Karir  

Ini 10 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Perempuan di Tahun 2021

harian-nasional.com/ – Dewasa ini, bukan hanya laki-laki yang bisa memiliki pekerjaan dengan upah besar. Sebagai perempuan, kamu juga mempunyai peluang untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi, lho.

Perkembangan zaman telah mendorong banyak sektor pekerjaan untuk menawarkan upah yang besar bagi perempuan. Bahkan, hasil riset Business Insider menunjukkan bahwa kini perempuan memperoleh 81% dari gaji laki-laki.

Hal tersebut merupakan sebuah kemajuan yang pesat, di mana 20 tahun lalu, perempuan hanya menggarap 61% dari upah laki-laki.

Menurut Bureau of Labor Statistics, terdapat beragam sektor pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi untuk perempuan. Seperti para pekerja kesehatan, hukum, hingga manajemen industri.

Namun, apa saja jenis profesi dengan upah besar yang bisa dijajal oleh perempuan? Berikut 10 pilihan kariernya yang sudah Glints kurasikan untukmu.

© Glints

1. CEO

© Freepik.com

Siapa bilang hanya laki-laki yang bisa jadi pemimpin? Buktinya, menyadur laman USA Today, CEO atau chief executive officer merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi yang bisa diambil perempuan.

Tugas mereka umumnya adalah untuk merancang, mengatur, dan mengawasi kegiatan operasional suatu perusahaan.

Pekerjaan yang terkenal prestise ini juga menuntut kamu untuk menggiring para karyawan agar bisa mencapai target perusahaan.

Profesi satu ini bisa dikatakan sebagai penentu keberhasilan perusahaan. Dengan tanggung jawab yang sangat besar, tidak heran bila seorang CEO bisa diberikan upah yang amat besar.

Sebagai salah satu profesi dengan gaji tertinggi di dunia, CEO sepertinya bisa menjadi opsi bagi kamu yang memiliki segudang pengalaman kepemimpinan dan menguasai beragam skill manajerial.

2. Manajer departemen IT

© Pexels.com

Melansir College Consensus, manajer departemen IT merupakan salah satu pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi untuk perempuan.

Tugas utama mereka adalah untuk merancang, mengoordinasi, menerapkan, dan menganalisis proyek yang berhubungan dengan teknologi dan informasi.

Tanggung jawab mereka kerap kali melibatkan banyak pekerjaan lapangan.

Hal itu bisa berupa mengelola sistem software dan hardware di kantor, mengembangkan database web manajerial, serta merancang pendekatan dan strategi IT perusahaan.

Sebagian besar manajer IT memiliki gelar sarjana di bidang sistem informasi. Namun, banyak juga yang memiliki gelar pascasarjana yang lebih spesifik.

3. Manajer keuangan

© Freepik.com

Pekerjaan selanjutnya yang menawarkan upah besar untuk pekerja perempuan adalah sebagai manajer keuangan perusahaan.

Tanggung jawab profesi ini melibatkan pengelolaan keuangan perusahaan, mengatur alur gaji karyawan, dan mencegah risiko kerugian mengganggu kemajuan bisnis.

Manajer keuangan umumnya bekerja secara langsung bersama dewan direksi dan tim risk management guna merancang strategi terkait pengelolaan finansial perusahaan.

Meskipun terlihat menarik, kamu membutuhkan pengalaman yang cukup serta gelar master di bidang ekonomi agar bisa meniti karier sebagai manajer keuangan.

4. Apoteker

© Freepik.com

Profesi apoteker juga menawarkan gaji yang tinggi bagi perempuan, lho.

Menurut Fairy God Boss, tugas mereka adalah untuk mengelola dan memberikan obat kepada pasien yang telah menerima resep dari dokter.

Apoteker juga terkadang bertugas untuk menawarkan nasihat terkait penggunaan obat kepada para pasien.

Sebagian besar apoteker dapat ditemukan di apotek dan toko obat. Akan tetapi, kini banyak juga yang bekerja di rumah sakit atau lingkungan medis lainnya.

Dikarenakan profesi ini berhubungan dengan kesehatan manusia, kamu harus memiliki gelar farmasi dan izin praktik jika ingin menjadi seorang apoteker.

5. Manajer marketing dan sales

© Rawpixel.com

Menurut riset USA Today, manajer marketing dan sales merupakan salah satu pekerjaan yang menawarkan gaji tertinggi untuk perempuan di Amerika Serikat.

Profesi ini bertanggung jawab untuk meneliti dan mengembangkan strategi marketing dan merencanakan serta rencana penjualan baru untuk perusahaan.

Manajer marketing dan sales juga akan mengelola staf mereka sendiri dan melakukan tugas manajerial untuk memenuhi tujuan operasional perusahaan.

Melihat tanggung jawabnya yang besar, wajar saja rasanya bila pekerjaan ini akan dibayar dengan upah yang besar.

Jika ingin meniti karier sebagai manajer marketing dan sales, kamu harus memiliki pengalaman yang memadai.

Dalam beberapa kasus, diperlukan pula gelar pascasarjana dari prodi komunikasi, marketing, atau manajemen.

