Wisata  

Inilah Perkiraan Harga Makanan di Hongkong untuk Liburan

harian-nasional.com/ – Hongkong merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga Indonesia. Beberapa alasan menjadi penyebabnya, seperti kebijakan bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia selama 30 hari. Selain itu, harga tiket pesawat dari Indonesia ke Hongkong (PP) bisa didapatkan dari harga mulai Rp3.000.000

Lalu bagaimana dengan harga makanan di Hongkong? Jika dibandingkan dengan harga makanan di Indonesia tentu saja lebih besar, akan tetapi semua masih dalam tahap wajar. Perbandingannya pun tidak terlalu membuat kaget dompet.

Anda ingin berlibur ke Hongkong dan membutuhkan rincian perkiraan biaya yang dibutuhkan termasuk biaya makan? Informasi di bawah ini akan memberikan sedikit gambarannya. Tentu saja harga-harga yang tercantum pada artikel ini sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan lebih dulu ya! Sudah siap menghitung? Mari simak uraian berikut!

Nilai Tukar Rupiah Terhadap HKD

Merencanakan liburan dengan matang adalah keharusan. Tidak peduli kemana pun tujuannya, persiapan adalah wajib. Salah satu hal yang kerap dilupakan atau terlewat adalah melakukan cek atau mencari tahu nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara yang akan kita tuju.

Jika Anda berencana liburan ke Hongkong, cari tahu berapa nilai tukar rupiah terhadap Hongkong dollar atau HKD. Untuk saat ini, 1 HKD nilainya sama dengan Rp1.821,98, hampir Rp2.000.000 Informasi ini dapat membantu Anda menyusun estimasi biaya yang dibutuhkan selama liburan.

Setelah mengetahui nilai tukar rupiah terhadap mata uang yang berlaku di sana, Anda bisa mulai menghitung total uang yang dibutuhkan untuk berlibur. Termasuk biaya akomodasi, seperti transportasi dan penginapan. Persiapan semacam ini membantu Anda berlibur dengan tenang.

Perkiraan Biaya Makan di Hongkong untuk Satu Hari

* sumber: www.travelvui.com

Hal pertama yang dipikirkan selama liburan pasti jalan-jalan. Sudah terpikir serunya mengunjungi tempat-tempat wisata dan beberapa atraksi menarik di sana kemudian mengabadikannya lalu posting di media sosial. Hongkong memang terkenal dengan beberapa destinasi wisata yang seru untuk keluarga, misalnya Disneyland Hongkong.

Namun, Anda tidak akan punya tenaga untuk melakukan itu semua jika perut dalam keadaan kosong. Setuju? Oleh karena itu, selain membuat anggaran untuk membeli tiket masuk ke beberapa area wisata, penting juga untuk menganggarkan biaya makan.

Anggarkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk makan satu hari! Jika Anda membawa perbekalan makanan seperti mie instant atau sereal instant, biaya makan tentu akan lebih murah. Apabila tidak, mari hitung dan anggarkan untuk tiga kali makan dalam satu hari.

Satu kali makan dengan menu yang layak (nasi dan lauk atau mie) di Hongkong bisa menghabiskan biaya hingga 50 HKD atau sekitar Rp90.924. Dalam satu hari, artinya anggarkan biaya sebesar 150 HKD atau Rp272.772. Estimasikan saja uang makan ketika liburan di Hongkong sebesar Rp300.000/hari Apabila Anda ingin berlibur selama empat hari, maka siapkan budget sebesar Rp1.200.000 untuk makan saja.

Perkiraan sebesar itu tentu bergantung pada pengeluaran Anda. Semakin sering jajan, maka anggaran bisa semakin membengkak. Sebaliknya, semakin banyak perbekalan makanan yang dibawa, anggaran mungkin bisa ditekan.

Tempat Makan Terjangkau di Hongkong

* sumber: pescovegetarian.blogspot.com

Jajan atau membeli makanan di luar penginapan memang berisiko lebih mahal. Terlebih jika Anda merokok dan kehabisan “amunisi” selama liburan. Perlu diketahui bahwa harga sebungkus rokok lokal di Hongkong rata-rata sebesar 48 HKD atau Rp73.013. Sementara harga rokok merek internasional seperti Marlboro, Dunhil atau Camel bisa lebih mahal yaitu 60 HKD/bungkus atau Rp109.520.

Namun, Anda tidak usah khawatir sebab ada beberapa tempat makan di Hongkong yang membandrol harga tiap makanannya dengan cukup murah. Harga makanan di Hongkong, khususnya di tempat ini masih sangat terjangkau. Salah satunya adalah restoran yang menjual menu-menu Indonesia dan halal yang cukup terkenal di Hongkong. Penasaran? Ini dia pilihannya!

1. Toast Box (JD Mall)

Toast Box beralamat di Nathan Road, Jordan Shop B, G/F JD Mal, Hongkong. Di sini, Anda bisa mendapatkan makanan dengan harga yang terjangkau. Setiap hari tempat ini buka dari mulai pukul 08.00 pagi waktu setempat hingga pukul 22.00.

Di Toast Box, Anda bisa memesan menu paket sup makaroni atau paket roti. Masing-masing seharga 40 dan 38 HKD atau Rp 72.963 dan Rp 69.315. Dalam satu paket sup makaroni, Anda akan mendapat telur ceplok dan daging ham, lengkap dengan kopi. Soal porsi, cukup memuaskan. Harga makanan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu ya! Siapkan saja budget sedikit lebih longgar.

2. Ocean Empire

* sumber: www.openrice.com

Tempat makan cukup terjangkau di Hongkong yang lain adalah Ocean Empire. Ia beralamat di G/F 23 A Lock Road, Tsim Sha Tsui, Hongkong. Sekitar 0,6 Km dari Pelabuhan Victoria. Variasi menu yang dijual di sini cukup bermacam-macam. Seperti Chu Cheong Fun atau gulungan mie dari beras, Ocean Empire Congee atau bubur Ocean Empire.