Jangan Dipangku, Ini Posisi Duduk Anak di Mobil Sesuai Usianya

harian-nasional.com/

1. Usia Dibawah 6 Bulan

Bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan wajib menggunakan car seat menghadap belakang

Untuk posisi duduk anak usia new born hingga 6 bulan harus ditempatkan pada car seat menghadap ke belakang (rearward-facing) di kursi tengah yang dilengkapi dengan sistem harness 6 titik layaknya seat belt pembalap, kemudian car seat dikekang dengan seat belt bawaan mobil.

2. Usia 6 bulan – 4 tahun

Hingga usia 4 tahun tetap wajin menggunakan car seat dan menghadap ke belakang

Anak berusia 6 bulan hingga kurang dari 4 tahun harus duduk dengan car seat yang sesuai dengan ukuran tubuhnya, diikat dengan baik dan adjustable. Dalam hal ini anak dapat diposisikan menghadap ke belakang atau menghadap ke depan yang tentunya dikekang dengan harness 6 titik.

Anak pada usia ini dinilai tumbuh dengan fase yang berbeda. Saat berusia 6 bulan, mereka mungkin tidak siap bepergian dengan posisi duduk anak menghadap ke depan. Anak pada usia ini dianjurkan tetap duduk menghadap ke belakang sampai mereka dinilai cukup umur siap menghadap ke depan. Pada usia ini anak diwajibkan bepergian di kursi belakang mobil.

3. Usia anak 4 – 7 tahun

Ketika sudah lebih dari 5 tahun bisa menggunakan booster seat menghadap ke depan

Seperti halnya di atas, anak harus duduk dengan car seat yang sesuai, mengencangkan harness dengan benar dan diperbolehkan menghadap ke depan. Dan atau bisa menggunakan kursi booster (booster seat) yang telah terverifikasi sesuai standar nasional dan mengenakan harness yang sesuai dengan ukuran tubuh anak. Hal yang terpenting adalah pilih jenis car seat maupun booster seat sesuai ukuran tubuh anak, bukan dari usianya. Pada usia ini posisi duduk anak wajib di kursi belakang belum boleh di depan.

4. Usia anak 7 – 16 tahun

Bila sudah diatas 7 tahun sudah diperbolehkan duduk di depan menggunakan seat belt dewasa

Anak-anak berusia diatas 7 tahun dapat menggunakan booster seat dan seat belt dewasa. Meskipun anak diatas usia 7 tahun sudah diperbolehkan duduk di kursi depan saat bepergian namun penelitian menunjukkan bahwa dibawah usia 12 tahun jauh lebih aman duduk di kursi belakang. Seat belt mobil dirancang untuk menopang tubuh orang dewasa dengan ketinggian minimal 145 cm. Semoga berguna tips mengenai posisi duduk anak di mobil pada usia yang tepat dari kami.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”