Inilah Sejumlah Fitur Terbaik dari SoC MediaTek Dimensity 9000+

Inilah Sejumlah Fitur Terbaik dari SoC MediaTek Dimensity 9000+

harian-nasional.com/ – Penulis: Dr. Yenchi Lee (Deputy General Manager of MediaTek’s Wireless Communications Business Unit)

MediaTek Dimensity 9000+ makin memperluas keunggulan produk kami, terutama pada cip smartphone 5G alias ponsel pintar 5G. Berikut beberapa alasan utama untuk menjadikan cip ini sebagai SoC yang menenagai smartphone unggulan.

1. Cip Smartphone Kelas 4 nm yang Sangat Efisien

Dengan tetap melanjutkan standar yang telah dibawa oleh cip MediaTek versi sebelumnya, Dimensity 9000; Dimensity 9000+ juga kembali menggunakan proses pembuatan cip TSMC N4 (kelas 4 nm) terdepan yang, tentunya, membawa kepastian pada efisiensi daya.

2. Bersiaplah Menjajal Kecepatan yang Lebih!

Dimensity 9000+ menyertakan CPU tercepat MediaTek yang pernah ditanam pada cip smartphone. Dengan clock 3,2 GHz, CPU Cortex-X2 akan memberikan kinerja tertinggi yang tergolong ekstrem dan baru untuk frame rate dalam gim dan respons yang lebih cepat dari penggunaan aplikasi.

3. Mesin Grafis yang Lebih Cepat

Dimensity 9000+ membuat mesin grafis Mali-G710 MC10 bekerja lebih cepat lagi dibandingkan sebelumnya, sehingga membuat kinerja saat bermain gim jauh lebih baik lagi.

4. Cache Big Data

Beberapa cache dalam cip menyimpan data kritis/penting sedekat mungkin dengan prosesor. Ini sebagai cara untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi daya.

    Cache L3 CPU 8 MB dapat digunakan untuk seluruh prosesor

    Cache GPU bisa membantu mesin grafis Mali-G710 MC10

    Cache APU pada APU 590

    Sistem cache 6 MB (SLC)

Keunikan dari Dimensity, SLC dapat dipartisi sesuai dengan permintaan secara real-time dari setiap unit pemrosesan, sehingga memungkinkan pemanfaatan lebih dari satu dari partisi secara sekaligus.

5. Kemampuan Rekam Tiga Video HDR secara Simultan

Dengan rancangan 18-bit High Dynamic Range-Image Signal Processing (HDR-ISP) terdepan di industri, cip ini memberikan pengguna kesempatan untuk merekam video HDR pada tiga kamera secara bersamaan. Hasil HDR pun lebih akurat karena ISP dapat menarik 9 miliar piksel per detik, yang memberikan kekuatan untuk menangkap tiga eksposur pada EV yang berbeda setiap frame.

6. MediaTek APU 590

Prosesor AI generasi ke-5 MediaTek ini memang didesain untuk mencapai performa efektif maksimum dalam pengalaman AI-multimedia, gim, kamera, dan pengalaman video media sosial. Juga, dalam menghasilkan peningkatan efisiensi daya sampai 4X dibandingkan prosesor AI generasi terakhir. Keahlian MediaTek dalam video, visual, dan penggambaran visual memungkinkan pemakaian terbaik dari hasil kolaborasi antara prosesor AI dan unit pemrosesan lain dalam memaksimalkan efek pengalaman pengguna.

7. MediaTek HyperEngine 5.0

Penambahan penting pada teknologi gim HyperEngine generasi ke-5 MediaTek adalah variable rate shading technology yang diperkuat oleh AI (AI-VRS) guna menambah daya efisiensi, serta ray tracing SDK — alat rendering untuk efek pencahayaan yang serealistis mungkin — menggunakan Vulkan for Android sehingga pengembang bisa menangkap visual generasi berikutnya dalam gim bikinan mereka.

8. MediaTek Intelligent Display Sync 2.0

Smartphone dengan tampilan kecepatan refresh ekstrem memang sangat bagus untuk memberikan pengalaman berkelas saat dipakai di tangan. Namun, gawai seperti itu bisa boros baterai. Itulah sebabnya, Intelligent Display Sync 2.0 MediaTek dirancang untuk memaksimalkan efisiensi daya dengan menggunakan kecepatan refresh yang lebih tinggi secara lebih cerdas, yaitu hanya saat diperlukan. Artinya teknologi ini memastikan Anda mendapatkan pengalaman menonton video dengan halus, terutama dalam adegan kuat atau saat memerlukan respons cepat, ketimbang harus menonton ulang adegan, mengulang pemutaran, atau mengubah peta dalam gim.

Intelligent Display Sync 2.0 mengoptimalkan waktu bingkai (frame timing), sehingga mendorong GPU ke tampilan lebih cepat — hampir-hampir menghilangkan latensi antarframe saat kecepatan refresh berubah; ini membuat kompetisi dan perbedaan dalam keunggulan waktu reaksi milidetik.

9. 5G Masa Depan dengan Super Upload

MediaTek ialah perancang cip pertama yang merilis modem 3GPP Release-16 standard 5G. Release-16 adalah standar terbaru yang mengatur konektivitas seluler global yang memberikan Dimensity 9000+ kemampuan modem 5G masa depan, dalam hal seperti dukungan untuk Super Upload (SUL) dan uplink 5G-NR dengan carrier aggregation (CA), sehingga meningkatkan kinerja unggah.

10. Memaksimalkan Kinerja Sub-6 GHz

Dengan kinerja downlink 7 Gbps yang begitu besar, Dimensity 9000+ menyediakan potensi kinerja tertinggi secara eksklusif dari konektivitas sub-6 GHz “di mana pun berada”. Keberadaan carrier aggregation (CA) — teknologi menggabungkan jaringan 4G dari dua frekuensi berbeda — yang canggih juga bagus untuk meningkatkan kinerja rata-rata di mana saja dari pusat kota sampai pinggiran kota, terutama di pasar seluler, di mana 5G tidak bersebelahan atau beririsan dengan bandwidth yang lebih kecil.

11. Multimode Dual SIM Dual Active

Meneruskan sebagai pendahulu dalam teknologi dual SIM sejak 2008, MediaTek juga kembali yang pertama merilis teknologi dual SIM terbaru yang disebut Multimode Dual SIM Dual Active. Artinya kedua koneksi SIM baik 5G maupun 4G dapat terkoneksi dan aktif secara bersamaan, sehingga meningkatkan smartphone Anda untuk menjadi sahabat multitasking dan produktivitas sehari-hari.

12. Wi-Fi 6E 2×2 (BW160)

Jika Anda ingin berinvestasi router rumah baru dengan Wi-Fi 6E (mungkin yang didukung oleh MediaTek Filogic 830?), manfaatkan alat tersebut dengan Dimensity 9000+. Ini bisa mengakomodasi pita 6 GHz baru dan bandwidth maksimum 160 MHz yang diizinkan oleh standar Wi-Fi 6E terbaru, sehingga memberikan kinerja tercepat; baik Anda menggunakan 5G atau Wi-Fi, kecepatan Anda akan selalu menakjubkan.

13. Cocok dan Lebih Bagus untuk Earbud Berlatensi Rendah

Di antara fitur keamanan dan konektivitas pada Bluetooth 5.3, pengguna akan mendapati tautan earbud latensi lebih rendah, sehingga mempercepat kecepatan audio saat dipasangkan dengan perangkat terbaru yang mendukung BT 5.3; seperti yang ditenagai oleh cip MediaTek Airoha.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs http://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs http://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”