Ingin Audio Mobil Kesayangan Lebih Optimal Tanpa Korbankan Ruang Kabin? Pasang Subwoofer Aktif Solusinya

harian-nasional.com/

Buat sebagian pemilik mobil, kualitas tata suara alias audio yang ditawarkan oleh pabrikan terasa belum memuaskan. Terlebih pada nada rendah, yang dirasa kurang optimal output-nya. Opsi upgrade audio pun menjadi alternatif. Namun di lain sisi, ada kekhawatiran bahwa upgrade audio akan menyita banyak ruang, baik di kabin atau bagasi. Solusinya, Anda bisa memasang subwoofer aktif yang kini banyak tersedia di pasaran.

Karena bentuknya yang kompak, membuat subwoofer aktif menjadi favorit bagi pemilik mobil yang ingin upgrade audio tanpa banyak menyita ruangan di kabin dan bagasi

Subwoofer aktif memang berbeda dengan subwoofer konvensional, karena sudah terintegrasi dengan power amplifier yang berfungsi untuk memberikan daya tambahan untuk memaksimalkan output audio mobil Anda. Kelebihan subwoofer aktif yang lain adalah dimensinya yang sangat kompak dan tipis, sehingga tak banyak memakan tempat penyimpanan pada kabin atau bagasi. Meski dimensinya yang kompak, namun kemampuannya dalam menghasilkan nada rendah sangat baik.

Karena dimensinya tipis dan kompak, instalasi subwoofer aktif bisa dilakukan di kolong jok mobil

Lantas, bagaimana caranya memilih subwoofer aktif yang paling pas untuk mobil Anda? Pertama, pilih subwoofer dengan koneksi terlengkap. Koneksi yang dimaksud adalah koneksi RCA dan hi input. RCA bisa diaplikasi pada head unit yang sudah memiliki fitur Pre Out. Fitur ini biasanya terdapat pada head unit aftermarket. Namun untuk head unit bawaan mobil atau OEM, bisa menggunakan fitur Hi Input.

Pilih posisi pemasangan subwoofer aktif yang tak mengganggu akses Anda dan penumpang lain untuk keluar/masuk atau memuat barang ke bagasi

Kedua adalah ukuran subwoofer. Biasanya semakin besar ukuran subwoofer aktif, maka semakin rendah reproduksi frekuensi nada rendahnya. Dipasaran tersedia beberapa pilihan ukuran subwoofer aktif, mulai dari ukuran 6, 12 hingga 15 inci. Semakin besar diameternya, akan semakin menyita tempat. “Kalau tak ingin memakan banyak tempat, bisa pilih ukuran 6 atau 8 inci, karena bisa ditaruh di kolong jok,” ujar Heri dari Mobiltronik di kawasan Meruya, Jakarta Barat. Terakhir, pastikan instalasi subwoofer aktif agar rapi dan aman. Pilih instalatur atau workshop audio yang berkualitas agar hasil upgrade audio Anda bisa lebih optimal dan tetap aman. Harga subwoofer aktif sendiri berkisar antara Rp 1,5 hingga 2,5 jutaan untuk merek seperti Sony, Nakamichi, Intersys, Cello dan Dominations Audio. Harga tersebut belum termasuk biaya jasa instalasi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harian-nasional.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harian-nasional.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”