Ini Dia Fakta Menarik Piala Oscar 2019

harian-nasional.com/ – Academy Awards atau Piala Oscar 2019 telah diselenggarakan dan banyak menyita perhatian publik. Siapa sajakah yang menjadi Raja di Piala Oscar tahun ini?

Kali ini Finansialku akan membahas berita mengenai piala Oscar 2019. Untuk lebih jelasnya simak artikel di bawah ini selengkapnya.

Rubrik Finansialku

Academy Awards atau Piala Oscar 2019

Perayaan Piala Oscar 2019 kini tengah menjadi berita hangat yang dijadikan bahan perbincangan dunia. Acara ini merupakan salah satu event tahunan yang paling bergengsi.

Academy Award atau yang sering dikenal Piala Oscar merupakan penghargaan film Amerika. Ini dilakukan untuk menghargai karya-karya dalam industri perfilm-an hollywood.

[Baca Juga: Penuh Inspirasi! Belajar Investasi dari Film The Big Short (2015)]

Dalam penghargaan ini ada beberapa kategori. Penghargaan yang diberikan itu berupa sebuah patung oleh Academy Award of Merit. Piala Oscar diadakan dari tahun 1929 hingga saat ini 2019.

Terhitung tahun ini perayaan piala Oscar yang ke-91. Setiap tahun, kemeriahan piala Oscar ini sangat dinantikan, terutama bagi pecinta film-film Hollywood.

Piala Oscar 2019 pada Minggu (24/2/2019) pukul 08.00 PM, atau Senin (25/2/2019) pukul 08.00 WIB diselenggarakan oleh pihak The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS).

Perebutan Piala Oscar 2019 berlangsung di Gedung Dolby Theatre Los Angeles Amerika Serikat. Jumlah kategori dalam Piala Oscar ini ada sebanyak 24 kategori.

Film Green Book garapan sutradara Peter Farrelly memenangkan dua nominasi yaitu film terbaik dan kategori pemain pendukung pria terbaik yang diterima Mahershala Ali.

Green Boo adalah film yang berceritakan tentang persahabatan seorang Pianis Jazz Afro-Amerika, Don Shirley Jr dengan supir kulit putihnya.

Film ini bisa mengalahkan nominasi lain seperti Black Klansman, Vice dan Bohemian Rhapsody. Sementara itu film Netflix Roma menang dengan kategori sutradara terbaik, sinematografi terbaik dan film berbahasa asing terbaik.

Bohemian Rhapsody Borong Piala Oscar 2019

Film yang masuk kedalam nominasi dimulai dari Black Panther, Green Book, Bohemian Rhapsody, Roma, First Man hingga A Star Is Born. Pada tahu ini Piala Oscar banyak dimenangkan oleh Bohemian Rhapsody.

Bintang utama dari Bohemian Rhapsody yaitu Rami Malek ini pun menyabet Piala Oscar 2019 paling banyak dibanding film-film lainnya.

Film ini mengangkat kisah hidup Freddie Mercury ini telah beberapa kali diumumkan memenangkan sejumlah nominasi. Tercatat ada 4 kategori yang dimenangkan.

Mulai dari Film Editing, Sound Editing, Sound Mixing, hingga Best Actor. Film Bohemian Rhapsody ini laku keras di bioskop-bioskop Indonesia dan menyita perhatian dari banyak orang di seluruh penjuru dunia.

[Baca Juga: Guys, Ini Cara Sukses dan Kaya Ala Film Crazy Rich Asians]

Jadi tidak heran jika Bohemian Rhapsody menyabet Piala Oscar terbanyak. Bukan hanya filmnya saja yang mendapatkan piala Oscar. Pemeran utamanya pun yaitu Rami Malek juga ikut menjadi juara dengan kategori Best Actor.

Keberhasilan Bohemian Rhapsody ini terbayarkan. Karena dalam pembuatan filmnya ini menghabiskan biaya produksi sebesar US$52 Juta setara dengan Rp727 miliar.

Namun jumlah dana yang dikeluarkan pun setara dengan pendapatannya. Sepanjang pemutaran film Bohemian Rhapsody, total pendapatannya mencapai US$ 846,3 juta atau Rp11 triliun.

Respon masyarakat terhadap film ini ternyata diakui dan terbukti kini Bohemian Rhapsody dapat memborong Piala Oscar sekaligus.

Kemegahan Panggung Academy Awards 2019

Piala Oscar menyita perhatian publik saat ini, selain dari para aktor yang terlibat didalamnya, mata publik pun akan tertuju pada lokasi yang digunakan dalam pergelaran ini.

Dolby Theatre yang berada di Los Angeles ini sebelumnya dikenal dengan nama Kodak Theatre. Tempat ini merupakan ruangan serba guna yang dirancang khusus untuk berbagai acara siaran langsung, pertunjukan.

[Baca Juga: Kepemimpinan Bisnis yang Efektif Terlihat Dalam Film Moneyball (2011)! Ingin Tahu?]

Ruang serba guna ini pun merupakan tempat diselenggarakannya Academy Awards. Pertama kali melihat Panggung ini tentu semua mata akan tertuju pada desain dan sebuah replika rambut palsu yang berada di depan panggung.

Desain gedung ini hasil karya David Rockwell dari Rockwell Group. Teater ini memiliki luas 16.722 meter persegi dengan panggung berukuran panjang 65 meter dan lebar 45 meter yang digadang-gadang sebagai panggung terbesar di Amerika Serikat.

