Wisata  

Inilah 10 Pantai di Blitar yang Seru untuk Dikunjungi

harian-nasional.com/ – Blitar, sebuah kota kecil di Jawa Timur yang letaknya di selatan Pulau Jawa. Kota ini menjadi tempat dimana Presiden Ke-1 Republik Indonesia dimakamkan. Blitar tentu menyimpan banyak sejarah yang bisa dipelajari.

Blitar memiliki banyak destinasi wisata menarik dan seringkali dijadikan sebagai tempat wisata kuliner, wisata sejarah dan religi bagi yang berziarah ke makam Bung Karno. Namun, tak hanya itu, kota ini juga kaya akan wisata alam.

Terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, Blitar memiliki deretan pantai cantik yang belum banyak diketahui wisatawan. Biasanya, traveler mengunjungi pantai di Malang atau Banyuwangi. Padahal di Blitar juga teradapat pantai yang memesona.

Kali ini, Keluyuran akan menginformasikan 10 pantai cantik di Blitar yang bisa jadi referensi liburanmu selanjutnya. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Pantai Tambakrejo

Pertama, ada Pantai Tambakrejo yang bisa kamu tempuh selama kurang lebih 1 jam dari Kota Blitar. Perjalanan menuju ke sini, kamu akan melewati jalanan yang berliku-liku dengan pemandangan perbukitan yang indah.

Kamu perlu berhati-hati ketika melewati jalanan menuju Pantai Tambakrejo karena dapat ditemukan turunan dan tikungan tajam. Pantai Tambakrejo terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, di ujung timur terdapat pantai berpasir seperti pantai pada umumnya.

Kedua, di bagian tengah terdapat pemecah ombak. Ketiga, di paling barat terdapat pantai yang sedang dibangun dermaga kapal. Pantai Tambakrejo juga dilengkapi dengan warung makan di pinggir pantai yang menjual seafood.

    Alamat : Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

    Operasional : 24 jam

    Tiket Masuk : Rp3.000/orang

2. Pantai Serang

Pantai Serang berjarak 45 km arah barat daya Kota Blitar. Pantai ini dijadikan sebagai tempat untuk ritual tradisional Larung Saji setiap tanggal 1 Suro. Pantai Serang dihiasi hamparan pasir putih bersih yang landai dengan ombak yang tidak terlalu deras. Pantai ini sering disebut juga sebagai Batu Lintang oleh warga sekitar karena terdapat bebatuan yang berkilau.

Pantai Serang masuk ke dalam komplek kawasan wisata dengan dua pantai lain di sekitarnya. Jika kamu melintasi bukit dan menelusuri jalan setapak, terdapat pantai yang tidak terlalu luas. Namun jika kamu meneruskan perjalanan ke arah barat, di sini terdapat pantai yang paling luas di antara tiga pantai yang ada di sini.

    Alamat : Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

    Operasional : 24 jam

    Tiket Masuk : Rp3.000/orang

3. Pantai Gondo Mayit

Blitar memiliki pantai dengan penamaan yang unik tetapi menyimpan pesona yang sangat indah. Pantai Gondo Mayit namanya. Pantai ini mungkin tidak asing di kalangan wisatawan. Namanya yang unik dan cenderung mistis, menjadikan pantai ini membuat orang lain penasaran dan menarik untuk dikunjungi.

Penamaan Pantai Gondo Mayit bermula pada zaman dahulu di sini ditemukan banyak mayat hingga tercium bau mayat di sekitar pantai. Akhirnya pantai ini dinamakan Pantai Gondo Mayit yang berarti “bau mayat”. Meski namanya terkesan seram, Pantai Gondo Mayit sangat memesona dengan pasir putih bersih dan laut biru yang indah.

    Alamat : Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

    Operasional : 24 jam

    Tiket Masuk : Rp7.000/orang

4. Pantai Umbul Waru

Jika di Pacitan ada Pantai Banyu Tibo, Blitar juga memiliki pantai dengan air terjun yang unik. Pantai Umbul Waru namanya. Pantai ini terbilang sempit jika dibandingkan dengan Pantai Tambakrejo.

Terdapat tebing karang membuat Pantai Umbul Waru hanya bisa dikunjungi ketika air laut surut, ketika pasang maka seluruh permukaan pantai akan tertutup air. Letak Pantai Umbul Waru cukup tersembunyi dan jauh dari pemukiman warga.

Kamu perlu mempersiapkan kondisi kendaraan dengan sangat baik, karena jalur yang dilalui cukup terjal. Kamu bisa melewari Goa Embultuk atau Monumen Trisula untuk bisa sampai di pantai ini. Lelahnya di perjalanan akan terbayarkan setelah kamu tiba di Pantai Umbul Waru.

    Alamat : Kalibawang, Sidomulyo, Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

    Operasional : 24 jam

    Tiket Masuk : Gratis

5. Pantai Serit

Pantai Serit merupakan salah satu pantai yang masih dalam satu kawasan dengan Pantai Serang. Pantai ini terbilang sangat sepi jika dibandingkan dengan Pantai Serang karena akses menuju ke sini masih belum tersedia dengan baik. Kamu perlu berjalan kaki sejauh satu kilometer dari Pantai Serang untuk bisa sampai di pantai ini.

Pasir Serit memiliki garis pantai yang cukup panjang, dihiasi pasir berwarna kehitaman, dan terdapat baru karang besar di tengah laut bagian kanan. Buat kamu yang tidak suka tempat ramai, Pantai Serit bisa dijadikan sebagai tujuan untuk berwisata.

    Alamat : Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

    Operasional : 24 jam

    Tiket Masuk : Gratis

6. Pantai Banteng Mati

Jika berkunjung ke Pantai Tambakrejo, kamu bisa juga singgah di Pantai Banteng Mati, karena jaraknya tidak terlalu jauh. Namun, akses menuju Pantai Banteng Mati masih terbilang sulit. Jalur tanah bergelombang akan kamu lewati untuk menuju pantai ini.