Wisata  

Inilah 8 Item yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Korea!

harian-nasional.com/ – Berlibur ke negara Asia Timur seperti Korea Selatan memang membutuhkan persiapan ekstra, mengingat perbedaan iklim, cuaca, dan budaya di negara tersebut cukup kontras dengan negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.

Durasi berapa lama kamu tinggal pun sudah pasti mempengaruhi daftar perbekalan yang harus kamu bawa dalam koper. Lantas, apa sajakah yang list barang yang harus kamu persiapkan? Berikut ini Keluyuran telah merangkumnya sebagai berikut.

1. Dokumen Perjalanan

Dokumen perjalanan yang wajib kamu siapkan ketika akan mengunjungi negeri oppa Lee Min Ho ini antara lain adalah paspor, visa, tiket pesawat PP, asuransi perjalanan, reservasi penginapan, dan itinerary. Pastikan satu-persatu dari dokumen yang disebutkan di atas sudah kamu siapkan dengan baik, dan buatlah salinannya untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Dokumen perjalanan ini adalah hal yang paling penting sebelum memulai perjalanan ke luar negeri, bukan hanya ke Korea selatan namun juga negara lainnya. Jadi jangan anggap remeh! Siapkan serta jaga dokumen-dokumen ini dengan baik mulai dari keberangkatan hingga kembali lagi ke tanah air.

2. Uang Tunai

* sumber: uangindonesia.com

Tukarkan jutaan rupiahmu menjadi won sejak masih di tanah air. Hal ini mengantisipasi agar kurs yang diberlakukan lebih bagus jika dibandingkan apabila kamu menukarnya di money changer di Korea Selatan.

Selain perbedaan kurs, tentunya kamu harus meluangkan waktu lebih banyak untuk mencari money changer dan menukarkan uang di sana. Jadi selama masih memungkinkan, siapkan uang tunai secukupnya sebelum keberangkatan.

Ingat! Bawalah uang tunai secukupnya dan sesuaikan dengan itinerary wisatamu. Apabila kamu akan belanja dalam jumlah besar sebaiknya gunakan kredit card, dan pergunakan uang tunai untuk transaksi yang lebih kecil seperti di minimarket, membeli souvenir di pasar tradisional, atau untuk membeli jajanan di street food.

3. Pakaian

* sumber: istyle.id

Seperti kita ketahui, bahwa Korea Selatan terdiri dari 4 musim berbeda dengan perbedaan suhu yang cukup mencolok di setiap musimnya. Untuk itulah, pemilihan pakaian yang harus dikenakan bergantung pada musim apakah kamu akan berkunjung ke negeri Ginseng ini.

Dimulai dari pakaian untuk winter atau musim dingin, sebaiknya kamu detail mempersiapkan outfit di musim salju ini, mulai dari pakaian dalam, legging thermal, coat, kaos kaki, hingga topi kupluk dan syal hangat yang terbuat dari wool. Selengkapnya dapat kamu temukan di artikel Pakaian yang Harus Dibawa untuk Musim Dingin di Korea Selatan.

Sedangkan pada musim semi, cuaca cenderung terasa sejuk namun masih sedikit dingin untuk ukuran kamu yang berasal dari negara tropis. Kamu bisa menanggalkan syal dan kupluk dari bahan wool dan menggantinya dengan topi atau jaket yang tidak terlalu tebal. Selengkapnya, Keluyuran telah merangkum gaya berpakaian di musim semi, musim panas, dan juga musim gugur.

4. Obat-obatan Pribadi

Terlepas dari faktor cuaca, obat-obatan pribadi memang wajib kamu bawa setiap kamu pergi libur. Apalagi di negara 4 musim seperti Korea Selatan. Khususnya ketika musim dingin, kamu yang berasal dari negara tropis dan baru pertama kali merasakan suhu minus, pasti tubuhmu mengalami kesulitan beradaptasi sehingga tidak jarang menimbulkan gangguan kesehatan seperti mimisan, kram, masuk angin, flu, hingga demam.

Maka dari itu, untuk berjaga-jaga, bawalah obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi gangguan kesehatan yang mungkin terjadi. Selain itu, jangan lupa untuk selalu konsumsi vitamin selama liburan.

5. Wifi Portable atau Sim Card

* sumber: pocketwifikorea.com

Meskipun Korea Selatan terkenal dengan wifi gratis yang tersebar di berbagai ruang publik, namun bukan berarti kamu bisa mengandalkan wifi gratis tersebut di setiap tempat yang akan kamu kunjungi.

Biasanya wifi gratis ini hanya ditemukan di tempat-tempat tertentu seperti di stasiun subway, coffee shop, dan juga penginapan. Untuk itu, tetap penting untuk memiliki koneksi internet yang selalu ON guna melancarkan kegiatan travelingmu.

Bukan hanya sekedar untuk mengupdate platform sosial media, akses internet penting untuk mengupdate segala informasi yang kamu butuhkan seperti info transportasi, tempat makan, dan fitur aplikasi, harga tiket pertunjukkan, dan masih banyak lagi. Dan untuk memperoleh akses tersebut kamu bisa menyewa Wifi portable ataupun membeli SIM card lokal disana.

Baik membeli SIM card lokal ataupun menyewa Wifi portable, semuanya bergantung pada kebutuhan dan budget yang kamu alokasikan. Masing-masing pun memiliki kelebihan tersendiri.

Rental wifi portable dapat lebih ekonomis jika kamu berangkat bersama beberapa teman sehingga bisa sharing cost. Sedangkan SIM card lokal terhitung lebih praktis karena kamu tidak perlu repot untuk mengambil atau mengembalikan pocket wifi ke outlet penyedianya.