Ini Yang Terjadi Pada Mobil Jika Satu Sisi Menggunakan Ban Mobil Beda

harian-nasional.com/

Pilihan ban sangat penting dalam semua kondisi untuk mendapatkan traksi dan cengkraman ke jalan. Untuk perawatan, banyak yang menyarankan untuk mengganti ban sekaligus. Mencampur merek dan tipe yang berbeda dapat menciptakan ketidakseimbangan yang membahayakan. Buktinya? Motor1 menunjukan kepada Anda bagaimana jika BMW M2 menggunakan ban mobil beda di kedua sisinya.

Penelitian terbaru menunjukan ban berbeda digunakan pada BMW M2

Video yang dirilis oleh Tyre Reviews di YouTube ini menampilkan skenario dimana sebuah BMW M2 yang menyalurkan 405 daya kuda ke roda belakang mendapatkan satu ban yang berbeda. Seperti yang ditunjukan pada video berdurasi 11 menit, keputusan tersebut adalah sebuah kesalahan.

Sebagai permulaan, mencampur merek ban yang berbeda sering menghasilkan perubahan yang nyata pada cengkraman kendaraan. Senyawa ban, kekakuan dinding samping ban, pola tapak sangat berpengaruh terhadap kinerja ban. Dan jika keempatnya tidak cocok, masing-masing akan saling mengganggu satu sama lain.

Yang patut dihindari adalah mengganti satu ban yang berbeda dalam satu poros roda. Jadi, jika Anda merasa salah satu ban sudah mengalami keausan yang tinggi, disarankan setidaknya untuk mengganti satu pasang ban pada poros yang sama. Jika itu ban depan, Anda bisa mengganti dua ban depan kiri dan kanan, begitupun ban belakang.

Menggunakan ban yang berbeda sangat berpengaruh pada handling serta keselamatan berkendara. Terlebih bagi Anda pengguna mobil dengan penggerak semua roda. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan satu ban mobil beda untuk mobil Anda. Jika merasa satu ban sudah mengalami keausan, sebaiknya semua ban diganti dengan satu merek dan kondisi yang sama.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”