Dalam setiap pergelaran penghargaan pasti akan selalu terlihat karpet merah. Dimana para nominasi serta tamu undangan akan berjalan diatasnya dengan menggunakan pakaian yang sangat mewah.

Kali ini pembicaraan juga beralih ke desain panggung yang memiliki estetika rumit dengan memiliki 4 desain panggung yang berbeda. Panggung ini kini menjadi bahan perbincangan karena dianggap menyerupai rambut.

Panggung ini ternyata memiliki konsep yang berbeda dari interpretasi orang banyak. Panggung ini menghabiskan dana sebesar US$94 Juta.

David Korins yang bekerja sama dengan Swarovski. Kolaborasi itu menghadirkan konsep desain berupa awan.

Ternyata yang dikira mirip rambut itu adalah awan yang berhiaskan 41 ribu Kristal yang memantulkan cahaya agar dapat memberikan kesan mewah dan megah.

Pembuatan Kristal itu memakan waktu hingga 2.100 jam yang dikerjakan oleh 15 orang.

Aktor Besar Ini Belum Pernah Menang Piala Oscar

Piala Oscar tentu menjadi penghargaan yang sangat diimpikan oleh setiap para pekerja seni di bidang perfilman. Tapi tidaklah mudah untuk mendapatkan piala tersebut.

Meski memiliki kemampuan acting yang memukau, film sering masuk box office pun belum dapat jadi jaminan bagi seorang actor akan membawa pulang Piala Oscar.

Seperti yang terjadi pada aktor berikut ini yang telah bergelut di dunia perfilman berpuluh-puluh tahun, tapi belum pernah memegang piala penghargaan bergengsi itu.

#1 Peter O’Toole

Peter O’Toole

Aktor asal Irlandia berkecimpung di dunia film sejak 1954 hingga 2012 yang telah menghembuskan nafas terakhirnya pada 2013. Selama kariernya itu, O’Toole tidak pernah berhasil merebut piala Oscar.

Padahal O’Toole telah masuk nominasi Oscar sebanyak delapan kali hingga filmnya yang terakhir “Venus” pada 2006.

#2 Johnny Depp

Johnny Depp

Johnny Depp merupakan salah satu aktor yang dapat membintangi berbagai film dengan karakter yang berbeda beda. Bintang “Pirates of The Caribbean” ini pernah meraih tiga kali nominasi Piala Oscar.

Seperti Film Pirates of The Caribbean, Finding Neverland, Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street. Namun Johnny Depp belum bisa memegang Piala Oscar hingga saat ini.

#3 Alan Rickman

Alan Rickman

Siapa sih yang tidak kenal aktor ini, bagi pecinta film Harry Potter tentu mengetahui Alan Rickman yang berperan sebagai Severus Snape. Kepiawaiannya dalam acting di film tersebut patut diacungi jempol.

Tapi kenyataannya Alan Rickman meski telah menghasilkan 40 film yang dibintanginya, hingga akhir hidupnya belum pernah masuk kedalam nominasi sehingga tidak pernah mendapatkan Piala Oscar.

#4 Tom Cruise

Tom Cruise

Tom Cruise berkarier di dunia perfilman kurang lebih 50 tahun. Pada tahun 1990 Tom Cruise pernah masuk nominasi Oscar kategori actor terbaik pada Film Born on the Fourth of July dan Jerry Maguire pada 1997.

Namun Tom Cruise harus menerima kenyataan jika belum bisa merebut Piala Oscar yang menjadi kebanggaan setiap orang.

Bisa dilihat bahwa kemampuan dalam ber-acting bukan jaminan untuk mendapatkan Piala Oscar. Sepertinya “Dewi Fortuna” belum berpihak kepada mereka.

Piala Oscar ini memang bukan sepenuhnya acuan sukses bagi pekerja seni. Tapi dengan adanya penghargaan ini setiap pegiat seni film akan merasa jika karyanya dihargai dan diakui oleh negaranya sendiri.

Salah satu hal yang ingin di capai setiap orang pastinya sukses dalam hal finansial. Apakah Anda sudah memiliki perencanaan keuangan yang tepat?

Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS, agar rencana keuangan Anda dapat tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Anda juga bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Apa tanggapan Anda setelah membaca berita tentang Fakta Menarik Piala Oscar 2019? Berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Yulaika Ramadhani 25 Februari 2019.Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2019 Green Book Menang Film Terbaik. Tirto.id – https://goo.gl/YGCcLh

    Rosita A. 25 Februari 2019. Populer Banget, 10 Aktor Besar Ini Justru Belum Pernah Menang Oscar. Idntimes.com – https://goo.gl/N7iqNK

    Boby. 25 Februari 2019. Berbiaya Rp 727 Miliar, Ini Fakta Bohemian Rhapsody Yang Sabet Banyak Oscar. Moneysmart.id – https://goo.gl/N3z3ju

Sumber Gambar

    Piala Oscar – https://goo.gl/KGZdGj

    Piala Oscar 2 – https://goo.gl/J2K6UC

    Rami Malek – https://goo.gl/fgdD1g

    Panggung Piala Oscar – https://goo.gl/ySRgMc

    O’Toole – https://goo.gl/DGoejH

    Johnny Depp – https://goo.gl/6Edowi

    Alan Rickman – https://goo.gl/xpBzc7

    Tom Cruise – https://goo.gl/D9yUwp