6. Pengacara

© Rawpixel.com

Menurut The Balance Careers, pekerjaan untuk perempuan dengan gaji tinggi lainnya yang bisa kamu pilih adalah pengacara.

Sebagai pengacara, kamu bertugas untuk memberikan konsultasi, sekaligus mewakili klien, seperti badan usaha, NGO, organisasi negara, ataupun individu dalam menghadapi permasalahan hukum.

Melihat tanggung jawabnya yang cukup menantang, kamu membutuhkan gelar sarjana dan sertifikat pelatihan resmi dari fakultas hukum jika ingin menjadi pengacara.

Bahkan, di Amerika Serikat, peminat harus mengikuti dan lulus ujian sebagai pengacara di negara bagian masing-masing.

7. Manajer HRD

© Freepik.com

Seorang manajer human resources department (HRD) bertanggung jawab untuk merekrut, mewawancarai, dan mempekerjakan karyawan baru.

Posisi ini mengurus permasalahan gaji, fasilitas, dan pelatihan di dalam perusahaan. Pegiat HRD juga harus siap menghadapi konflik di tempat kerja dan menyelesaikannya.

Dengan tanggung jawab sebesar itu, tidak heran jika manajer HRD merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk perempuan.

Untuk menjadi seorang pemimpin di bidang HRD, terkadang ada syarat pendidikan S1 hukum atau psikologi.

Kamu juga diharapkan mengerti Undang-Undang Ketenagakerjaan, mampu membuat kontrak kerja karyawan, serta memahami masalah kesejahteraan kerja.

8. Software developer

© Freepik.com

Nah, untuk kamu yang tertarik di bidang teknologi, kamu bisa mempertimbangkan software developer sebagai pilihan kariermu.

Tugas utama pekerjaan ini adalah untuk merancang dan membuat aplikasi pada komputer.

Salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk perempuan ini juga menuntutmu untuk menganalisis kebutuhan pengguna aplikasi dan meningkatkan kualitasnya agar jumlah penjualan bisa meningkat.

Untuk meniti karier sebagai Software Developer, kamu perlu menguasai pengetahuan tentang algoritma, logika, metode, dan model pemrograman.

Selain itu, kamu juga harus memahami bahasa pemrograman dan tentunya bahasa Inggris.

9. Praktisi keperawatan

© Freepik.com

Berbeda dengan tanggung jawab seorang perawat, praktisi keperawatan bertugas untuk mengelola dan mengoordinasikan sesi perawatan para pasien.

Mereka bisa bekerja secara mandiri atau bersama seorang dokter. Praktisi keperawatan juga bertanggung jawab untuk menyediakan perawatan kesehatan primer dan khusus.

Pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi untuk perempuan ini disebut juga sebagai advanced practice registered nurses (APRN) dan harus memiliki setidaknya gelar master di bidang keperawatan.

10. Chemical engineer

© Freepik.com

Pekerjaan terakhir yang menawarkan gaji tinggi untuk perempuan adalah chemical engineer.

Pekerjaan ini banyak ditemukan di industri pangan. Para chemical engineer bertugas untuk mengembangkan dan merancang proses manufaktur bahan kimia.

Mereka dituntut untuk menerapkan prinsip kimia, biologi, fisika, dan matematika.

Hal itu diperlukan untuk memecahkan masalah yang melibatkan produksi atau penggunaan bahan kimia, bahan bakar, obat-obatan, dan produk lainnya.

Setelah melihat 10 profesi di atas, mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi bukanlah suatu hal yang mustahil bagi perempuan.

Namun, untuk mendapatkan profesi tersebut, kamu juga perlu menyesuaikan minat dan bakatmu dengan peluang yang ada.

Nah, adakah pekerjaan-pekerjaan di atas yang sesuai dengan kemampuanmu? Kalau iya, tekuni dan terus berusaha, karena kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.

Jika tidak, bukan berarti bidang yang kamu tekuni bukan merupakan pekerjaan dengan gaji tinggi.

Jangan patah semangat meskipun saat ini gajimu masih terbilang tidak begitu tinggi. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi.

Sebelum itu, tentunya kamu harus tahu dahulu berapa standar gaji di industri yang ingin kamu geluti supaya tidak mendapatkan upah di bawah standar.

Namun, bagaimana cara mendapatkan informasinya? Jangan bingung, semua penjelasan soal standar gaji di setiap industri dijelaskan secara lengkap di e-book terbaru dari Glints.

Selain itu, dalam e-book berjudul Laporan Gaji Indonesia 2020 ini kamu juga akan mendapatkan informasi seputar rata-rata kenaikan gaji dari setiap industri, lho.

Jadi semakin penasaran? Yuk, download e-book gratis ini sekarang juga!

Sumber

    10 Highest Paying Jobs for Women

    Highest paying and trending jobs for women

    25 High Paying Jobs For Women

    Pharmacists, lawyers, CEOs: A look at the highest paying jobs for women

    10 HIGHEST PAYING JOBS FOR WOMEN 2021

    20 American jobs dominated by women — and that also pay them what they deserve

    Highest Paying Occupations

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”