Travel  

Jadi Tuan Rumah ATF 2023, Yogyakarta Raup Lebih dari Rp 5 Triliun

Jadi Tuan Rumah ATF 2023, Yogyakarta Raup Lebih dari Rp 5 Triliun

harian-nasional.com/ – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, kesuksesan Asean Tourism Forum ( ATF ) 2023 memberi dampak luar biasa terhadap perekonomian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sebesar di atas Rp 5 triliun.

Selain itu, event ini menjadi angin segar bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, usai terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Sandiaga menjelaskan bahwa untuk data sementara, penyelenggaraan ATF 2023 menunjukkan hasil B2C (business to consumer) mencapai Rp 8 miliar.

Sedangkan untuk nilai transaksi B2B (business to business) mencapai 35 juta dollar AS atau melebihi Rp 500 miliar.

“ATF memberi dampak luar biasa, kita ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskannya,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2023).

Pelaku transaksi B2B dan B2C dalam ATF 2023

Adapun B2C dalam gelaran ATF tahun 2023 ini telah berlangsung pada Kamis-Minggu (2 sampai 5 Februari 2023).

Acara diselenggarakan sebagai Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM Ekonomi Kreatif dan Festival Kuliner yang diikuti lebih dari 160 pelaku UMKM, pemerintah daerah, dan industri pariwisata di Tanah Air.

Sementara itu untuk acara B2B diikuti oleh para pelaku usaha pariwisata antarnegara di kawasan ASEAN.

Peserta terdiri dari ASEAN NTOs, ASEAN Tourism Industries, Travel and Tourism Hospitality Industries, hotels and accommodation industries.

Ada pula pihak dari travel agent dan travel operator, serta pelaku MICE (Meeting, Incentives, Conventions and Exhibitions).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.