Incar UMKM Go Digital, IDCloudHost Tebar Paket Cloud Mulai Rp 50.000

Incar UMKM Go Digital, IDCloudHost Tebar Paket Cloud Mulai Rp 50.000

harian-nasional.com/ – Besarnya potensi Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) yang mulai bergerak ke dunia digital alias go digital menjadi perhatian perusahaan penyedia layanan cloud , IDCloudHost .

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), UMKM di tanah air mengalami pertumbuhan yang sangat baik sepanjang tahun 2022, mencapai 8,71 juta UMKM.

Dengan kata lain, ceruk pasar untuk produk usaha kecil masih cukup luas. CEO IDCloudHost Alfian Pamungkas Sakawiguna menjelaskan, pihaknya siap ikut mendorong UMKM untuk mempercepat upaya digitalisasi.

“Baik dari sisi pemasaran maupun operasional, sehingga meskipun pertumbuhan ekonomi di Indonesia sedang kuat, namun tetap tidak boleh business as usual,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip pada Selasa (14/2/2023).

Dikatakannya, IDCloudHost menyediakan berbagai layanan cloud kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat dengan cepat melakukan digitalisasi dan memperbesar volume bisnis mereka di pasar domestik maupun pasar ekspor, sekaligus meningkatkan efisiensi di berbagai sistem operasional.

Penggunaan layanan cloud untuk bisnis

Layanan cloud mulai banyak digunakan oleh pelaku usaha. Mereka lebih memilih fleksibilitas dan kenyamanan layanan cloud untuk penyimpanan data, pemrosesan, dan kolaborasi dibandingkan penyimpanan pada hard drive komputer atau laptopnya.

Alih-alih menyimpan data dan aplikasi di hard drive, layanan cloud memungkinkan penggunanya mengakses dan menyimpan aplikasi dan datanya secara online.

Jika saat ini pengguna pribadi telah menggunakan layanan penyimpanan cloud publik, maka perusahaan pengguna dapat menggunakan layanan cloud.

Layanan cloud menawarkan banyak manfaat bagi pelaku usaha UMKM, seperti kolaborasi yang lebih baik, akses yang mudah, dan kecepatan serta keamanan.

“Untuk ruang kerja digital, UMKM dapat menggunakan layanan cloud seperti nextcloud, yang mencakup fitur-fitur seperti penyimpanan file, kolaborasi, dan penyimpanan data operasional,” tambah Alfian.

Selain itu, kehadiran online melalui website bagi pelaku UMKM sangat penting di era digital karena memungkinkan calon pelanggan dari seluruh dunia dapat dengan mudah menemukan mereka.

“Paket-paket web hosting IDCloudHost mulai dari Rp.50.000 per bulan. IDCloudHost, menawarkan juga layanan VPS (virtual private service) bagi para startup untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi mereka,” tandasnya.

Selain menyediakan berbagai layanan cloud bagi usaha UMKM, pihaknya juga menyediakan layanan email hosting dengan domain pilihan sendiri, agar UMKM tampil profesional.

Bagi pengguna layanan public cloud VPS, untuk melengkapi jangkauan, selain menempatkan server di Jakarta, untuk menjangkau pasar internasional, IDCloudHost juga menyediakan fasilitas server di Singapura. Pelanggan dapat berkunjung ke dan memilih layanan sesuai kebutuhannya.

Perlu diketahui, pada tahun 2024, ekspor UMKM diperkirakan akan mencapai 21,60 persen dari total ekspor. UMKM Indonesia saat ini berkontribusi lebih kecil terhadap ekspor dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura (41 persen), Malaysia (18 persen), Thailand (29 persen), Jepang (25 persen), dan Cina (60 persen).

Saat ini, 73,7 persen masyarakat Indonesia telah memiliki akses internet. Dari seminar UMKM Go Digital Virtual Expo 2022, diketahui sebanyak 40 persen pelaku UMKM menggunakan media sosial, 38 persen menggunakan pesan instan, 13 persen menggunakan e-commerce, dan 5 persen menggunakan ride hailing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.