Travel  

Itinerary Keliling Yogyakarta Seharian ala Delegasi ATF 2023

Itinerary Keliling Yogyakarta Seharian ala Delegasi ATF 2023

harian-nasional.com/ – Yogyakarta menjadi lokasi perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang diselenggarakan mulai Kamis (2/2/2023) hingga Minggu (5/2/2023).

Pada Minggu (5/2/2023), sebanyak 22 delegasi dari negara anggota ASEAN; negara mitra seperti ASEAN Plus Three, India, Rusia; serta ASEAN NTO’s berkegiatan di beberapa tempat wisata di provinsi tersebut.

Yuk, intip itinerary (rencana perjalanan) dan aktivitas para delegasi ATF 2023 selama sehari.

Itinerary delegasi ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogyakarta

1. Keliling desa naik VW Cabrio

Para delegari ATF 2023 bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkeliling desa di kawasan Candi Borobudur dengan menumpangi kendaraan jenis VW Cabrio.

Selama berkeliling desa, para delegasi juga melihat pemandangan hamparan sawah dengan latar belakang Bukit Menoreh dan Gunung Merapi.

Adapun terdapat banyak tempat penyewaan VW Cabrio dengan beragam paket rute dan wisata di kawasan Borobudur.

Beberapa paket yang ada, seperti berkunjung ke Budidaya Madu Tanjung Sari, membatik di Desa Wisata Wanurejo, dan lihat pembuatan gula jawa di Karangrejo.

2. Merasakan pijat tradisional di Balkondes Majaksingi

Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Majaksingi merupakan desa wisata yang ada di kawasan Borobudur. Desa yang berjarak sekitar 2,8 kilometer dari Candi Borobudur ini menyuguhkan kondisi geografis khas pedesaan yang masih alami.

Saat berkunjung ke Balkondes Majaksingi, Menparekraf mengajak para delegasi ATF 2023 untuk merasakan pijat tradisional dan refleksi sembari menyicipi aneka minuman herbal.

Di Desa Majaksingi, para delegasi ATF 2023 juga mencoba permainan tradisional, seperti gasing dan kitiran yang dibuat dari bambu.

Wisatawan yang berkunjung ke Majaksingi juga bisa datang ke tempat perajin untuk belajar cara membuat aneka kerajinan bambu, seperti ukir bambu, ukir kayu, kerajinan besek, dan pembuatan topeng.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Minggu (24/11/2019), Majaksingin merupakan salah satu desa yang mendirikan Balkondes.

Balkondes merupakan proyek kerja sama desa dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pengembangan tiga destinasi wisata Indonesia seperti Danau Toba, Borobudur, dan Mandalika.

Selain menawarkan layanan pijat tradisional, Balkondes Majaksingi juga menawarkan paket wisata berupa menginap dan berkeliling desa naik jip.

Terdapat sejumlah paket trip untuk wisata jip, di antaranya ada short trip, medium trip, long trip, sunrise trip, extreme trip, dan optional trip.

Jika ingin menginap, tersedia tipe kamar double yang langsung menyuguhkan pemandangan desa.

3. Melihat pemandangan Perbukitan Menoreh

Perbukitan Menoreh menjadi salah satu lanskap yang nampak saat delegsi ATF 2023 berkeliling desa di kawasan Borobudur.

Jika berkesempatan untuk berkunjung lebih dekat, Perbukitan Menoreh juga punya tempat wisata yang menawarkan panorama dari ketinggian.

Lokasinya sebagian besar berada di Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Purworejo, Jawa Tengah.

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (18/7/2021), beberapa tempat wisata ada di kawasan Perbukitan Menoreh, antara lain Puncak Suroloyo, Tumpeng Menoreh, Puncak Widosari, dan Gunung Kunir Purworejo.

Adapun jarak dari Balkondes Majaksingi ke Puncak Suroloyo, misalnya, sekitar 7-10 kilometer dengan durasi berkendara kira-kira 32 menit.

4. Menikmati panorama Gunung Merapi

Selain Perbukitan Menoreh, pemandangan Gunung Merapi juga dapat dilihat oleh delegasi ATF 2023 saat berkeliling desa di kawasan Borobudur.

Gunung Merapi secara administrasi terletak di sejumlah wilayah dalam provinsi Jawa Tengah dan DIY, dilansir dari Kompas.com, Minggu (27/11/2022).

Meskipun masih terhitung aktif, tapi gunung tetap menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk diketahui, beberapa tempat wisata Gunung Merapi yang bisa dijadikan pilihan, di antaranya The Lost World Castle, Merapi Park, Lava Tour, Bunker Kaliadem, Museum Sisa Hartaku, dan Bukit Kalikuning.

Jarak dari Balkondes Majaksingi ke Merapi Park, misalnya, sekitar 37-41 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam 11 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.