi Hapal Kasus Asuransi Bermasalah, dari Asabri sampai Wanaartha

harian-nasional.com/ – JAKARTA, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku hapal dengan rentetan kasus asuransi bermasalah, mulai dari Asabri, Jiwasraya, hingga Wanartha. Terkait dengan itu, Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengawasi ketat industri asuransi dan pinjaman online (pinjol) agar tidak bermasalah dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

“Saya minta betul-betul urusan asuransi utamanya pinjol, investasi diliat betul. Jangan sampe kejadian yang sudah-sudah Asabri, Jiwasraya 17 triliun, 23 triliun. Ada lagi Indosurya, ada lagi Wanaartha. Sampe hapal saya itu karena baca. (Juga) Unit link,” kata Jokowi, dalam sambutannya pada pertemuan Industri Jasa Keuangan Tahun 2023, yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden hari ini, Senin (6/2/2023).

Dia mengungkapkan, sudah banyak mendapatkan keluhan masyarakat terkait beberapa kasus tersebut dalam berbagai kesempatan. Masyarakat yang mengeluh pun dari berbagai kalangan, mulai dari pedagang hingga pengusaha.

“Waktu saya ke Tanah Abang ada yang nangis-nangis cerita juga kena itu. Waktu di imlek juga sama nangis-nangis itu juga. Di Surabaya nangis-nangis itu juga. Hati-hati semuanya yang namanya pengawasan harus lebih diintensifkan,” tutur Jokowi.

Dia menjelaskan, tuntutan masyarakat adalah agar uang asuransi mereka dapat dikembalikan. Pasalnya, mereka tak dapat mencairkan premi karena asuransi yang mereka ikuti tersandung masalah dan dikenai sanksi oleh OJK.

“Ini harus mikro-mikro satu-satu diikuti karena rakyat, yang nangis itu rakyat. Rakyat itu hanya minta satu duit saya balik, uang saya balik,” ujar Jokowi.

Dia menyebut pelaporan keluhan terhadap kasus jasa keuangan hingga saat ini belum juga tuntas. Maka dari itu, dirinya mengingatkan pentingnya kepercayaan terhadap masyarakat.

“Sering pelaporan keluhan, pelaporan keluhan sudah tahun 2020 sampe sekarang tahun 2023 juga belum tuntas. Gini-gini hati-hati yang kita bangun adalah trust. Kalo sudah kehilangan itu sulit membangun kembali. Saya yakin OJK yang sekarang bisa,” ungkap Jokowi.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News