Wisata  

Inilah 7 Oleh-Oleh Khas Dumai yang Paling Banyak Dicari

harian-nasional.com/ – Apakah kamu pernah mendengar nama Dumai? Dumai sendiri merupakan sebuah kota yang letaknya berada di provinsi Riau, Indonesia.

Dari beberapa informasi yang beredar, kota Dumai memiliki jumlah penduduk yang relatif sedikit yakni hanya sekitar 15.699 jiwa saja.

Meskipun demikian, kota ini sangat terkenal dengan kekayaan alamnya. Salah satunya yaitu kekayaan minyak yang cukup melimpah, tidak heran jika kota ini dijuluki sebagai kota industri.

Selain terkenal sebagai kota industri, di kota Dumai juga terdapat beberapa pelabuhan dan tempat-tempat wisata yang banyak diburu oleh para turis maupun wisatawan lokal.

Berbicara mengenai tempat wisata, belum lengkap rasanya apabila kita mengunjungi suatu tempat tanpa mencicipi atau membawa pulang oleh-oleh khas dari kota tersebut. Sama seperti kota-kota lainya, tentu saja Dumai juga memiliki wisata kuliner yang khas.

Bagi kamu yang sedang mengunjungi kota Dumai, berikut ini adalah 7 oleh-oleh khas dumai yang paling banyak dicari. Ingin tau apa saja? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya

1. Dodol Nenas

Selain menjadi oleh-oleh khas jawa barat, dodol juga jadi salah satu buah tangan yang tidak boleh kamu lewatkan ketika mengunjungi kota Dumai.

Cemilan yang satu ini terbuat dari bahan dasar buah nanas yang kemudian dipadukan dengan beberapa bahan lainya, sehingga menjadi sebuah dodol yang siap saji. Dodol nenas ini kerap kali dijadikan pilihan bagi para wisatawan yang sedang mencari oleh-oleh.

Karena keberadaan dodol nenas cukup terkenal, tentu saja akan sangat mudah untuk kamu bisa menemukan cemilan manis yang satu ini. Dodol nenas biasanya sering dijajakan di beberapa tokoh atau pusat oleh-oleh dumai.

2. Bolu Kemojo

Masih seputar makanan manis, rekomendasi oleh-oleh dari dumai yang banyak dicari selanjutnya yaitu bolu kemojo. Dikenal sebagai makanan khas dumai, bolu kemojo sendiri biasanya sering dijumpai pada acara-acara tertentu, contohnya seperti acara hajatan.

Meskipun demikian, bolu kemojo bisa dengan mudah kamu temui di beberapa tokoh atau pusat oleh-oleh yang ada di kota Dumai.

Tidak sedikit juga para wisatawan yang memilih bolu kemojo untuk dijadikan buah tangan. Terkenal dengan rasanya yang manis dan nikmat, bolu kemojo terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang kemudian ditambahkan dengan berbagai macam adonan lainya.

Bagi kamu yang belum pernah mencoba makanan yang satu, jangan lupa untuk mencicipinya ketika berkunjung ke Dumai ya!

3. Lempuk Durian

Buah durian cukup populer di kalangan masyarakat, bahkan hampir semua orang mengetahui buah yang satu ini.

Namun, apakah kamu pernah mendengar makanan bernama lempuk durian? Apabila kamu pecinta durian, oleh-oleh yang satu ini wajib untuk kamu bawa pulang!

Lempuk durian sendiri merupakan olahan makanan yang terbuat dari bahan dasar durian yang dicampur dengan gula pasir.

Packaging dari lempuk durian ini bisa dibilang sangat tradisional, lempuk durian biasanya dibungkus menggunakan daun jagung, seperti gambar di atas.

Rasanya yang lezat dan manis membuat makanan yang satu ini banyak disukai wisatawan. Terlebih untuk kamu pecinta durian, sepertinya oleh-oleh yang satu ini wajib untuk kamu masukan ke dalam list, jangan sampai terlewat ya!

4. Keripik Cabe Dumai

Jika tadi sudah menelusuri makanan yang manis-manis, maka sekarang ini Keluyuran akan mengajakmu untuk mencicipi makanan dengan cita rasa gurih dan renyah, apalagi kalo bukan keripik!

Siapa sih yang tidak menyukai keripik, sepertinya makanan yang satu ini selalu jadi cemilan yang favorite. Apalagi jika disantap ramai-ramai bersama teman maupun keluarga.

Ada salah satu keripik yang cukup terkenal di kota Dumai yaitu bernama keripik cabe Dumai. Sesuai namanya keripik ini memiliki cita rasa yang pedas, gurih dan renyah.

Meskipun terkenal dengan rasanya yang pedas namun kamu tidak perlu khawatir, karena rasa pedas yang ditawarkan masih bisa dinikmati kok.

Keripik cabe Dumai sendiri dibuat menggunakan cabai segar yang isinya sudah dibersihkan. Jadi, meskipun rasanya pedas masih tetap aman untuk dikonsumsi.

Ide yang sangat bagus apabila kamu memilih cemilan yang satu ini untuk dijadikan oleh-oleh. Bagi kamu yang tertarik ingin mencicipi cemilan yang satu ini, kamu bisa dengan mudah menemukannya di beberapa pusat oleh-oleh Dumai.

5. Bubur Lambuk

Bubur jadi salah satu makanan khas Indonesia, seperti kita ketahui bahwa setiap daerah biasanya menyajikan bubur dengan berbagai jenis serta ciri khas masing-masing.

Ada bubur ayam, bubur ketan, bubur kacang dan masih banyak lagi. Apabila kamu berkunjung ke daerah Dumai, ada salah satu bubur yang cukup terkenal di kota ini yaitu bernama bubur lambuk.

Mengingat teksturnya yang lembut dan basah , mungkin akan lebih baik jika kamu mencicipinya secara langsung. Meskipun tidak bisa dijadikan oleh-oleh, setidaknya kamu sudah pernah mencicipi kuliner khas dari kota ini.

Jadi, tidak ada salahnya apabila kamu menjadikan bubur lambuk ini sebagai alternatif kuliner Ketika berkunjung ke kota Dumai.