Wisata  

Jalan Malioboro, Jantungnya Kota Yogyakarta Yang Menjadi Destinasi Wisata Favorit

harian-nasional.com/

Alamat: Jalan Malioboro Nomor 61-65, Sosromenduran, Gedong Tengen, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271Map: Klik DisiniJam Buka: 24 jamNo. Telp:-

Harga Tiket Masuk

HTM: GratisParkir Motor: Rp 2.000,-Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Untuk bisa mengunjungi dan menikmati Jalanan Malioboro kamu tidak perlu mengeluarkan kocek, karena sejatinya tempat ini tidak ada tiket masuknya. Kamu hanya perlu membayar karcis parkir jikalau membawa kendaraan pribadi sendiri.

Tarif parkir untuk sepeda motor dibanderol dengan harga 2ribu, sedangkan mobil tarifnya adalah 5ribu. Untuk area parkirnya sendiri ada di Sentral Parking Abu Bakar Ali yang lokasinya membentang dari ujung Jalan Malioboro sebelah utara sampai dengan rel kereta api.

Rute Perjalanan

Kawasan Jalan Malioboro adalah salah satu rute wisata yang sangat mudah dijangkau oleh semua wisatawan dari berbagai penjuru atau arah. Jika kamu menuju ke Jogja menggunakan transportasi umum seperti kereta api, turunlah di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Dari Stasiun Tugu kamu hanya perlu jalan kaki sekitar beberapa meter dari pintu keluar sebelah timur. Cukup menyebrang rel sekali, lalu sampailah kamu di area Jalan Malioboro.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, tentu lebih mudah menjangkaunya, cukup klik peta yang sudah kami sematkan diatas.

Selain mudah dijangkau, buat kamu yang berasal dari luar kota, kawasan Malioboro juga dipenuhi oleh penginapan budget.

Berbagai macam jenis penginapan ada semua disini, dari mulai harga ratusan sampai dengan jutaan. Kamu hanya perlu menyusuri gang2 di sepanjang Jalan Malioboro. Pastikan jika penginapan yang dipilih memiliki fasilitas memadai ya.

Fasilitas Malioboro

Semenjak dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata populer di Jogja, jalanan Malioboro pun didukung dengan bermacam2 fasilitas memadai dan lengkap. Sehingga buat kamu yang sedang melakukan kunjungan ke Jalan Maliboro tak usah khawatir perihal fasilitasnya.

Beberapa fasilitas yang ada seperti toilet umum, tempat sampah, pedestrian, tempat duduk, taman, pedagang souvenir kaki lima, toko fashion, tempat makan, pusat perbelanjaan, sampai dengan papan informasi.

Mall Malioboro menjadi salah satu pusat perbelanjaan malioboro paling favorit. Selain itu ada juga toko oleh2 khas Jogja yang berjejer di sepanjang Malioboro. Sedangkan wisata kulinernya pun sangat lengkap disini dari mulai makanan khas indonesia sampai dengan western food.

Di sepanjang Malioboro juga terdapat angkutan tradisional seperti delman yang siap mengangkutmu ke kawasan2 lain. Sedikit tips jika kamu ingin menunggang delman, ada baiknya tawar menawar terlebih dahulu, supaya bisa mendapatkan harga paling pas.

Kalau kamu masih bingung saat explore Malioboro, nggak usah khawatir karena disini ada Petugas yang siap membantumu mengarahkan jalanan. So, nggak akan ada kasus kesasar deh saat menyusuri Jalan Malioboro.

Sejarah Singkat

Jalan Malioboro ialah salah satu kawasan jalan yang membentang dari Tugu Yogyakarta sampai dengan Perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Panjang Jalan Malioboro ini sendiri mencapai 2,5 kilometer lho.

Di sekitar Jalan Malioboro Jogja terdapat beberapa landmark kota Jogja diantaranya seperti Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Pasar Bringharjo, Gedung Agung, Monumen Serangan Umum 1 Maret, hingga Benteng Vrederburg.

Kawasan Maliboro terkenal karena banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual aneka oleh2 khas Jogja berupa souvenir, kerajinan, baju celana, topi, dan aneka panganan. Keistimewaan dari tempat wisata ini adalah adanya budaya tawar menawar antara penjual dan pembeli di sepanjang Jalan.

Bagi sebagian orang yang tidak pandai menawar, sudah dipastikan kamu akan medapatkan barang belanjaanmu dengan harga mahal. Namun, buat yang ahli dalam tawar menawar pasti bisa mendapatkan harga barang yang sangat murah, bahkan bisa mencapai separo harga jualnya lho.

Selain banyaknya pedagang kaki lima, kawasan ini juga dipenuhi oleh warung2 lesehan yang menjajakan makanan khas Jogja, apalagi kalau bukan gudeg dan pecel. Suasan amalam hari disini pun sangat menawan, banyak seniman jalanan yang menunjukan bakat mereka.

Seperti bermain musik, hapening art, melukis, pantomim, dan masih banyak lagi kreatifitas2 lain yang dilakukan oleh seniman jalanan ini. Untuk mengapresiasi hasil karya mereka, tak ada salahnya jika kamu sisihkan uangmu untuk didonasikan kepada seniman2 tersebut.

Hal-hal menarik yang ada di Jalan Malioboro contohnya seperti piknik jalan kaki, kulineran enak tapi nggak buang banyak uang, selain itu kamu pun bisa manfaatkan titik nol kilometer Jogja untuk berfoto-foto lho.

Wisata Dekat Malioboro

1. Benteng Vredeburg

Benteng Vrederburg adalah salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Jogja tepatnya di kawasan Malioboro. Untuk bisa mencapi lokasi wisata ini kamu hanya perlu berjalan kaki beberapa meter saja. Lokasi dari Benteng ini pun berada diantara Titik Nol Kilometer Jogja dan juga Malioboro.

2. Taman Sari

Taman Sari menjadi salah satu wisata yang disenangi oleh wisatawan karena disini banyak spot foto cakep. Bangunan ala kerajaan Mataram sangat tergambar jelas di seluruh sisi Taman Sari. Sisi artistik yang bisa kamu temui seperti Gapura Hageng, Gedhong Gapura Panggung, Sumur Gemuling, dan juga Umbul Pasiraman.

3. Kraton Yogyakarta

Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Jogja tanpa mengunjungi Kraton Yogyakarta. Salah satu bangunan yang sangat bersejarah dan memiliki filosofis tinggi kini bisa dijadikan sebagai destinasi wisata. Dari Titik Nol Kilometer Jogja, jarak tempuhnya hanya sekitar 5 menit, kamu bisa jalan kaki untuk bisa sampai disini.