Jangan Tiru Ibu Ini, Menjaga Etika Berkendara Itu Wajib!

harian-nasional.com/ – Netizen kembali dihebohkan dengan beredarnya video seorang wanita pengendara mobil yang menunjukkan perilaku kurang baik di jalan raya. Dalam video yang tersebar luas di media sosial Facebook tersebut, seorang wanita–lebih tepatnya seorang ibu–mengamuk di tengah jalan dan menarik pakaian anggota polisi yang (kemungkinan) hendak menilangnya. Tentu saja, hanya dalam waktu dua jam, video tersebut menjadi viral sampai 4000 kali dibagikan kepada setiap orang di Facebook. Sepertinya etika berkendara yang baik tidak begitu berlaku bagi ibu ini sehingga ia ditilang.

Apa yang kita dapat dari kejadian tersebut adalah menjaga etika berkendara. Tentu saja, menjaga etika adalah hal wajib yang harus kita lakukan dimana pun dan kapan pun kita berada. Termasuk saat kita berkendara di jalan raya, kita harus menjaga etika kepada siapapun, baik kepada sesama pengguna jalan raya, maupun kepada petugas lalu lintas di jalan raya.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini pentingnya menjaga etika saat berkendara agar budaya taat lalu lintas bisa berjalan dengan baik. Jangan tiru ibu (yang menjadi viral) kalau kamu tidak mau diumpat oleh netizen. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Jangan Menggunakan Aksesoris Tambahan Yang Mengganggu Pengendara Lain

Menjaga etika berkendara bisa kamu mulai dari hal kecil, salah satunya tidak menggunakan aksesoris tambahan yang mengganggu pengendara lain. Aksesoris tambahan seperti, suara klakson yang tidak standar, knalpot yang bising, lampu yang terlalu menyilaukan pengendara lain, dan aksesoris-aksesoris tambahan lainnya. Tentu saja setiap mobil yang dijual memiliki standar aksesoris yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Jika kamu suka dengan tambahan aksesoris, gunakan aksesoris seperlunya. Jangan sampai aksesoris tambahan mobil kamu mengganggu kenyamanan pengendara lain.

Tidak Ngebut dan Tidak Menghambat Pengendara Lain di Jalan Raya

Baik motor maupun mobil, sudah menjadi hal yang wajib kalau kita harus menyesuaikan kecepatan saat berkendara. Jangan memacu mobil kamu terlalu cepat atau pun terlalu lambat dimana dapat mengganggu kenyamanan pengendara lain di jalan raya. Apalagi jika kamu melakukan pelanggaran lalu lintas (seperti ibu yang lagi viral sekarang) kemudian ditilang oleh petugas polisi di jalan raya. Membuat kegaduhan di jalan raya akan menghambat pengendara lain di jalan raya. Alangkah lebih baik, selesaikan secara bijaksana di pinggir jalan tanpa harus mehambat laju pengendara lainnya.

Patuhi Aturan Lalu Lintas Yang Ada di Jalan Raya

Kalau kamu tidak ingin ditilang oleh petugas polisi lalu lintas, pastikan kamu mematuhi aturan lalu lintas yang ada sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mulai dari kelengkapan surat-surat berkendara, kelayakan mobil kamu, sampai hal-hal kecil lainnya yang mesti kamu perhatikan. Jangan sampai kamu emosi seperti ibu (yang lagi viral sekarang) hanya karena kamu melakukan kesalahan dan tidak mau ditilang oleh petugas lalu lintas. Itu artinya kamu tidak patuh terhadap aturan lalu lintas dan tidak mau menerima hukuman. Akhirnya, malah mengganggu kenyamanan pengendara lain. Jangan ditiru ya!

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="10"]

Saling Menghargai Antar Pengguna Jalan Raya

Dari semua hal yang mesti kamu perhatikan, saling menghargai dan saling menghormati antar pengguna jalan raya adalah aspek utama yang wajib kamu jalankan. Dengan saling menghargai, kondisi jalan raya akan sesuai dengan aturan yang semestinya tanpa ada hambatan di jalan raya. Budaya berkendara yang baik harus kita lakukan mulai sekarang. Ayo mulai dari sekarang!

Nah, itu dia tata cara menjaga etika berkendara di jalan raya. Jangan tiru siapapun yang menghambat kenyamanan di jalan raya. Sebagai pengguna mobil yang baik, lakukan hal-hal tersebut agar kenyamanan berkendara di jalan raya selalu terjaga. Sehingga, kondisi lalu lintas di jalan raya Indonesia akan seperti jalan raya di berbagai negara maju Eropa seperti, Inggris, Prancis, dan lain sebagainya. Ayo mulai dari sekarang menjaga etika berkendara dengan baik!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”