Travel  

Indonesia Serahkan Kepemimpinan ASEAN Tourism Forum ke Laos

Indonesia Serahkan Kepemimpinan ASEAN Tourism Forum ke Laos

harian-nasional.com/ – Indonesia secara resmi menyerahkan keketuaan ASEAN Tourism Forum (ATF) untuk 2024 kepada Laos.

Secara simbolis, penyerahan keketuaan ATF dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno kepada Menteri Penerangan, Kebudayaan, dan Pariwisata Laos Suanesavanh Vignaket dengan menyerahkan palu kepemimpinan.

“Kami berharap Laos akan terus berupaya memperkuat kolaborasi dengan negara anggota ASEAN dan negara mitra untuk mendorong pertumbuhan dan menciptakan lapangan kerja yang baru dan berkualitas di sektor pariwisata,” kata Sandiaga di Yogyakarta, Minggu (5/2/2023).

Penyerahan kepemimpinan ini menandai berakhirnya rangkaian kegiatan ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogyakarta.

Pertemuan ini menghasilkan sejumlah kesepakatan, termasuk peningkatan kapasitas tenaga profesional pariwisata ASEAN melalui Mutual Recognition Arrangement for Tourism Professionals (MRA-TP), serta peningkatan pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab, berkelanjutan, dan inklusif.

Sementara itu, Menteri Informasi, Kebudayaan, dan Pariwisata Laos, Suanesavanh Vignaket merasa sangat terhormat ketika menerima palu kepemimpinan ASEAN Tourism Forum setelah Indonesia.

Ia menambahkan, Laos memegang andil besar untuk terus melanjutkan agenda pengembangan sektor pariwisata di kawasan ASEAN.

“Kami akan terus bekerja sama dengan negara anggota ASEAN serta mitra organisasi internasional. Karena ini sangat penting untuk menyamakan langkah kita kedepannya,” ujar Suanesavanh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.