Jangan Sepelekan Posisi Cara Mengemudi Mobil!

Jangan Sepelekan Posisi Cara Mengemudi Mobil!

harian-nasional.com/ – Posisi Cara Mengemudi Mobil | Car Mengemudi Mobil

Posisi cara mengemudi mobil kerap disepelekan sebagian pengendara mobil. Padahal ia tidak hanya menentukan kenyamanan, namun juga keamanan saat berkendara.

Salah satu keuntungan dari posisi tubuh yang baik dan benar adalah mencegah pengemudi gampang letih. Manfaat lainnya, mempermudah pengemudi melakukan manuver cepat saat kondisi berbahaya di jalan raya.

Setidaknya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam menentukan posisi cara mengemudi mobil yang baik. Kuncinya adalah mengatur dengan baik posisi duduk, jangkauan tangan ke kemudi, dan jangkauan kaki terhadap pedal gas/kopling/rem.

Berikut susun langkah-langkah mengatur posisi cara mengemudi mobil yang dirangkum dari Gridoto:

1. Atur posisi cara mengemudi mobil di bagian tempat duduk dengan memastikan tulang ekor menempel di sandaran dan seluruh bagian paha tertopang di kursi.

2. Setel jarak jok hingga lutut membentuk sudut sekitar 110 derajat. Bisa menggunakan patokan kaki dapat menginjak pedal kopling/rem sampai mentok alias maksimal.

3. Atur posisi sandaran jok jangan sampai terlalu tegak atau terlalu rebah. Pastikan sandaran menempel merata di punggung, bahu serta pinggang.

4. Atur jarak dan ketinggian setir. Untuk setir yang bisa disetel naik dan turun, biasanya ada tuas pengaturan di batang setir bagian bawah untuk mengaturnya. Pastikan ketinggian setir tidak menghalangi pandangan ke panel instrumen di dashbord dan posisi tangan dalam kondisi nyaman.

5. Posisi jarak ideal tangan ke setir adalah pergelangan tangan kiri atau kanan harus lurus di posisi jam 12 kemudi. Sementara lengan membentuk sudut sekitar 120 derajat ketika memegang setir di arah jam 3 (kanan) dan 9 (kiri). Posisi ini bertujuan memudahkan pengemudi memutar setir dengan baik dan optimal.

6. Atur headrest agar mencapai ketinggian yang pas dengan leher dan kepala. Posisikan bagian tengah sandara kepala sejajar dengan ujung atas telinga agar leher terhindar dari cedera bila terjadi benturan.

Setidaknya jika melakukan langkah-langkah di atas, cara mengemudi mobil pun menjadi lebih nyaman. Selamat mencoba ya!

Oleh : Putra. P

Foto : Istimewa

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”