Jangan Berebut, Begini Cara Cepat Dapat Parkir di Mal

Jangan Berebut, Begini Cara Cepat Dapat Parkir di Mal

harian-nasional.com/ – Sulitnya akses parkir beberapa mal di Jakarta tak hanya terjadi pada pengendara motor. Pengguna mobil pun merasakan kesulitan mencari lokasi parkir, terutama saat akhir pekan.

Seperti peristiwa yang terekam Instagram @markirterus (11/2/2023), di mana terlihat seorang perempuan yang berdiri di sebuah lokasi parkir.

Perempuan itu bermaksud menempati area parkir terlebih dahulu, sebelum mobilnya tiba. Hal ini juga dilakukan agar mobil lain tidak merebut lokasi tersebut.

Jadi suatu ketika parkiran mall penuh, biasanya mobil yang muter2 nyari parkiran, ini kebalek, orangnya yang muter2 nyari parkiran,” tulis keterangan foto tersebut.

Pas dapat langsung dijagain sambil telepon mobilnya. Aturan ini hak nya yang ngejepret, tapi ngalah aja, sampai 5 x muter nyari2 parkiran,” lanjut keterangan itu.

Mencari parkir di mal saat akhir pekan memang jadi tantangan tersendiri bagi sejumlah orang. Pengendara sebetulnya bisa melakukan beberapa cara agar bisa cepat dapat parkir.

Pertama, Anda bisa datang ke mal lebih cepat. Jam operasional mal biasanya mulai pukul 10.00 sampai 22.00. Datang ke mal saat pagi relatif lebih sepi, sehingga bisa lebih mudah dapat parkir.

Kemudian, pilih area Ladies Parking atau parkiran khusus wanita. Buat Anda pengemudi wanita harus memanfaatkan fasilitas ini agar cepat memarkirkan mobil.

“Jadi, kenapa ada ladies parking? Ini menjadi salah satu strategi mal kepada pengguna parkir supaya penggunanya itu nyaman maka marketnya akan didapatkan secara tidak langsung oleh mereka,” ujar Rio Octaviano, Ketua Indonesia Parking Association, kepada Kompas.com belum lama ini.

Ide layanan Ladies Parking muncul juga karena pengguna kendaraan roda empat ke mal banyak pengendara perempuan.

Maka dari itu dengan layanan ini akan memudahkan pengendara wanita mencari tempat parkir dengan mudah.

“Belum semua mal menerapkan ladies parking. Ini karena tergantung kebijakan manajemen properti mal, dan orientasi setiap manajemen itu berbeda tiap manajemen mal,” kata Rio.

Lalu, cara lain yang bisa dipilih adalah langsung menuju parkir basement atau parkir gedung. Biasanya tempat parkir favorit orang berada di sekitar elevator atau di lantai dasar.

Parkir basement yang berada di lantai Lower Ground atau B1, B2 dan seterusnya, ataupun parkir gedung yang berada di atas mal, biasanya tidak begitu diminati karena aksesnya yang lebih jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.