Tekno  

Ini Dia 6 Lokasi Pabrik Samsung di Dunia, Salah Satunya di Cikarang

Ini Dia 6 Lokasi Pabrik Samsung di Dunia, Salah Satunya di Cikarang

harian-nasional.com/ – Sebagai salah satu produsen ponsel terbesar di dunia, Samsung memiliki sejumlah pabrik yang tersebar di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Selain Indonesia, pabrik tersebut ada di China hingga Brasil. Di sana, ponsel-ponsel Samsung dirakit dan dikirim.

Berbagai riset bahkan menujukkan bahwa perusahaan asal Korea Selatan itu bisa mengirim ratusan juta unit ponsel setiap tahunnya ke berbagai negara.

Nah, untuk menunjang aktivitas tersebut, diperlukan jaringan manufaktur atau pabrik yang mumpuni. Dengan begitu, kebutuhan konsumen akan selalu terpenuhi

Samsung sendiri memiliki sejumlah pabrik perakitan ponsel yang berlokasi di beberapa negara termasuk di Indonesia. Berikut ini rinciannya.

1. Indonesia

Samsung memiliki pabrik di Indonesia, tepatnya di wilayah Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini dibuka tahun 2015 dengan kapasitas produksi sekitar 800.000 unit per tahun.

Aneka ponsel baik flagship maupun entry-level yang dipasarkan di Indonesia, diproduksi di pabrik Samsung itu.

2. Vietnam

Sebagian besar ponsel Samsung dirakit di pabrik yang berlokasi di Vietnam. Terletak di provinsi Thai Nguyen, pabrik Samsung ini memproduksi smartphone , tablet dan perangkat wearable.

Manufaktur Samsung di Vietnam mampu memproduksi 120 juta unit per tahun. Adapun produk yang dirakit di pabrik Samsung di Vietnam ini didistribusikan ke pasar seperti Amerika Utara dan Eropa.

3. India

India menjadi lokasi pabrik Samsung yang terbesar dibanding lainnya. Selain ukurannya yang besar, kapasitas produksi ponsel di pabrik Samsung di India juga menjadi yang terbesar di dunia, menyaingi kapasitas produksi enam pabrik Samsung di Vietnam.

Pabrik Samsung di India berlokasi di Noida, Uttar Pradesh, India dengan kapasitas produksi mencapai 120 juta unit per tahun.

Produk tersebut mayoritas dipasarkan di pasar India karena jumlah konsumennya yang tinggi. Kendati begitu, Samsung juga mengekspor ponsel buatan India ke pasar seperti Eropa, Afrika dan Asia Barat.

4. Korea Selatan

Samsung juga memiliki pabrik di negara asalnya, Korea Selatan. Di sinilah sebagian besar komponen perangkat Samsung dibuat oleh entitas milik Samsung lainnya.

Kendati menjadi markas utama perusahaan, pabrik ponsel Samsung di Korea Selatan hanya berkontribusi kurang dari 10 persen, dari total pengiriman ponsel global Samsung.

Unit ponsel yang diproduksi di fasilitas ini juga utamanya ditujukan untuk pasar lokal, dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Jumat (5/5/2023).

5. Brasil

Samsung juga memiliki pabrik yang berlokasi di Brasil. Pabrik Samsung di Brasil didirikan pada tahun 1999 dengan jumlah karyawan mencapai 6.000 orang lebih. Adapun unit ponsel yang dirakit di fasilitas ini disebarkan ke wilayah Amerika Latin.

6. China

China merupakan pusat manufaktur global. Sejumlah perusahaan teknologi ternama memilih China sebagai lokasi perakitan produknya, termasuk Apple.

Samsung sendiri memiliki fasilitas perakitan ponsel di China. Namun, Samsung memilih menutup pabriknya itu pada tahun 2019.

Pasalnya, pangsa pasar Samsung di negara Tirai Bambu itu terus turun hingga di bawah 1 persen akibat persaingan yang ketat di pasar lokal.

Samsung kemudian memakai pihak ketiga untuk merakit ponsel yang dipasarkan di China.

Itulah lokasi pabrik Samsung yang tersebar di seluruh dunia. Terlepas dari lokasi pabrik Samsung satu dan lainnya yang berbeda, perusahaan menetapkan standar kualitas yang sama.

Jadi, di atas kertas, kualitas produk Samsung yang dirakit di Indonesia maupun India, sama seperti di negara lainnya.