Implementasikan QR Cross Border, Kini Belanja di Malaysia Bisa Pakai DANA

Implementasikan QR Cross Border, Kini Belanja di Malaysia Bisa Pakai DANA

harian-nasional.com/ – Melanjutkan kesuksesan interkoneksi pembayaran antarnegara menggunakan QR Code yang dilakukan Bank Indonesia dengan beberapa negara di ASEAN, DANA sebagai penyedia jasa pembayaran nonbankkembali mendukung implementasi pembayaran kode QR lintas negara, baik sebagai issuer maupun acquirer.

Setelah Thailand, kini masyarakat Indonesia yang melancong ke Negara Malaysia dapat memindai QR Cross Border atau DuitNow QR Code di toko yang berpartisipasi dalam skema ini melalui aplikasi DANA. Begitu pula turis Malaysia yang melancong ke Indonesia, dapat melakukan pembayaran di merchantQRIS DANA melalui aplikasinya.

Hal ini sejalan dengan Siaran Pers yang diluncurkan pada laman Bank Indonesia, 8 Mei 2023 dimana Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM) meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran antara Indonesia dengan Malaysia menggunakan QR Code. Peluncuran ini merupakan tindak lanjut dari fase uji coba yang telah sukses dilakukan sejak 27 Januari 2022. DANA merupakan salah satu dompet digital pertama di Indonesia yang ikut serta dalam peresmian ini.

Kerja sama ini dilakukan antara Bank Indonesia dengan Bank Negara Malaysia, yang memungkinkan masyarakat di kedua wilayah untuk melakukan pembayaran ritel dengan menggunakan QR Code pembayaran nasional di Indonesia yaitu QRIS (QR Code Indonesian Standard) maupun QR Code Pembayaran Malaysia, yaitu DuitNow, baik pada merchant offline dan online.

Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia mengatakan, sebuah kebanggaan bagi DANA yang terus dipercaya sebagai dompet digital pertama untuk menerapkan QR Cross Border di Malaysia.

“Guna memberikan pengalaman bertransaksi digital yang optimal di negara-negara penyelenggara QR Cross Border, kami akan senantiasa membekali dompet digital DANA dengan teknologi yang aman dan tepercaya. Harapannya, keikutsertaan DANA dalam implementasi QR Cross Border, dapat berkontribusi dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sesuai arahan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 dari BI,” ujarnya di Jakarta, Selasa (9/5/2023).

Selain mengimplementasikan QR Cross Border, partisipasi DANA dalam mendorong adopsi QRIS di Indonesia masih terus dijalankan dengan berbagai upaya. Caranya baik melalui kemudahan proses onboarding mitra maupun menjaga keamanan pembayaran bertransaksi digital.

“DANA kini telah dipercaya oleh lebih dari 24,9 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional, termasuk 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis yang memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran,” ucapnya.

Sebagai informasi, agenda standardisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code antar negara merupakan salah satu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022.

Inisiatif ini adalah langkah nyata untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable dalam memperkuat pemulihan ekonomi. Pembayaran lintas negara pun diawali dengan dengan negara Thailand pada Agustus 2022 lalu dan dilanjutkan dengan negara Malaysia, setelah melewati fase uji coba dan fase komersial.